Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

UMKM Harus Kreatif dan Inovatif Guna Hadapi MEA

Warta Ekonomi -

WE Online, Arosuka - Wakil Bupati Solok, Sumatera Barat, Yulfadri Nurdin berharap pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di daerah itu dapat lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan bisnis usaha serta kualitas produksi usahanya.

"Pelaku UMKM di Kabupaten Solok hendaknya juga dapat memperluas jaringan distribusi pemasaran produk usahanya dengan sedemikian rupa," katanya pada acara seminar sehari dan pelatihan bagi UMKM Se-Kabupaten Solok di Aula Kantor Wali Nagari Koto Baru, Kecamatan Kubung, Kamis (5/5/2016).

Ia menambahkan bahwa UMKM sangat berperan dalam menunjang pembangunan ekonomi daerah semakin besar, yang berbasis sumber daya lokal dan memiliki kemampuan yang lebih baik dalam memanfaatkan potensi sumber daya daerah yang tersedia.

Mengingat pentingnya peran UMKM, ujarnya maka diperlukan suatu langkah strategi untuk mengembangkan UMKM, agar dapat lebih berperan lagi dalam perekonomian lokal dan nasional.

Ia menyebutkan dalam menghadapi ekonomi dunia yang semakin global, dengan telah dibukanya perdagangan bebas Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), maka pemerintah pusat maupun daerah dituntut untuk lebih memprioritaskan dukungannya terhadap pemberdayaan UMKM agar bisa memiliki daya saing secara global.

"Semoga dengan diselenggarakannya seminar sehari dan pelatihan bagi UMKM ini diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya bagi para peserta pelaku usaha di Kabupaten Solok," lanjutnya.

Sebelumnya, Ketua pelaksana acara itu, Silvilestari menjelaskan kegiatan pelatihan tersebut diikuti 30 peserta atau UMKM dari Kabupaten Solok.

Ia menyebutkan, latar belakang dilaksanakanya kegiatan pelatihan itu adalah dalam rangka persiapan UMKM setempat menghadapi MEA 2016.

Selain itu, katanya tujuan dilaksanakanya pelatihan itu adalah untuk menumbuhkan motivasi agar pelaku usaha didaerah itu mau berinovasi dalam semua bidang usaha yang digelutinya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Fajar Sulaiman

Advertisement

Bagikan Artikel: