Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BI Revisi Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Jadi 5,1 Persen

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Bank Indonesia akhirnya merevisi proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2015. Bank sentral merevisinya menjadi 5,1 persen (yoy) dari proyeksi sebelumnya 5,4 persen (yoy).

"Untuk keseluruhan tahun 2015, Bank Indonesia memperkirakan pertumbuhan ekonomi akan mencapai 5,1 persen, lebih baik dari tahun sebelumnya (5,4 persen)," kata Gubernur BI Agus DW Martowardojo saat rapat dengan Badan Anggaran DPR RI di Jakarta, Kamis (28/5/2015).

Selain itu, BI memperkirakan laju pertumbuhan ekonomi pada triwulan kedua, ketiga, dan keempat 2015 diperkirakan masing-masing mencapai 4,9 persen (yoy); 5,3 persen (yoy); dan 5,4 persen (yoy). Adapun pertumbuhan ekonomi pada triwulan satu tercatat sebesar 4,7 persen (yoy).

"Peningkatan pertumbuhan ekonomi pada triwulan kedua 2015 terutama didorong oleh konsumsi pemerintah dan investasi pembangunan sejalan dengan mulai meningkatnya implementasi proyek investasi pemerintah," papar Agus.

Sementara itu, lanjut Agus, dari sisi eksternal peningkatan pertumbuhan tersebut didorong oleh kinerja ekspor yang mulai tumbuh positif.

"Dari sisi eksternal, ekspor diperkirakan membaik secara gradual seiring dengan perbaikan ekonomi dunia, namun demikian potensi perbaikan ekspor lebih lanjut akan tertahan oleh harga komoditas yang diperkirakan masih rendah sejalan dengan masih rendahnya harga minyak dan permintaan Tiongkok," terang dia.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: