Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Laju Pertumbuhan Ekonomi India Tumbuh di Atas Rata-rata

Oleh: ,

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Menteri Keuangan India, Arun Jaitley, mengatakan bahwa perekonomian India mengalami pertumbuhan di atas rata-rata pertumbuhan dunia dengan Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 7,5 persen pada periode 2015-2016.

Data pemerintah menunjukkan, pertumbuhan ekonomi kuartalan melonjak 7,9 persen dalam tiga bulan hingga April dari revisi 7,2 persen pada kuartal sebelumnya.

Meski ekonomi global tengah lesu, perekonomian India tidak melambat seperti yang dialami banyak negara lainnya, sebaliknya negara dengan jumlah penduduk terbesar kedua di dunia tersebut sedang kelimpahan sumber pendanaan publik serta investasi asing.

Mengutip Bloomberg di Jakarta, Rabu (1/6/2016), Jaitley mengatakan bahwa prioritas utama India saat ini adalah melakukan modernisasi infrastruktur negara serta memperkuat jaminan sosial bagi masyarakat.

Ia menambahkan bahwa India masih memiliki agenda yang belum selesai yakni menaikkan pajak barang dan jasa perusahaan.

Selain itu, India tengah berupaya mendorong ekonomi pedesaan untuk lebih mempercepat pertumbuhan. Pemerintah India berharap dapat memenuhi target defisit anggaran 3,5 persen dari PDB tahun ini. Penurunan harga komoditas dan minyak juga telah membantu dalam pemenuhan target menurunkan inflasi di India.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: