Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kemenhub Pastikan Seluruh Angkutan Mudik Layak Jalan

Warta Ekonomi, Jakarta -

Menjelang hari raya Idul Fitri Kementerian Perhubungan (Kemenhub) semakin giat bersiaga. Sejak H-12 Kemenhub melakukan berbagai persiapan di antaranya sosialisasi persiapan mudik, menggelar posko mudik, dan melakukan operasi kelaikan kendaraan.

Jumlah pemudik tahun 2016 diperkirakan berjumlah 17,6 juta orang melalui berbagai moda angkutan. Sebanyak 2,4 juta pemudik menggunakan kendaraan pribadi, jumlah ini meningkat 4,5% dibanding tahun kemarin. Pemudik dengan kendaraan roda dua 5,6 juta, jumlah ini pun naik hingga 50%.

Mudik lebaran 2016 kali ini Kemenhub konsentrasi pada tiga hal yakni kapasitas transportasi, pelayanan, dan keselamatan.

Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang Keterbukaan Informasi Publik Hadi Djuraid menjelaskan persiapan kapasitas transportasi agar masyarakat yang hendak mudik semuanya terangkut.

"Kedua, pelayanan agar bagaimana pemudik dapat terlayani dengan baik termasuk kemudahan mendapatkan tiket, akses informasi, dan seterusnya. Ketiga, yang terpenting keselamatan transportasi," katanya di Jakarta Jumat (1/7/2016).

Sejak awal bulan Juni Kemenhub juga melakukan pengecekan kelaikan pada seluruh angkutan umum yang digunakan sebagai angkutan lebaran baik pesawat, kapal, bis, dan kereta api. Hal ini berbeda dengan tahun sebelumnya di mana pengecekan hanya dilakukan secara random.

"Tahun seblumnya hanya random. Tahun ini kita lakukan pengecekan seluruh kendaraan untuk meyakinkan aspek nomor tiga, yaitu keselamatan. Pesawat misalnya dari 529 yang digunakan, 100% sudah diperiksa," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Leli Nurhidayah
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: