Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        6 Tanda Anda Siap untuk Posisi Pemimpin

        6 Tanda Anda Siap untuk Posisi Pemimpin Kredit Foto: Reuters/Stephen Lam
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Apakah Anda pernah berkeinginan untuk melamar posisi sebagai leader atau pemimpin? Jika telah bekerja bertahun-tahun, Anda mempunyai kesempatan yang bagus untuk maju menuju sebuah peran kepemimpinan dan mengambil lebih banyak tantangan dalam pekerjaan.

        Bagaimana bisa tahu apakah Anda siap untuk posisi kepemimpinan? JobStreet.com berbagi enam tanda Anda siap untuk menyambut tantangan dan menjadi pemimpin, yaitu

        1. Ahli dalam memberikan masukan yang membangun

        Salah satu kualitas pemimpin yang baik adalah kemampuan untuk mengevaluasi seorang individu dengan objektif dan menawarkan masukan kritis tapi membangun untuk membantu mereka meningkatkan dan tumbuh dalam jalan karir mereka.

        Apakah Anda tahu cara memberikan saran yang membantu anggota tim? Apakah mereka menghargai dan menganggap masukan Anda berguna? Jika ya, beri penghargaan pada diri Anda.

        Baca Juga: Cargill Siapkan Mahasiswa Indonesia Jadi Pemimpin Masa Depan

        2. Dapat mengambil keputusan dan tenang di bawah tekanan

        Anda seringkali dipuji oleh bos dan kolega bahwa mampu menghadapi tekanan dengan baik sekali. Kemudian Anda mendapatkan pujian secara rutin tentang kemampuan yang mengesankan dalam bersikap tenang dan dapat mengambil keputusan dalam situasi-situasi yang menekan.

        Apakah ini terdengar seperti Anda? Jika Anda dengan serius mempertimbangkan untuk melamar posisi pemimpin, kemampuan untuk tetap terkendali dan membuat keputusan yang cepat di bawah tekanan merupakan persyaratannya.

        3. Anda Disukai

        Untuk menjadi seorang pemimpin yang efektif, Anda perlu untuk menginspirasi orang-orang di sekitar Anda. Hal ini berarti harus disukai oleh atasan dan rekan Anda. Jika tidak dapat menyenangkan semua orang, penting bahwa orang-orang di sekitar Anda cukup menghormati sehingga mau mengikuti perintah bahkan jika mereka tidak mempunyai pandangan yang sama.

        Anda akan menganggapnya berat (jika tidak, mustahil) untuk memimpin jika Anda tidak dapat menumbuhkan kepercayaan diri dan rasa percaya dalam keputusan-keputusan Anda.

        4. Percaya pada tanggung jawab

        Sebagai seorang pemimpin, Anda perlu menerima tanggung jawab akan orang-orang yang bekerja di bawah pengawasan. Kesalahan mereka akan menjadi kesalahan Anda sebagaimana pencapaian mereka akan menjadi refleksi dari bimbingan dan arahan Anda.

        Melamar posisi pemimpin berarti menerima tanggungjawab untuk tiap individu yang melamar pada Anda dan memastikan bahwa mereka bekerja dan tumbuh bersama sebagai sebuah tim.

        5. Bagus dalam mengatur orang

        Sejalan dengan poin sebelumnya, kemampuan mengatur orang yang bagus adalah syarat wajib jika Anda ingin menjadi seorang pemimpin yang efektif. Anda akan menerima tugas yang tidak menyenangkan untuk mengatur orang dengan kepribadian dan temperamen yang berbeda-beda sekaligus membantu mereka untuk mewujudkan potensi penuh mereka di dalam organisasi.

        Hal ini merupakan perintah yang berat, tetapi itulah apa yang memang harus dimiliki oleh para pemimpin yang baik. Menjadi seorang pemimpin tidak hanya memberikan perintah pada orang-orang. Menjadi pemimpin berarti bahwa menemukan yang terbaik dari diri orang-orang dan membimbing mereka ke jalan untuk kelanjutan karir dan keunggulan professional.

        6. Tahu kapan harus berkata tidak

        Sebagai seorang pemimpin, Anda akan perlu untuk memprioritaskan waktu dan kemampuan, selain membuat pilhan-pilihan sulit untuk memenuhi tujuan-tujuan perusahaan dan menjalankan proyek dengan anggaran dan agenda pelaksanaan yang ditentukan. Anda akan mempunyai banyak pekerjaan.

        Anda tidak akan dapat menyelesaikan pekerjaan jika terus-menerus mengiyakan rekan yang meminta bantuan atau mengambil alih semua proyek yang ditugaskan pada tim Anda. Anda harus mampu berkata tidak jika situasinya memaksa untuk melakukan hal tersebut.

        Salah satu dari kunci kualitas dari pemimpin yang efektif adalah keefisienan dalam mengatur beban kerja dan sumber daya. Tidak ada artinya menambah pekerjaan jika anak buah sudah selalu bekerja lembur setiap hari. Anda harus memprioritaskan kesehatan tim dan melihat secara utuh. Sebuah tim yang bekerja berlebihan tidak akan menjadi tim yang produktif atau termotivasi.

        Berapa banyak dari keenam tanda ini yang Anda silang? Jika Anda memenuhi empat atau lebih, hal tersebut akan menjadi tanda yang menjanjikan. Jika Anda mendapatkan di bawah empat, setidaknya tahu bagian mana yang harus Anda perbaiki.

        Sementara ini bukanlah daftar yang lengkap, daftar ini menyoroti beberapa sifat utama dari seorang pemimpin yang perlu diketahui jika Anda mempertimbangkan melamar posisi pemimpin.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Agus Aryanto
        Editor: Cahyo Prayogo

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: