Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bekasi Meminimalisasi Anggaran dengan Gunakan Lahan PJT Buka Jalan Baru

Warta Ekonomi -

WE Online, Bekasi - Dinas Bina Marga dan Tata Air Kota Bekasi, Jawa Barat, memanfaatkan sejumlah aset lahan milik Perum Jasa Tira II untuk pembukaan jaringan jalan baru.

"Tujuannya untuk meminimalisasi anggaran kami yang jumlahnya terbatas. Sebab kita tidak lagi membutuhkan pembebasan lahan masyarakat," kata Kepala Dinas Bina Marga dan Tata Air Kota Bekasi Tri Adhiyanto, di Bekasi, Rabu (3/6/2015).

Menurut dia, akses jalan baru yang kini tengah digarap di antaranya Jalan Sisi Selatan Kalimalang, Jalan Pangeran Jayakarta, dan Jalan Perjuangan.

Ketiga proyek jalan baru yang pengerjaannya sudah berjalan sejak 2014 hingga 2016 itu, seluruhnya memanfaatkan lahan pengairan PJT II. "Yang saat ini masih berjalan adalah Jalan Perjuangan dan Jalan Pangeran Jayakarta," katanya.

Menurut Tri, proyek jalan baru yang menghubungkan Lingkar Utara atau perbatasan dengan Kabupaten Bekasi ke Jalan Perjuangan tersebut menghabiskan dana sebesar Rp2 miliar. Jalan baru itu dibangun sepanjang tujuh kilometer dengan lebar 11,5 meter memanfaatkan lahan PJT di sisi sungai.

Sementara untuk proyek jalan baru Pangeran Jayakarta dilakukan sepanjang 10 kilometer dengan lebar tujuh meter. "Tahun ini dialokasikan untuk pelebaran sebesar Rp 2 miliar," ujarnya.

Adapun proyek Jalan Sisi Selatan Kalimalang saat ini telah berjalan mulai dari Metropolitan Mal hingga ke Pasar Sumber Artha dengan kebutuhan anggaran total mencapai Rp60 miliar.

Tri optimistis, pembukaan jalan baru itu dapat mengurai kepadatan lalu lintas di sekitarnya. "Saat ini kita memiliki 19 titik kemacetan yang harus dituntaskan dengan pembukaan jalan baru dan kegiatan pemerintahan lainnya," katanya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: