Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

SBY Minta Konflik di Asia-Afrika Berakhir

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Mantan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberikan pidato sambutan dalam acara Parlemen Konferensi Asia-Afrika (PKAA) di Gedung DPR/MPR/DPD. SBY menyampaikan agar negara-negara di dua benua itu harus bersama-sama menjaga perdamaian dalam konstelasi politik dan keamanan kawasan.

"Isu selanjutnya yang paling penting adalah keamanan. Negara-negara Asia Afrika harus menyebarkan perdamaian," kata SBY di Jakarta, Kamis (23/4/2015).

SBY menyebut keadaan politik di Asia dan Afrika saat ini relatif aman. Meski kadang muncul gejolak-gejolak, tetapi dia menilai kondisi politik dan keamanan di kedua benua sudah aman dari ancaman seperti separatisme. Ia memberi contoh Angola dan Mozambik yang saat ini perlahan-lahan sudah mulai kembali menata di bidang ekonominya.

"Bisa kita lihat Indonesia dan Timor Leste menjadi dua negara yang bertetangga dan berhubungan baik," tambahnya.

Mantan Presiden RI yang kini menjabat sebagai Chair of Global Green Growth Institute ini juga menyoroti masalah stabilitas hubungan antarnegara di berbagai kawasan harus dilanjutkan ke depannya. Dia berharap kerja sama itu tidak berhenti, termasuk menyinergikan kerja sama parlemen guna membangun kesadaran agar konflik-konflik bisa diselesaikan bersama-sama.

"Kita harus mengakhiri konflik di Suriah. Kita dukung kemerdekaan Palestina. Kita harus damaikan juga Yaman. Penyebaran ISIS juga harus kita tekan seminim mungkin," tegas SBY.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ferry Hidayat
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: