Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pengamat: Manajemen Sepak Bola Indonesia Harus Dibenahi

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Pengamat sepak bola Carlos Melgaros Varon mengatakan manajemen sepak bola di Indonesia belum mumpuni untuk jadi profesional dan harus dibenahi.

"Untuk menjadikan sepak bola kita profesional, harus melalui proses panjang," kata Carlos di Jakarta, Sabtu (30/10/2015).

Mantan pemain Real Betis tersebut mengatakan profesionalitas sepak bola Indonesia bisa dimulai melalui pengembangan usia muda yang harus dibenahi tata kelolanya.

"Pemain harus dididik melalui sekolah bola yang mata rantainya jelas," kata Carlos.

Ia berpendapat sekolah sepak bola yang ada di Indonesia saat ini lebih mengarah pada motif ekonomi ketimbang menghasilkan pemain berkualitas dan mempunyai mata rantai atau penyaluran bakat yang jelas.

Menurut Carlos, kebanyakan sekolah sepak bola yang ada di Indonesia tidak memiliki induk klub dan mata rantainya terputus tanpa ada penyaluran bakat.

"Coba lihat Barcelona, Manchester United, dan klub-klub besar lainnya. Mata rantai pembinaan sepak bolanya jelas kepada klub masing-masing, sehingga lahirlah pemain-pemain profesional," kata dia.

Sementara pengamat hukum tata negara Refly Harun menyoroti sikap Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia yang dinilainya tidak tunduk pada konstitusi Pemerintah Indonesia.

"Jika FIFA punya statuta yang harus dipatuhi anggotanya, begitu juga dengan Negara Indonesia yang punya konstitusi dimana seluruh elemen bangsa harus tunduk pada konstitusi," jelas Refly.

Refly mendukung PSSI untuk kedepannya mendapatkan legitimasi dari pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga, sebagai wadah tunggal organisasi sepak bola yang mengedepankan prestasi. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: