Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kisah Perusahaan Raksasa: BP, Kilang Minyak Bercuan USD4,2T/Tahun

        Kisah Perusahaan Raksasa: BP, Kilang Minyak Bercuan USD4,2T/Tahun Kredit Foto: Reuters/Luke MacGregor
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        BP Plc atau sebelumnya dikenal British Petroleum adalah perusahaan minyak dan gas multinasional terintegrasi yang menyediakan bahan bakar untuk transportasi, energi, energi panas dan cahaya. BP berkantor pusat di London, Inggris. 

        Perusahaan Inggris itu adalah salah satu perusahaan swasta raksasa dunia yang bergerak dalam sektor energi, dan salah satu dari enam "supermajors". BP menyediakan produk kepada pelanggan, seperti pelumas untuk menggerakkan mesin, dan produk petrokimia yang digunakan untuk membuat barang sehari-hari seperti cat, pakaian, dan kemasan.

        Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Volkswagen, Produsen Mobil Terkaya

        President Barack Obama meeting with BP executives at the White House in June 2010 to discuss the oil spill in the Gulf of Mexico.

        Raksasa energi Inggris kini menempati posisi kedelapan, atau jatuh satu peringkat pada daftar 2020, versi Fortune dalam Global 500-nya. Ada dua penyebab utama. Pertama, pendapatan perusahaan turun 7 persen menjadi 283 miliar dolar AS, dan kedua, keuntungan per tahun turun 57 persen menjadi 4 miliar dolar AS, akibat harga minyak yang lemah. 

        Total pendapatan (revenues) BP mencapai 282,6 miliar dolar AS, dengan laba (profit) fantastis di angka 4,02 triliun dolar AS, pada 2020. Nilai valuasi BP di pasaran juga dihargai cukup tinggi, yakni di angka 73 miliar dolar AS. Tak mengherankan, jika BP masuk jajaran perusahaan raksasa dunia.

        Sejauh Februari 2020, di bawah kendali CEO baru BP, Bernard Looney, perseroan berencana menjadi salah satu perusahaan minyak dan gas besar pertama yang menargetkan emisi nol bersih pada 2050. Selaras dengan itu, BP sudah menyusun rencananya untuk mengurangi emisi. Namun, rencana itu masih diperjuangkan, sebab Covid-19 masih memengaruhi pada permintaan kebutuhan energi. Pada Juni 2020, perusahaan mengumumkan rencana untuk memberhentikan 10.000 karyawan dan menghapus aset 17,5 miliar dolar AS. 

        Seperti apa perjalanan BP menjadi perusahaan besar dunia? Warta Ekonomi kali ini, Jumat (14/8/2020), berkesempatan mengulas kisahnya, dengan mengutip dan mengolah sumber-sumber yang kredibel menjadi tulisan sebagai berikut.

        Pada 1901, seorang raja pertambangan Australia-Inggris bernama William Knox D'Arcy memenangkan konsesi dari Persia (sekarang Iran) untuk mengeksplorasi minyak di wilayah barat daya yang kasar dan gersang di negara itu.

        Sempat kembali ke Inggris, William D’Arcy hampir putus asa. Ia telah mempertaruhkan kekayaannya yang besar untuk mencari minyak, dan sekarang ia hampir kehilangan semuanya (baik rumah di pedesaan dan rumah besar di Grosvenor Square).

        Tampaknya para ahli geologi dan ahli-ahli lainnya sampai menggelengkan kepala. Sebab, sejak awal 1901 mereka tampak bersemangat mencari minyak di bawah pasir Persia. Namun semua perkiraan itu sirna. 

        Karena tidak pernah menginjakkan kaki di Persia, D’Arcy bahkan tidak memiliki pengalaman perjalanan petualangan di wilayah gersang itu. Yang ia miliki hanyalah surat dan pesan telegram dari George Reynolds, seorang ahli yang mendesaknya lebih sabar. Praktis, D’Arcy memohon untuk memperpanjang pencarian sampai pada setiap kemungkinan.

        Pada gilirannya, kesabaran D'Arcy akhirnya habis. Burmah Oil Company, yang uangnya telah menyelamatkan ekspedisi D'Arcy hingga 1904 lelah karena sang pencari tak menemukan apa-apa.

        Dari Persia yang terpencil, D’Arcy mendapat kabar baik lima hari kemudian, yang isinya: “Jika ini benar, semua masalah kita sudah selesai,” dia berseri-seri, menambahkan, “Saya tidak memberi tahu siapa pun tentang hal itu sampai saya mendapatkan kabar itu.”

        Hujan deras telah menyapu empat bulan pekerjaan di jalan penghubung ke Masjid Suleiman, wilayah lokasi pengeboran yang berlangsung selama dua minggu lalu. Di salah satu dari dua sumur terakhir, D'Arcy dan timnya membutuhkan waktu lebih dari seminggu untuk mengeluarkan isinya.

        Akhirnya, kabar baik bisa mengudara. Pada pagi hari 26 Mei 1908, seluruh kamp berbau belerang. Pada pukul empat sore, bor mencapai ketinggian 1.180 kaki dan sumber minyak dimuntahkan ke langit.

        Dalam setahun (1909), Anglo-Persian Oil Company, yang suatu saat akan menjadi BP, mulai berbisnis. Media-media berbicara tentang luasnya potensi perusahaan baru tersebut. Sampai-sampai pada hari saham Anglo-Persia dibuka untuk diperdagangkan di London dan Glasgow, orang-orang berdiri jauh di depan para kasir di sebuah bank Skotlandia.

        William D’Arcy, yang hampir kehilangan segalanya, sejak saat itu lebih kaya dari siapa pun yang pernah ada dalam hidupnya.

        Sumur minyak pertama yang berhasil dibor di Masjid Suleiman, sukses mengalirkan minyak mentah ke kilang yang dibangun di Abadan, sebuah lokasi kargo minyak pertama diekspor pada Maret 1912. Ladang dan kilang Iran lainnya dibangun.

        Pada 1914, pemerintah Inggris menjadi pemegang saham utama perusahaan. Berdasarkan perjanjian yang dinegosiasikan dengan Winston Churchill, yang saat itu menjadi penguasa pertama Angkatan Laut, Charles Greenway, tokoh dominan di tahun-tahun awal Anglo-Persian Oil Company menandatangani kontrak jangka panjang dengan Angkatan Laut Inggris untuk pasokan bahan bakar minyak, yang ingin digunakan Angkatan Laut Kerajaan sebagai pengganti batu bara.

        Greenway memulai karirnya di perusahaan agen pengelola yang menangani pemasaran produk Burmah Oil di India.

        Meskipun Anglo-Persian Oil Company telah menemukan ladang minyak yang produktif, namun mereka mengalami masalah besar dalam penyulingan minyak mentah. Perusahaan juga kekurangan armada kapal tanker dan jaringan distribusi untuk menjual produknya.

        Pada saat yang sama, dalam tradisi laissez-faire Inggris, pemerintah Inggris menginvestasikan 2 juta pounsterling di Anglo-Persian Oil. Dana itu dikategorikan sebagai imbalan atas kepemilikan saham mayoritas yang akan dipertahankannya selama bertahun-tahun.

        Transaksi tersebut memberikan dana kepada perusahaan untuk investasi lebih lanjut dalam peralatan pemurnian dan investasi awal dalam transportasi dan pemasaran dalam memenuhi ambisi Greenway untuk menciptakan bisnis minyak yang independen dan terintegrasi.

        Sebagai imbalan atas investasinya, pemerintah Inggris diizinkan untuk menunjuk dua direktur ke dewan perusahaan dengan hak veto. Bahkan, para direktur pemerintah tidak pernah menggunakan hak vetonya selama masa kepemilikan saham negara di perusahaan tersebut. Di atas kertas, Anglo-Persian Oil dikontrol Inggris hingga 1980-an. Praktis, semua kegiatannya dinilai sebagai perusahaan komersial murni.

        Pada 1938, Abadan memiliki kilang tunggal terbesar di dunia. Konsesi direvisi pada 1933, kemudian ditangguhkan sebentar pada 1951–1953, dan diperpanjang pada 1953 dalam sebuah konsorsium dengan perusahaan minyak lainnya.

        BP menghasilkan keuntungan besar selama periode 1920-an dan 1930-an seiring dengan banyaknya masyarakat Barat yang bergerak menuju dunia yang dipercepat dengan mobil berbahan bakar minyak dan diterangi oleh pembangkit listrik berbahan bakar minyak.

        Perusahaan tersebut berganti nama menjadi Anglo-Iranian Oil Company (AIOC) pada 1935. Alasannya, kepemimpinan baru di Teheran memilih untuk menanggalkan nama dari "Persia" kuno. BP mengoperasikan apa yang saat itu merupakan kilang terbesar di dunia di dekat kota Abadan.

        Lebih dari 200.000 pekerja bekerja keras dalam panas terik dan kondisi seringkali putus asa. Para pengamat menceritakan, ketidakadilan sangat nampak antara pekerja Iran yang tinggal di daerah kumuh reyot yang dikenal sebagai Kaghazabad, dan pejabat Inggris yang mengawasi mereka dari kantor ber-AC dan vila berpagar rumput.

        Sebuah konsorsium internasional, National Iranian Oil Company dibentuk pada 1953. Tujuannya untuk menjalankan operasi minyak di Iran, dengan Anglo-Iranian Oil Company memegang 40 persen saham, lima perusahaan besar Amerika termasuk Standard Oil of Indiana (Amoco) memegang 40 persen lagi, dan Royal Dutch Shell dan Compagnie Française des Pétroles, sekarang Total SA memegang 20 persen. Konsorsium setuju untuk membagi 50 persen keuntungan dengan Iran, tetapi tidak mengizinkan campur tangan dalam urusan bisnisnya.

        Pada 1954, dewan tersebut mengubah nama perusahaan menjadi The British Petroleum Company. BP terus beroperasi di Iran hingga Revolusi Islam 1979. Rezim baru Ayatollah Khomeini menyita semua aset BP di Iran tanpa kompensasi, mengakhiri 70 tahun kehadiran BP di Iran.

        Efektif sejak 1 Januari 1955, British Petroleum (BP) menjadi perusahaan induk. Pada 1959, BP mulai melakukan eksplorasi di Alaska, dan pada 1965, perusahaan ini menjadi perusahaan pertama yang memiliki minyak di Selat Inggris Laut Utara. Pada tahun 1965, BP menemukan gas alam di Selat Inggris, cukup untuk menggerakkan kota berukuran sedang.

        Pada 1970, awak Laut Utara menemukan ladang Forties, yang dapat menghasilkan 400.000 barel minyak sehari.

        Mulai 1977, pemerintah Inggris mengurangi kepemilikan sahamnya atas BP dengan menjual sahamnya kepada publik.

        Pada akhir 1980-an Inggris menyerahkan BP sepenuhnya kepada kepemilikan swasta dengan menjual sisa sahamnya. Ini membuka jalan bagi perseroan untuk mengakuisisi Britoil PLC, sebuah perusahaan minyak independen yang memproduksi minyak dari ladang Laut Utara.

        Antara 1979 dan 1987, pemerintah Inggris menjual seluruh kepemilikannya di BP dalam beberapa tahap. Selama proses penjualan, upaya Kantor Investasi Kuwait untuk memperoleh kendali BP dihalangi oleh oposisi yang kuat dari pemerintah Inggris.

        Pada 1987, British Petroleum menegosiasikan akuisisi Britoil dan saham Standard Oil of Ohio (Sohio) tersebut belum dimiliki.

        BP bergabung dengan Amoco (sebelumnya Standard Oil of Indiana) pada bulan Desember 1998, menjadi BPAmoco hingga 2000, ketika berganti nama menjadi BP.

        Sebagian besar SPBU Amoco di Amerika Serikat telah berubah menjadi tampilan dan nama merek BP. Namun, di banyak negara bagian, BP masih menjual bensin bermerek Amoco, yang diberi peringkat merek minyak bumi # 1 oleh konsumen selama 16 tahun berturut-turut.

        Pada Mei 2008, nama Amoco sebagian besar dihapus dan diganti dengan "BP Gasoline with Invigorate," untuk mempromosikan aditif baru BP. Tingkat bensin BP tertinggi yang tersedia di Amerika Serikat masih disebut Amoco Ultimate.

        Pada 2000, BP mengakuisisi Arco (Atlantic Richfield Company) dan Burmah Castrol plc.

        Pada bulan April 2004, BP memindahkan sebagian besar bisnis petrokimia ke dalam entitas terpisah yang disebut Innovene di dalam Grup BP, dengan maksud untuk menjual perusahaan baru tersebut sebagai Penawaran Umum Perdana (IPO) di Bursa Efek New York.

        Pada tanggal 7 Oktober 2005, BP mengumumkan penjualan Innovene kepada INEOS, sebuah perusahaan kimia swasta Inggris senilai 9 miliar dolar AS(5 miliar pounds).

        BP baru-baru ini meningkatkan aktivitas eksplorasi minyaknya di daerah perbatasan seperti bekas Uni Soviet. Di Rusia, BP memiliki 50 persen dari TNK-BP, dengan separuh lainnya dimiliki oleh tiga miliuner Rusia.

        TNK-BP menyumbang seperlima dari cadangan global BP, seperempat produksi BP, dan hampir sepersepuluh dari keuntungan globalnya. BP telah terlibat dalam pembangunan ekonomi Vietnam sejak 1986. Pada akhir 2007, dengan mitra Petrochina dan Sinopec, BP telah mengembangkan sekitar 1.000 gerai di China.

        Setiap perusahaan besar yang berdiri dan sukses diiringi dengan banyaknya kontroversi. Hal serupa juga dialami BP. 

        Kejadian di Amerika Utara kemungkinan akan terus dikenang karena kecelakaannya. Pada 2005, sebuah ledakan di kilang BP di Texas menewaskan 15 pekerja. Pada tahun 2006, lebih dari 250.000 galon minyak tumpah melalui bagian pipa BP yang terkorosi di Alaska melintasi Lereng Utara, menyebabkan penutupan sebagian ladang Prudhoe Bay milik perusahaan dan pembersihan yang mahal.

        Dalam kedua kasus tersebut, diduga bahwa tindakan pemotongan biaya yang dilakukan oleh para eksekutif BP telah menyebabkan pemeliharaan yang buruk. Dan sekarang tumpahan 2010 menjadi pertanda terburuk dalam sejarah. BP mengklaim melihat "lebih dari" minyak bumi, tetapi perusahaan --dan dunia yang masih bergantung pada industrinya-- tetap berada dalam kotoran.

        Pada bulan Juli 2006, sekelompok petani Kolombia memenangkan sengketa dari BP setelah perusahaan minyak dan gas Inggris dituduh mengambil keuntungan dari rezim teror yang dilakukan oleh paramiliter pemerintah Kolombia untuk melindungi pipa sepanjang 450 mil (720 km).

        Pada 11 Februari 2007, BP mengumumkan bahwa mereka akan menghabiskan 8 miliar dolar AS selama sepuluh tahun untuk meneliti metode bahan bakar alternatif, termasuk gas alam, hidrogen, matahari, dan angin.

        Hibah 500 juta dolar AS kepada University of California, Berkeley, Lawrence Berkeley National Laboratory, dan University of Illinois di Urbana-Champaign, untuk menciptakan "Energy Biosciences Institute" baru-baru ini diserang, karena kekhawatiran tentang dampak global dari penelitian dan privatisasi universitas negeri.

        BP Kanada telah diminta oleh organisasi lingkungan terkemuka untuk menghentikan Proyek Metana Batu Bara "Gunung Kabut" yang diusulkan di Pegunungan Rocky Selatan British Columbia. Proyek seluas 500 km² yang diusulkan berbatasan langsung dengan Waterton-Glacier International Peace Park.

        BP telah dikritik karena keterlibatannya dengan jalur pipa Baku-Tbilisi-Ceyhan, yang terkait dengan pelanggaran hak asasi manusia, masalah lingkungan dan keselamatan. 

        Menurut Center for Responsive Politics, dari 1990 hingga 2001, BP menyumbang lebih dari 5 juta dolar AS untuk kampanye politik di Amerika Serikat (72 persen untuk Partai Republik dan 28 persen untuk kandidat Demokrat), menjadikannya donor terbesar ke-100 Amerika Serikat untuk kampanye politik.

        BP telah melobi untuk mendapatkan pengecualian dari reformasi hukum perusahaan AS. Pada bulan Februari 2002, BP mengumumkan bahwa mereka tidak lagi memberikan kontribusi politik dari dana perusahaan di mana pun di dunia.

        Pada 2010 pengeboran lepas pantai Deepwater Horizon, yang dimiliki oleh Transocean dan disewa oleh BP, meledak dan runtuh, menyebabkan riser sumur minyak yang sangat dalam pecah. Diperkirakan 4,9 juta barel minyak dilepaskan ke Teluk Meksiko --tumpahan minyak laut terbesar dalam sejarah.

        Perusahaan tersebut kemudian membayar miliaran dolar sebagai ganti rugi kepada individu dan bisnis yang terkena dampak tumpahan tersebut.

        Pada 2012 BP setuju untuk membayar denda dan hukuman lebih dari 4,5 miliar dolar AS kepada pemerintah AS dan mengaku bersalah atas 14 dakwaan pidana. Pada 2015, sebagai bagian dari pengadilan perdata, disetujui untuk membayar sekitar 20 miliar dolar AS.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Muhammad Syahrianto
        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: