Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BKPM: PTSP Pusat akan Terus Disempurnakan

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan PTSP Pusat di Kantor BKPM, pada Senin (26/1/2015) kemarin.

Kepala BKPM Franky Sibarani menyatakan bahwa dengan telah diresmikannya PTSP Pusat maka BKPM dan kementerian/lembaga sudah siap untuk melayani proses perizinan seluruh bidang usaha.

"Investor akan dipermudah dari sisi layanan perizinan dengan tidak lagi mengelilingi Jakarta, mendatangi berbagai kementerian/lembaga," ujar Franky dalam keterangannya.

Ia juga menyampaikan bahwa untuk mendukung transparansi pelayanan perizinan di PTSP Pusat telah dibangun layanan pemantauan secara online yang dapat dimanfaatkan investor untuk memantau perkembangan permohonan perizinan yang diajukan dan memastikan tenggat waktu penyelesaian perizinan sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan.

"Monitoring online ini juga dapat dimanfaatkan Bapak Presiden untuk memantau proses layanan perizinan yang ada maupun para menteri dapat memonitor langsung kinerja pejabatnya yang menjadi perwakilan pada PTSP Pusat di BKPM," jelasnya.

Sementara itu, untuk kebutuhan informasi dan pengaduan bagi investor BKPM juga menyediakan contact centre melalui telepon di nomor 0807-100-2576 (BKPM) yang dapat dimanfaatkan investor selama 24 jam dan 7 hari penuh.

Menurutnya, ada dua hal yang akan menjadi fokus pembenahan selanjutnya, yaitu pertama, PTSP Pusat secara terus-menerus akan melakukan percepatan dari sisi waktu layanan perizinan, penyederhanaan dari sisi proses perizinan, dan pengkajian untuk menyatukan izin-izin yang dinilai sama. Kedua, integrasi perizinan PTSP Pusat dengan PTSP daerah termasuk penerapan standar yang sama dalam pelayanan.

"Dengan demikian, investor cukup datang ke tiga tempat untuk mengurus perizinan investasi, PTSP Pusat, PTSP Provinsi, dan PTSP Kabupaten/Kota sesuai kewenangan perizinan yang diajukan," tambahnya.

Integrasi perizinan di PTSP Pusat diharapkan dapat menjadi "batu loncatan" untuk Indonesia yang lebih maju karena tidak bisa dipungkiri bahwa investasi menjadi salah satu penggerak perekonomian nasional.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: