Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

IFI Akan Gelar Festival Seni Budaya Prancis dan Indonesia

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Institut Prancis di Indonesia (Institut Francais Indonesia/IFI) akan menyelenggarakan festival seni budaya bertajuk Printemps Francais pada tanggal 15 Mei hingga 16 Juni 2015 mendatang di sepuluh kota, yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Salatiga, Surabaya, Malang, Bali, Medan, dan Pontianak.

Direktur IFI Bertrand de Hartingh mengatakan bahwa pada penyelenggaraan Printemps Francais kali ini pihaknya akan melibatkan seniman-seniman dari Indonesia yang berkolaborasi dengan seniman Prancis. Ia mengharapkan kolaborasi seni ini dapat menciptakan sebuah pertunjukan spektakuler.

"Festival seni budaya ini menjelaskan kepada publik Indonesia apa saja seni-seni Prancis sekarang. Kami juga ingin membuka jendela bagi seni-seni Indonesia pada festival kali ini. (Festival ini berawal) dari ide Prancis dan bukan dari (seniman) Prancis. Tapi, dari Prancis dengan Indonesia bagi Indonesia," jelas Bertrand.

Bertrand menguraikan bahwa pada festival yang memasuki usia kesebelas pada tahun 2015 ini pertemuan antara seni tradisi Prancis dan Indonesia terangkum dalam pertunjukan antara Guignol yang merupakan boneka tangan Prancis dan Punakawan yang adalah tokoh pewayangan Jawa.

"Pada festival ini grup musik asalah Prancis Gran Kino dan Sarasvati dari Indonesia melanjutkan kolaborasi mereka yang sudah dimulai sejak 2013 untuk sebuah kreasi musikal terbaru," ungkapnya.

Ia menjelaskan seniman-seniman asal Prancis yang akan memeriahkan festival ini adalah Fancy, Gran Kino, Ensemble Doulce Memoire, Ensemble Trielen, Yannick Cormier, Françoise Huguier, Compagnie Dernière Minute, serta Vincent de Lavénère.

Kemudian seniman Indonesia yang terlibat adalah Sarasvati, Frau, String Orchestra of Surabaya, Acacia Youth String Orchestra, Sundari Soekotjo & Intan Soekotjo, Erik Prasetya, Agus Koecink & Jenny Lee, serta Bonita & The Hus Band.

"Printemps Francais tahun ini adalah festival seni budaya Indonesia-Prancis penanda bagi kerja sama yang semakin erat dan hangat bagi kedua negara," pungkasnya.

Info dan jadwal lengkap festival Printemps Francais 2015 dapat disimak di Jadwal Festival Printemps Francais 2015.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Cahyo Prayogo
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: