Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tingkat Kesadaran Menabung Masyarakat Sulut Meningkat

Warta Ekonomi, Manado -

Bank Indonesia (BI) mengungkapkan minat menabung masyarakat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) pada Juli 2016 meningkat dibanding sebelumnya terlihat dari peningkatan dana pihak ketiga di perbankan.

"Minat masyarakat menabung di Sulut meningkat tercermin pada dana pihak ketiga (DPK) perbankan Sulut khususnya tabungan yang naik 10,91 persen jika dibandingkan dengan posisi yang sama tahun lalu," kata Kepala Kantor Perwakilan BI Sulut Peter Jacobs di Manado, Senin (26/9/2016).

Dia mengatakan hingga Juli 2016, jumlah tabungan perbankan yang beraktivitas di Sulut mencapai Rp9,89 triliun atau naik 10,91 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya Rp8,78 triliun.

"Market share DPK jenis tabungan di Sulut mencapai 45,71 persen dari total penghimpunan dana masyarakat daerah tersebut," jelasnya.

Dia menjelaskan memang BI mengimbau perbankan di Sulut agar terus meningkatkan penghimpunan dana karena akan menjadikan bank tersebut lebih baik.

"Karena jika dana masyarakat yang terkumpul semakin banyak maka perbankan tidak akan mengambil dana lagi dari luar daerah," jelasnya.

Kemudian, katanya, DPK jenis deposito dengan share 34,11 persen serta giro hanya 20,18 persen.

Peter mengatakan secara keseluruhan DPK perbankan Sulut mencapai Rp21,63 triliun dengan giro sebesar Rp4,36 triliun serta deposito Rp7,38 triliun pada bulan Juli 2016. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: