Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Soal Fintech, OJK: Semester I-2016 Aturannya Keluar

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bakal mengebut penyelesaian aturan terkait financial technology (fintech) guna mendukung keberadaan perusahaan fintech di Indonesia. Regulator menargetkan aturan fintech bakal dterbitkan pada semester I 2016.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya OJK mengaku pihaknya menargetkan aturan fintech ini akan rampung dan dikeluarkan akhir tahun ini di mana dalam penyusunan aturan fintech tersebut OJK juga meminta masukan dari para pelaku industri fintech.

"Semua sedang dikerjakan enggak lama lagi akan keluar. Semester I-2016 akan keluar. Kami atur dari yang ringan, nanti kalau sudah lebih tertib akan lebih berat lagi aturannya," ujar Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Nonbank (IKNB) OJK Firdaus Djaelani di Jakarta, Senin (2/5/2016).

Menurut Firdaus, aturan fintech ini harus secepatnya disusun, sejalan dengan cepatnya pertumbuhan industri keuangan berbasis online ini. "Kalau melalui online mereka punya produk banyak. Harus kita sesuaikan, nggak bisa ditunda," tandasnya.

Lebih lanjut, Firdaus menilai aturan fintech ini bertujuan untuk mengembangkan industri serta memberikan kepercayaan konsumen. Karena jika tidak ada pengawasan yang jelas, konsumen pun tidak akan percaya dengan mudah.

"Kami tidak melarang tapi akan mengatur biar lebih dipercaya masyarakat, konsumen maupun pemberi modal. Kalau mau pinjam modal ke bank misalnya kan pasti ditanya siapa yang mengawasi," jelas Firdaus.

Terkait aturan ini, kini pihaknya tengah membahas peraturan yang krusial mengenai fintech, misalnya terkait dengan suku bunga yang masih tinggi.

"Misalnya suku bunga di UangTeman, meminjam 10 hari dikenakan suku bunga 10%. Pinjam 30 hari, bunganya 20%. Kalau satu tahun kan besar banget. Itu harus dipikirkan padahal kita lagi dorong suku bunga single digit," tutup Firdaus.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: