Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Solusi Teknologi Akses Layanan Finansial bagi Masyarakat Dikenalkan ke Jokowi

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Dipresentasikan di hadapan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan para peserta acara "Trade & Investment Forum: East Indonesian Regions", di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (25/5/2015), teknologi layanan finansial untuk meningkatkan akses masyarakat Indonesia mendapatkan layanan perbankan dan asuransi di perkenalkan.

CekAja.com menjadi salah satu inisiator terbentuknya platform layanan finansial tersebut. Berbasiskan teknologi, nantinya platform layanan ini menjadi solusi yang akan membantu tingkatkan akses masyarakat wilayah pelosok Indonesia kepada berbagai produk finansial, seperti tabungan, kredit, dan asuransi.

Presiden Jokowi sempat bertanya dalam presentasi tersebut tentang bagaimana usaha mikro bisa menggunakan teknologi ini untuk mendapatkan akses yang lebih baik? Jawabannya, peran teknologi menjadi solusi kunci mengembangkan akses layanan finansial ke daerah pelosok Indonesia yang belum terjangkau.

Teknologi yang dipakai oleh platform ini juga diciptakan dengan mengedepankan kemudahan. Jadi, masyarakat Indonesia yang masih gagap teknologi sekalipun, dapat mengakses layanannya dengan menggunakan perangkat mobile dari berbagai wilayah dan terhubung dengan bank dan penyedia asuransi yang saat ini sudah menerima layanan berbasis teknologi.

Sebagai kepanjangan tangan pemerintah dalam meningkatkan akses finansial para penggunanya, platform ini juga akan membantu percepatan roda ekonomi. Pada dasarnya misi layanan platform ini diciptakan untuk meningkatkan kesadaran finansial masyarakat melalui teknologi digital.

Dalam praktiknya, layanan ini akan bermitra dengan banyak bank dan penerbit asuransi. Dalam 6 bulan kedepan, platform ini akan berjalan melalui konsolidasi dengan pihak pemerintah, calon mitra, dan agen distribusi.
CekAja.com sebagai portal online perbandingan dan informasi produk finansial nomor 1 di Indonesia, memiliki pengalaman kemitraan dengan bank dan asuransi. Jadi, dengan mudah platform ini akan menjembatani konsumen dengan para mitra.

Namun yang paling penting adalah, informasi yang disampaikan oleh layanan ini dapat mengedukasi  masyarakat membuat keputusan finansial yang cerdas dengan dilandasi oleh informasi yang akurat.

Bila telah berjalan, solusi ini akan dapat mengurangi angka penelitian yang mengungkapkan lebih dari setengah penduduk Indonesia masih belum memiliki akses ke layanan produk perbankan.

"Faktanya, hingga saat ini sekitar 60 persen penduduk Indonesia belum mempunyai akses ke jasa perbankan. Akhirnya, platform ini akan menjadi solusi atas masalah tersebut. Bila lancar, dalam 1 tahun kedepan progam ini sudah berjalan, dan pada tahun ketiga akses masyarakat ke layanan finansial meningkat 20 persen," ucap CEO CekAja.com, John Patrick Ellis.
Penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) terbentuknya platform ini dilakukan oleh Sebastian Togelang, Managing Director Mountain Kejora Ventures yang juga Direktur PT Puncak Finansial Utama – perusahaan yang menaungi CekAja.com dan Reza V. Maspaitella, yang juga Ketua Bidang Investasi Pengembangan Usaha Wilayah Timur KADIN. Bahkan, penandatanganan disaksikan langsung oleh Menteri Keuangan RI Bambang Brodjonegoro.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Achmad Fauzi
Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: