Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pemerintah Diharapkan Bantu Permodalan IKM

Warta Ekonomi, Palangka Raya -

WE Online, Palangka Raya - Pemerintah Kota Palangka Raya diharapkan dapat membantu permodalan terhadap para pelaku industri kecil dan menengah (IKM) di wilayah itu.

"Semoga pemerintah dapat memberikan bantuan modal terhadap pelaku IKM sehingga mereka lebih dapat mengembangkan usahanya," kata anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota, At Prayer di Palangka Raya, Jumat (28/8/2015).

Namun, pemberian bantuan modal tersebut juga harus disesuaikan dengan kemampuan anggaran yang dimiliki pemerintah kota dalam hal ini oleh Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag).

Hendaknya, pemberian bantuan modal tersebut dapat diberikan terhadap para pelaku IKM yang telah dinyatakan sehat sehingga bantuan yang diberikan tidak sia-sia.

"Nanti kita lihat dari dinas terkait. Apakah ada rencana merek untuk menganggarkan hal itu di anggaran perubahan atau APBD murni. Sekalian kita akan bersama-sama mengevaluasi kondisi anggaran kota seberapa memungkinkan untuk pemberian bantuan modal," kata politisi Nasdem itu.

Hal itu dikatakannya saat dikonfirmasi terkait keluhan beberapa pelaku IKM yang mengaku belum mendapatkan bantuan modal dari pemerintah padahal telah beberapa kali mengajukan permohonan namun belum ada realisasi.

"Pemerintah sebaiknya jangan menjanjikan sesuatu yang belum pasti. Alangkah lebih baik kita jujur saja dengan kemampuan sehingga mereka tidak banyak berharap. Untuk masalah modal kita sama-sama memahami kemampuan APBD kita, makanya ini akan kita kaji bersama," katanya.

Ia mengatakan, jika saat ini pemerintah belum mampu memberikan bantuan modal dapat dimaklumi. Namun, ke depan diharapkan pemerintah bisa memeberi perhatian, khusus terlebih sebentar lagi akan memasuki era MEA atau Masyarakat Ekonomi Asean.

"Meski tak bisa membantu dengan modal tetapi pemerintah jangan sampai mengacuhkan pelaku IKM. Perhatian dapat diberikan dengan pemberian pelatihan dan pembinaan secara berkala dan berkelanjutan," katanya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Fajar Sulaiman

Advertisement

Bagikan Artikel: