Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Mengenal Kelompok Milisi Kongo Haus Darah yang Bunuh Prajurit TNI

        Mengenal Kelompok Milisi Kongo Haus Darah yang Bunuh Prajurit TNI Kredit Foto: Reuters/Kenny Katombe
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Selama tiga tahun terakhir (2017-2019), Pasukan Demokrat Sekutu (ADF) telah menjadi kelompok pemberontak paling aktif dan keras Republik Demokratik Kongo (DRC) --suatu kehormatan yang meragukan saat banyak kelompok pesaing.

        Seperti dikutip Warta Ekonomi dari IISS.Org, kelompok ADF dianggap bertanggung jawab atas kematian sedikitnya 249 orang pada 2018 lalu. Kelompok itu mungkin secara tidak langsung membunuh lebih banyak orang dengan mengganggu upaya bantuan Ebola yang sudah tegang di Kivu Utara.

        Baca Juga: Ternyata Milisi Bersenjata Kongo yang Eksekusi Prajurit TNI Dikenal Sadis

        Meskipun telah menarik banyak perhatian karena keyakinan jihadisnya yang nyata, ADF tetap menjadi salah satu kekuatan pemberontak yang paling sulit dipahami di negara itu.

        Selama bertahun-tahun, mereka tetap tak terlihat, menyatu dengan konflik bersenjata di bagian timur DRC dan, sebagian besar, membuat warga sipil keluar dari serangannya.

        Pada akhir 2013 taktiknya berubah, dan kelompok itu mulai melakukan serangan massal yang mengerikan terhadap penduduk sipil wilayah Beni di Kivu Utara. Tapi seberapa 'jihadis' ADF?

        Berasal dari Uganda

        ADF pertama kali dibentuk pada tahun 1995, dari kemitraan yang tidak biasa antara unsur-unsur radikal sekte Muslim Tabliq Uganda dan sekelompok pejuang Bakonjo yang tersisa dari gerakan Rwenzururu yang memisahkan diri, yang menamakan diri mereka sebagai Tentara Nasional untuk Pembebasan Uganda (NALU).

        Apa yang mereka tidak miliki dalam kesamaan ideologis, Tabliqs dan NALU dibuat untuk saling menguntungkan. Faksi Tabliq dipimpin oleh seorang mualaf muda yang radikal bernama Jamil Mukulu, yang telah dididik di Arab Saudi, dan dilatih di kamp-kamp militan di Afghanistan dan Pakistan. Sebagian berkat koneksi Mukulu, Tabliqs dapat memperoleh dana yang cukup besar dari para pendukung internasional gerakan Islam, dan dari Sudan.

        Bakonjo adalah kerabat Uganda dari Banande Kongo. Bahasa dan budaya mereka hampir identik, dan mereka hanya dipisahkan oleh perbatasan kolonial pada awal abad kedua puluh.

        Dengan kontrol yang nyaris monopoli atas perbatasan Uganda-Kongo dan perdagangan menguntungkan yang melewatinya, orang-orang Konjo-Nande menawarkan pengetahuan lokal kepada Tabliq dan perlindungan yang mereka butuhkan untuk bertahan hidup di wilayah perbatasan.

        Kekuasaan bebas di Kongo

        ADF memulai kampanye kekerasannya di Uganda barat pada akhir 1990-an. Militer Uganda merespons dengan serangkaian operasi militer tanpa kompromi.

        Pada tahun 2003, jumlah ADF telah turun dari ribuan menjadi ratusan, dan mereka dipaksa untuk melarikan diri melintasi perbatasan ke daerah-daerah yang didominasi Nande di Kivu Utara.

        Sebaliknya, di DRC (saat itu Zaire) ADF sebagian besar diserahkan kepada perangkatnya sendiri, jika tidak, secara berkala didukung oleh pemerintah di Kinshasa. Mobutu Sese Seko melihat kelompok itu sebagai kekuatan yang berguna melawan serbuan Uganda ke negara itu dan dengan senang hati memberi mereka senjata dan intelijen.

        Penggantinya Laurent Kabila --ayah dari presiden yang sekarang keluar Joseph Kabila-- muncul untuk memberikan ADF rentang bebas perbatasan, atau setidaknya membuat sedikit upaya untuk menahannya.

        Ini membuat ADF bebas untuk terlibat dalam kemitraan jangka pendek yang menguntungkan dengan kelompok-kelompok pemberontak lainnya, untuk mendapatkan keuntungan dari perdagangan perbatasan gelap dan ke pengadilan dukungan para aktor internasional. Sudan, misalnya, secara teratur mengirim senjata dan dana kelompok.

        Mengadopsi identitas jihadis?

        Meskipun pengaruh nasionalisme Konjo-Nande tetap ada, yang kurang jelas adalah peran ideologi jihad selama ADF berkembang, dan sejauh mana pengaruh jihad benar-benar membentuk tindakan kelompok itu sekarang.

        Pergeseran internal menuju hukum syariah dilaporkan dimulai pada awal 2000-an, dan ada tanda-tanda kelompok ini semakin tertarik untuk mengadopsi Islamisme militan sebagai identitas.

        Sebuah laporan oleh Kelompok Penelitian Kongo menemukan bahwa video yang di-posting di saluran media sosial ADF antara 2016 dan 2017 berisi bacaan Alquran, gambar-gambar dari indoktrinasi dan pesan propaganda, di samping serangan militan.

        Laporan itu juga mengungkapkan bahwa kelompok itu telah menerima dana dari warga negara Kenya yang juga membiayai Negara Islam, juga dikenal sebagai ISIS atau ISIL.

        ADF juga tampaknya tertarik untuk mengadopsi nama Madinah al Tauheed Wa Mujahedeen (kota monoteisme dan pejuang suci). Kurangnya tata kelola di DRC timur telah memicu kekhawatiran bahwa ADF mungkin dapat membentuk negara proto.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: