Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Pengusaha E-commerce Harus Fokus pada 4 Titik Berikut

        Pengusaha E-commerce Harus Fokus pada 4 Titik Berikut Kredit Foto: Unsplash/Kaleidico
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Banyak pelanggan lebih memilih untuk membeli produk dan layanan online saat ini. Mereka kebanyakan lebih memilih online karena lebih praktis.

        Hanya menggunakan gawai dan dapat diakses di mana saja, dapat melakukan transaksi di mana saja, dan tidak perlu antre, menjadi keunggulan belanja online yang dimanfaatkan oleh pelanggan. Dengan begitu,?menjalankan bisnis e-commerce yang sukses melampaui partisipasi dalam perang harga.?Bahan rahasia dalam resep ini adalah untuk menarik pelanggan untuk datang lagi dan lagi.

        Teknologi yang dibangun untuk komunikasi pasca-penjualan menciptakan pengalaman yang bermanfaat bagi para pengguna.?Berdasarkan data yang didapat dari Entrepreneur.com berikut empat titik fokus yang digunakan untuk membangun e-commerce:

        1. Memilih platform yang tepat untuk dijual: Portal sendiri vs. Marketplace

        Penjual e-commerce sering ditinggalkan dalam dilema untuk memilih salah satu dari dua opsi - menjual pada platform sendiri atau menempatkan produk di pasar.?Dalam pemilihan itu sama dengan antara memilih membuka ruang pameran di pusat kota atau mendapatkan ruang ritel di pusat perbelanjaan yang mapan.

        Keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sebagai penjual e-commerce, Anda harus mengetahuinya dan dapat memutuskan mana yang paling cocok untuk menjual produk Anda.

        2. Pilih teknologi Anda dengan benar

        Perhatian utama untuk setiap pengusaha e-commerce seharusnya adalah memilih jenis teknologi yang tepat untuk menjual barang secara online sambil mempertimbangkan sasaran skala jangka panjang dan pendek.?Dalam hal ini, seseorang harus mengambil keputusan apakah akan menggunakan aplikasi yang dibuat khusus atau mengintegrasikan SAAS seperti Shopify, dll.

        Anda harus tahu bahwa memimpin SAAS portal akan mendapatkan bola bergulir dengan tata letak yang berjumlah besar, gateway pembayaran pra-terintegrasi, opsi pengiriman, dan opsi manajemen persediaan.?Kadang-kadang, mereka mungkin kekurangan harapan Anda untuk menyesuaikan, dan biasanya ada biaya yang dikenakan per transaksi.?Untuk proyek berskala besar, pengembangan aplikasi khusus berfungsi lebih baik untuk mengelola beban server dan menyertakan penyesuaian pada corong pembelian.?Juga, Content Management System (CMS) seperti Magento dan Wordpress menawarkan tema dan kode backend yang sangat dioptimalkan dan membantu dengan SEO.

        Jika Anda menjual di beberapa pasar dan di portal Anda sendiri, layanan seperti Browntape atau eSellerHub menawarkan inventaris pusat, pengiriman, dan manajemen faktur.

        3. Lihat di mana pelanggan Anda berkumpul dan konten apa yang mereka minati

        Sebagian besar e-commerce adalah tentang penjualan.?Namun, untuk pengusaha e-commerce yang sukses bukan hanya sekadar menjual, namun juga mengetahui.?Inilah saat Anda akan belajar lebih banyak tentang pelanggan Anda dan pada gilirannya dapat meningkatkan penjualan Anda.?Setelah Anda mengidentifikasi demografi grup target, keluar dan lihat di mana mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka di layar.

        Apakah mereka menonton video??Blogging??Komentar forum??Apakah mereka memeriksa Instagram dan mengikuti tren tertentu??Mengenali pola konsumsi konten mereka membantu Anda menargetkan dan menjangkau pemirsa yang tepat;?pada waktu dan tempat yang tepat.

        4. Produk dan layanan Anda adalah teman terbaik Anda

        Nah, di sini Anda bertugas untuk menjadikan produk dan layanan sebagai teman terbaik Anda. Investasi Anda pasti membuahkan hasil apabila Anda mengumpulkan umpan balik dari pelanggan, menganalisis apa yang mereka katakan, dan berupaya untuk membawa pengalaman pelanggan ke tingkat berikutnya.

        Seorang pedagang e-commerce yang sukses akan lebih memilih untuk mengintegrasikan Net Promoter Score sebagai KPI penting dalam toolkitnya yang membantu memelihara bukan hanya bisnis tetapi juga dalam mendapatkan basis pelanggan yang setia.?Anda harus mencari survei tanpa filter dari pelanggan terdaftar maupun tidak terdaftar.?Dan begitu Anda mendapatkan skor dari survei tersebut, segera identifikasi para promotor, pasif, dan pengkritik untuk lebih lanjut menyusun strategi tindakan Anda.

        Menjalankan bisnis e-commerce yang sukses tidak berbeda dengan menjalankan bisnis lain dalam banyak cara.?Jika produk Anda adalah pahlawan Anda dan Anda memiliki rencana untuk berkomunikasi secara efektif dengan pelanggan Anda, tidak ada yang dapat menahan Anda.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Clara Aprilia Sukandar
        Editor: Clara Aprilia Sukandar

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: