Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

OJK Dorong Modal Ventura Masuk ke Industri Kreatif

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan pihaknya akan segera meminta perusahaan modal ventura untuk membiayai industri kreatif yang sejauh ini mengalami kesulitan untuk mengakses pinjaman ke perbankan.

Hal itu seperti diutarakan Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan Nonbank OJK Edi Setiadi usai menghadiri acara pertemuan pemimpin pelaku industri keuangan syariah di Jakarta, Senin (1/6/2015).

"Kami akan merevitalisasi ventura capital untuk kembali ke khitahnya. Ventura capital akan kami dorong lebih ke industri kreatif," kata Edi.

Edi menambahkan bahwa saat ini OJK tengah terkonsentrasi membuka akses pengusaha pemula untuk mendapatkan pembiayaan dari modal ventura sehingga, lanjut Edi, pihaknya akan memperbaiki sejumlah aturan untuk mendorong pertumbuhan modal ventura.

"Kita ingin mendorong munculnya usaha-usaha baru dengan ventura capital," paparnya.

Dia mencontohkan bahwa saat ini di Eropa dan Amerika Serikat sudah fokus pada pembiayaan usaha kecil dan menengah (UKM) untuk dibiayai oleh modal ventura. "Kalau hal ini dilakukan di sini maka itu akan baik sekali," ucapnya.

Selain hal tersebut, Edi mengakui pihaknya juga tengah mendorong para pengusaha atau pemilik modal untuk menjadi angel investor di perusahaan modal ventura.

"Kita mendorong pemilik modal untuk jadi angel investor masuk ke modal ventura baik domestik maupun asing. Tapi, sebetulnya di kita pun banyak tidak usah jauh-jauh ke asing," tukasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: