Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Indonesia-Uni Eropa Sepakat Tingkatkan Hubungan Perdagangan

Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Luar Negeri RI Retno L.P. Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Wakil Presiden Komisi Eropa Federica Mogherini, dan kedua pihak sepakat untuk memperkuat kemitraan ekonomi antara Indonesia dan Uni Eropa.

Pertemuan bilateral tersebut dilakukan di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB ke-71 di New York, Amerika Serikat pada 23 September 2016, menurut keterangan pers dari Kementerian Luar Negeri yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Dalam pertemuan tersebut, Menlu RI dan Wakil Presiden Komisi Eropa membahas peningkatan kerja sama antara Indonesia dan Uni Eropa, khususnya untuk meningkatkan hubungan perdagangan.

Selain itu, Menlu Retno dan Mogherini juga membahas persiapan perundingan Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Uni Eropa (Indonesia-EU Comprehensive Economic Partnership Agreement/I-EU CEPA).

I-EU CEPA diharapkan dapat meningkatkan hubungan perdagangan antara Indonesia dan Uni Eropa secara signifikan di masa mendatang. Putaran pertama perundingan I-EU CEPA akan mulai dilaksanakan pada awal 2017.

Pertemuan bilateral itu juga membahas isu-isu global yang menjadi perhatian bersama bagi Indonesia dan Uni Eropa (UE), termasuk kerja sama di kawasan, salah satunya tentang Pertemuan ASEAN-UE yang akan segera dilaksanakan.

Menlu RI dan Wapres Komisi Eropa juga mendiskusikan upaya untuk meningkatkan kerja sama penanggulangan terorisme melalui cara de-radikalisasi, dialog antarkeyakinan dan peningkatan kapasitas institusi pemerintah yang bergerak di bidang penanggulangan terorisme. Ant.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Leli Nurhidayah

Advertisement

Bagikan Artikel: