Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Meski Dihantui Corona, WOM Finance Raup Laba Kuartal I-2020 Rp44 M

        Meski Dihantui Corona, WOM Finance Raup Laba Kuartal I-2020 Rp44 M Kredit Foto: WOM Finance
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Meski di tengah pandemi virus corona atau Covid-19, PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (“WOM Finance”) sukses membukukan laba bersih sebesar Rp44 miliar pada kuartal I-2020 atau naik 2% dibandingkan periode yang sama tahun pada sebelumnya sebesar Rp43 miliar.

        Perolehan laba bersih tersebut didukung oleh peningkatan pembiayaan baru sebesar Rp1,34 triliun atau tumbuh 3% dari Rp1,30 triliun pada periode yang sama. Selain itu, laba sebelum pajak Perseroan naik 3% menjadi Rp57,3 miliar meskipun terjadi penurunan total pembiayaan konsumen sebesar 3% menjadi Rp7,2 triliun pada Maret 2020.

        Presiden Direktur WOM Finance, Djaja Suryanto Sutandar, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (9/6/2020), mengatakan kenaikan laba Perseroan merupakan dampak implementasi strategi untuk fokus pada dealer yang berkualitas sehingga menghasilkan portolio yang lebih baik. Bisnis pembiayaan multiguna juga terus memberikan pertumbuhan yang sehat. 

        Baca Juga: Berkah Ramadan, WOM Finance Bagikan 1.300 Al-Quran

        Baca Juga: Waspada! Scammers Mulai Gunakan Motif Bantuan Corona untuk Beraksi

        Sambungnya, perseroan mencatat peningkatan kualitas aset seperti tercermin pada penurunan tingkat NPL menjadi 2,12% (gross) dan 0,68% (net) dari 3,18% (gross) dan 0,88% (net). 

        Sementara, kerja sama dengan perbankan masih berjalan baik. Hal ini dibuktikan dengan pendanaan fasilitas bank sebesar Rp 350 miliar hingga kuartal I-2020 yang terdiri dari Bank DBS Indonesia & Bank Shinhan Indonesia. Selain itu, WOM Finance telah menerbitkan Penawaran Umum Obligasi Berkelanjutan III Tahap III sebesar Rp 260,3 miliar pada bulan Mei 2020.

        Selain itu, ia mengatakan dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19, WOM Finance terus berupaya agar kinerjanya tetap stabil dan terjaga, berbagai langkah telah dilakukan antara lain meningkatkan efisiensi dan efektifitas operasional Perseroan dengan menerapkan Strategic Cost Management Program secara berkelanjutan, memperkuat fundamental dan infrastruktur IT melalui Core System yang baru serta meningkatkan produktifitas dan kualitas tenaga pemasaran dan penagihan.

        Selain menjaga stabilitas kinerja Perseroan, WOM Finance tetap memperhatikan kualitas layanan terhadap pelanggannya. Sesuai dengan anjuran Pemerintah dan Otoritas Jasa Keuangan, WOM Finance telah memberikan program restrukturisasi terhadap pelanggan yang terdampak langsung Covid-19. mengatakan

        “Program restrukturisasi ini diberikan kepada pelanggan yang terdampak langsung Covid-19 dibeberapa sektor, kami berharap dengan adanya program tersebut dapat memberikan kemudahan dan keringanan pembayaran disaat kondisi pandemi ini.” katanya.

        Selain program restrukturisasi pembiayaan, sebagai wujud kepedulian WOM Finance terhadap sesama ditengah pandemik Covid-19 ini, WOM Finance telah menyelenggarakan serangkaian program Corporate Sosial Responsibility (“CSR”) berupa penyaluran paket sembako secara berkala sejak bulan April 2020. Hingga saat ini WOM Finance telah menyalurkan lebih dari 10.000 paket sembako dengan pendistribusian melalui kantor cabang secara nasional.

        Sementara itu, Zacharia Susantadiredja, Direktur WOM Finance menambahkan. “Melalui bantuan sosial yang telah disalurkan, kami berharap dapat meringankan beban mereka yang terdampak pandemik secara langsung. Setiap tahun WOM Finance rutin menyelenggarakan kegiatan sosial, namun berbeda dari tahun sebelumnya, kami fokus menyalurkan bantuan kepada pelanggan dan masyarakat yang terdampak langsung Covid-19.” ujarnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Vicky Fadil

        Bagikan Artikel: