Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BG Dilantik, Gerindra: Elektabilitas Jokowi Bakal Turun

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Ferry Juliantono menilai pelantikan Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Wakapolri berpeluang menurunkan elektabilitas Presiden Joko Widodo karena yang bersangkutan dinilai memiliki kedekatan dengan PDIP.

"Kita tidak tahu reaksi masyarakat apa (atas pelantikan Budi Gunawan sebagai Wakapolri). Tapi kemungkinan reaksinya cenderung mempercepat penurunan elektabilitas Jokowi," kata Ferry dalam diskusi bertajuk "Satu Semester Pemerintahan Jokowi-JK, Adakah Masa Depan itu?" yang diselenggarakan lembaga Solusi Untuk Negeri (SUN) Institute, di Jakarta, Rabu (22/4/2015).

Dia mengatakan saat Budi Gunawan menjadi calon Kapolri, elektabilitas Jokowi pun turun, karena masyarakat mengerti adanya kedekatan Budi Gunawan dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Pelantikan Budi Gunawan sebagai Wakapolri memang ranah internal Polri melalui Wanjakti, tapi masyarakat tidak bisa dianggap sebagai entitas yang tidak mengerti. Sekarang mereka sangat paham," kata dia.

Menurut Ferry andai kata masyarakat berdiam diri atas pelantikan itu pun, boleh jadi tetap akan menggerus elektabilitas Presiden Jokowi atau PDIP selaku partai pengusung Jokowi.

"Selain itu secara internal, kalau boleh menanggapi sebagai orang di luar kepolisian, maka akan berat bagi pak Badrodin Haiti (Kapolri) memiliki wakil yang punya akses langsung ke partai politik pendukung pemerintah. Dan ini juga bakal menjadi dilema Jokowi," jelas dia.

Meskipun demikian, Ferry berharap duet Badrodin Haiti dengan Budi Gunawan bisa mengembalikan Polri sebagai institusi yang bisa dipercaya demi kemashlahatan masyarakat.

"Kita harap duetnya tidak memunculkan masalah, karena masyarakat tahu kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi. Ada kecenderungan masyarakat punya cara untuk menghukum sesuatu yang dianggap tidak benar," terangnya.

Pada hari ini, Komjen Pol Budi Gunawan dilantik secara tertutup menjadi Wakapolri. Budi Gunawan dikabarkan dipilih secara aklamasi dalam sidang Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi (Wanjakti). (Ant)

Baca Juga: Anggaran Pilkada Serentak di Bali Capai Rp 456,9 Miliar Lebih

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: