Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sumatera Utara Terima Pasokan 14.000 Ton Beras Impor Vietnam

Warta Ekonomi -

WE Online, Medan - Bulog Sumatera Utara menerima pasokan beras impor asal Vietnam sebanyak 14.000 ton untuk memperkuat stok bahan pangan awal tahun 2016.

Dengan masuknya beras impor tersebut, kini stok beras Bulog Sumut sebanyak 65.000 ton, kata Humas Bulog Sumut Rudy Adlyn di Medan, Jumat (27/11/2015).

"Stok ini cukup aman untuk enam bulan," katanya.

Stok yang cukup bukan saja akan memperlancar penyaluran beras untuk masyarakat sejahtera (Rastra), tetapi juga diharapkan bisa membantu menekan inflasi dari lonjakan harga beras di pasar.

Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumut Difi A Johansyah menyebutkan, inflasi di Sumut tren melemah karena harga di pasar bisa ditekan. Pada bulan Oktober misalnya, Sumut mengalami deflasi sebesar 0,23 persen meski satu daerah yang dijadikan Indeks Harga Konsumen atau IHK yakni Pematangsiantar mengalami inflasi.

Deflasi terjadi sejak September, setelah sejak April, Sumut mengalami inflasi. Deflasi di Sumut antara lain dipicu penurunan harga cabai merah, daging ayam ras, bawang merah, udang, minyak goreng, kelapa, dan angkutan udara.

"Diharapkan deflasi masih akan berlanjut. Deflasi di Oktober itu sendiri membantu menekan inflasi Sumut secara kumulatif posisi Oktober mencapai 1,27 persen dan secara year on year 5.08 persen." katanya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: