Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ketahanan Sektor Korporasi dan Rumah Tangga Masih Terjaga

Ketahanan Sektor Korporasi dan Rumah Tangga Masih Terjaga Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Medan -

Sejalan dengan pemulihan ekonomi di Sumatera Utara (Sumut), ketahanan sektor korporasi dan rumah tangga masih terjaga. Kondisi tersebut sejalan dengan perbaikan pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara pada triwulan II-2016.

Hal ini dikatakan Kepala Kantor Bank Indonesia (BI) Wilayah Sumatera Utara Difi Djohansyah di Medan, Kamis (27/10/2016).

"Sektor utama ekonomi Sumatera Utara yang mengalami perlambatan adalah industri pengolahan, namun konsumsi masyarakat yang membaik diperkirakan dapat menopang kinerja korporasi sektor industri pengolahan," katanya.

Selain itu, indikator kinerja korporasi dari sisi profitabilitas, solvabilitas, likuiditas, dan debt equity ratio (DER) cenderung mengalami perbaikan hampir di semua sektor. Ia mengatakan pertumbuhan kredit ke sektor korporasi meningkat dengan risiko yang masih terjaga.

"Di sektor rumah tangga optimisme yang terjaga sejalan dengan perbaikan harga komoditas mengindikasikan ketahanan di sektor ini. Hal ini terkonfirmasi dari Kajian Ekonomi dan Keuangan Regional Provinsi Sumatera Utara Agustus 2016," ujarnya.

Begitu juga, imbuhnya, indeks keyakinan konsumen (IKK) yang menunjukkan tendensi positif optimisme masyarakat terhadap perbaikan ekonomi Sumatera Utara. Berbeda dengan korporasi yang tumbuh positif, kredit rumah tangga masih tertahan dan melambat terutama untuk kredit kendaraan bermotor.

"Sejalan ini semua, kita akan terus pacu agar perekonomian Sumut semakin membaik," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Khairunnisak Lubis
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: