Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Muhaimin : PKB Konsisten Perjuangkan Pesantren dan Santri

Muhaimin : PKB Konsisten Perjuangkan Pesantren dan Santri Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar menegaskan partainya konsisten memperjuangkan pesantren dan kaum santri.

"Insya Allah kami akan istiqamah," kata Muhaimin di hadapan kiai dan ajengan dalam Forum Musyawarah Pondok Pesantren se-Jawa Madura di Pondok Pesantren Babakan, Ciwaringin, Cirebon, Jumat, sebagaimana dikutip dalam siaran pers, Jumat (21/10).

Pada kesempatan itu Muhaimin juga mengapresiasi solidnya hubungan antarpesantren. Menurut dia, persatuan pesantren sangat diperlukan untuk bertukar ilmu dan pengalaman karena setiap pesantren memiliki karakteristik beragam, konsentrasi keahlian majemuk dan keilmuan keagamaan yang berbeda-beda.

Perbedaan itu kemudian dipadukan melalui bahtsul masail untuk membahas masalah keagamaan, hukum Islam, keumatan, bahkan problematika aktual kemasyarakatan, kebangsaan, dan kenegaraan dengan cara atau tradisi khas pesantren.

"Inilah cara pesantren mengkohesikan dirinya, mempersatukan berbagai keragaman mereka dalam sebuah forum yang bernama bahtsul masail," katanya.

Menurut Muhaimin, bahtsul masail juga digunakan di PKB untuk mengambil keputusan dan kebijakan politik. Tak jarang para kiai dan penggerak PKB membahas masalah kekinian, politik, bangsa dan negara dilandasi pandangan berbasis kitab kuning.

"PKB merupakan satu-satunya partai yang sebagian besar langkah dan kebijakan politiknya didasari hasil bahtsul masail. Banyak sekali UU yang diusulkan Fraksi PKB itu berdasar bahtsul masail," katanya.

Dalam kesempatan itu Muhaimin juga "sowan" ke kediaman kiai khos (sepuh) NU KH Mahtum Hanan didampingi ajengan Ponpes Arjowinangun Cirebon KH Hosen Muhammad dan Ketua Dewan Pengurus Wilayah PKB Jawa Barat Dedy Wahidi.(Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Boyke P. Siregar

Advertisement

Bagikan Artikel: