Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        5 Tools Terbaik untuk Digital Marketing

        5 Tools Terbaik untuk Digital Marketing Kredit Foto: Unsplash/Campaign Creators
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi yang pesat, manusia bisa saling terhubung melalui koneksi digital. Saat ini, sangat penting untuk melakukan pemasaran digital demi kesuksesan bisnis Anda. Perusahaan harus bisa beradaptasi dengan dunia virtual untuk bisa berinteraksi dengan pelanggan dan menawarkan produk dengan cara yang kreatif, otentik, dan menarik secara visual. Pemasaran digital juga menawarkan peluang untuk dapat menilai taktik pemasaran apa yang berhasil bagi Anda.

        Pada kesempatan ini, kami akan mengulas lima alat pemasaran online terbaik yang dibutuhkan saat Anda memulai bisnis online. Banyak situs web yang menawarkan ribuan alat untuk pemasaran digital. Dengan banyaknya pilihan, memilih alat terbaik menjadi proses yang panjang dan melelahkan. Untuk itu, kami telah menyusun daftar alat pemasaran digital terbaik.

        Baca Juga: Membedah Perbedaan Traditional Marketing dan Digital Marketing

        A. Google Analytics

        Mengapa Anda sangat membutuhkan Google Analytics? Jika Anda memiliki situs web untuk keperluan bisnis, Google Analytics adalah salah satu pilihan terbaik yang bisa membantu dalam menjalani pemasaran digital. Dengan menggunakan Google Analytics, Anda dapat:

        - Memahami jenis pesan apa yang lebih beresonasi dengan pelanggan Anda;

        - Mencari tahu dari mana asal pengguna;

        - Menentukan seperti apa strategi digital yang terbaik bagi perusahaan Anda.

        Selain itu, Google Analytics juga berfungsi untuk mengetahui:

        - Bagian yang menjadi preferensi pengguna situs;

        - Kata kunci yang sering digunakan;

        - Detail teknis mengenai perangkat pengunjung situs, seperti browser yang digunakan atau sistem operasi seluler mereka.

        Sebenarnya, ada banyak keuntungan yang bisa dihasilkan dengan menggunakan Google Analytics, tetapi beberapa poin di atas adalah sesuatu yang penting bagi pemilik situs web untuk dapat meningkatkan performa pemasaran digital. Selanjutnya, mari kita lihat bagaimana cara kerja Google Analytics.

        Google Analytics dapat diunduh secara gratis dengan mengumpulkan data menggunakan kombinasi cookie, browser, dan kode JavaScript. Program analitik ini dapat mengumpulkan informasi dari situs Anda berkat kode JavaScript yang harus Anda sertakan dan cookie yang dibuat setelah pengguna mengakses web melalui browser. Dengan cara ini, Google Analytics mencatat aktivitas pengunjung situs dari saat dia tiba hingga meninggalkan situs, kemudian mengubahnya menjadi laporan dengan grafik dan data statistik.

        Google Analytics beroperasi berdasarkan tiga proses: pengumpulan data, memproses data, dan pembuatan laporan.

        a. Pengumpulan data

        Google Analytics menggunakan kode JavaScript untuk mengumpulkan semua informasi dari situs web. Dengan cara ini, Analytics mencatat setiap kali pengguna mengunjungi halaman situs. Dalam aplikasi perangkat seluler, Anda perlu menambahkan kode tambahan untuk setiap aktivitas yang ingin dilacak.

        Untuk memahami proses pengumpulan data tersebut, kami akan menjelaskannya langkah demi langkah:

        - Server merespons dengan mengirimkan halaman situs yang diminta ke browser pengguna. Setelah browser menganalisis data, ia akan menghubungi server lain yang akan menangani beberapa bagian kode pada halaman terkait.

        - Selanjutnya, browser pengguna yang mengunjungi halaman web akan meminta kode tersebut ke Analytics, kemudian dikirim dan disimpan dalam sebuah file bernama Urchin.js. Saat kode tersebut dijalankan, atribut pengunjung yang dikomentari sebelumnya dan navigasinya telah dipelajari.

        - Setelah semua data dikumpulkan, kode membuat sebuah cookie di komputer pengunjung.

        - Setelah cookie sudah dirancang, kode mengirimkan semua informasi itu ke server Google Analytics dengan meminta file berbentuk GIF.

        - Kemudian data tersebut disimpan di sebuah file bernama File Log yang memuat bagian data di dalamnya untuk setiap halaman yang telah dilihat. Data ini mencakup banyak aspek seperti tanggal dan waktu, dari mana pengunjung situs berasal, jumlah kunjungan, dll.

        b. Pengolahan data

        Setelah interaksi pengguna dikumpulkan, Google Analytics memulai proses untuk mengubah data mentah menjadi data yang berguna bagi Anda. Untuk memprosesnya, setiap bagian data dianalisis secara terpisah. Artinya, atribut mereka terbagi menjadi berbagai macam. Google Analytics mengubah setiap atribut menjadi elemen yang disebut sebagai fields. Setiap bagian atau baris menyediakan beberapa atribut dan masing-masing disimpan di area yang berbeda.

        c. Pembuatan laporan

        Laporan yang dihasilkan dapat dilihat dari layanan Google Analytics itu sendiri, www.google.es/analytics atau dari tempat lain yang memerlukan penggunaan pelaporan API. Setiap laporan dibuat berdasarkan perbandingan di lapangan. Artinya, aspek seperti kota pengunjung atau rasio konversinya juga akan diperhitungkan. Akhirnya, setelah data tersebut disimpan dalam database, prosesnya dapat dihentikan.

        B. Google Search Console

        Google Search Console (atau disingkat GSC) adalah sebuah alat yang membantu seorang webmaster untuk memantau dan mengelola situs web mereka melalui portal resmi. Memiliki akses ke alat dan data yang disediakan langsung oleh mesin pencari dapat membuat pengoptimalan situs web Anda jauh lebih mudah! Berikut penjelasannya.

        Akun Google Search Console adalah cara utama dan resmi yang digunakan Google untuk dapat berkomunikasi dengan pemilik situs. Dengan memiliki akun yang terdaftar, Google dapat mengirimkan informasi kepada webmaster tentang masalah dan kesalahan situs. GSC juga menyediakan beberapa alat yang membantu Anda untuk dapat menghubungi mereka tentang permasalahan sebuah situs.

        Baca Juga: Sejarah dan Evolusi Digital Marketing

        Jika Anda secara aktif mengoptimalkan situs web, Anda pasti memahami bahwa SEO tidak akan pernah berhenti. Oleh karena itu, Anda harus terus meningkatkan kualitas konten, memperbaiki pengaturan situs, dan meminimalisasi terjadinya kelalaian.

        Google Search Console akan menyediakan alat yang dapat membantu pengelolaan situs Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk melakukan hal-hal seperti mengirimkan dan memantau peta situs XML, meminta Google untuk mengevaluasi kesalahan (error), atau memantau bagaimana Google dapat melihat halaman dan URL tertentu di situs web.

        Akun GSC penuh dengan informasi yang berguna untuk mengetahui dan menampilkan kinerja sebuah situs web dalam hasil pencarian, mulai dari laporan kunjungan melalui perangkat seluler hingga visibilitas dan pelacakan klik-tayang. Jika Anda serius untuk mengelola dan mengoptimalkan situs web, GSC adalah bagian vital untuk memahami kapan, di mana, dan bagaimana situs Anda muncul di Google. Sebagian besar data di Google Search Console dapat diekstraksi dan diintegrasikan ke dalam sistem lain, seperti Google Analytics.

        Bagaimana caranya menggunakan Google Search Console? Ikuti langkah–langkah berikut:

        1. Login ke Google Search Console

        Mulailah menggunakan Google Search Console untuk bisnis Anda dengan masuk ke platform.

        2. Pilih Jenis Properti Anda

        - Domain

        Jenis properti domain akan menyertakan protokol HTTP dan HTTPS untuk situs web Anda, serta semua subdomain, seperti "www." Jenis properti ini menawarkan opsi yang paling nyaman karena dapat mengenali beberapa varian situs web.

        - Awalan URL

        Jenis properti awalan URL hanya akan menyertakan URL di bawah alamat dan protokol yang ditentukan. Itu berarti jika Anda memasukkan, "https://example.com" sebagai URL, maka Google Search Console tidak akan mencocokkan "http://www.example.com" atau "example.com" ke URL tersebut.

        3. Verifikasi Properti Anda

        Setelah Anda memilih jenis properti dan memberikan URL, Anda perlu memverifikasi kepemilikan situs.

        4. Lihat Properti Anda

        Setelah kepemilikan property sudah diverifikasi, Anda dapat mulai menggunakan Google Search Console.

        5. Akses Berbagai Fitur

        Di Google Search Console, tim Anda dapat mengakses berbagai fitur dan laporan seperti:

        Overview

        Dapatkan penjelasan singkat tentang situs web atau properti Anda. Overview mencakup semua tindakan, seperti total klik situs web, halaman yang diindeks, dan banyak lagi. GSC adalah alat yang sangat baik untuk menemukan masalah besar dengan cepat, serta dapat melihat kinerja situs secara keseluruhan.

        Performance

        Periksa kinerja situs web Anda secara mendalam dengan laporan kinerja. Laporan Kinerja Anda mencakup jumlah total tayangan dan klik situs Anda, serta rata-rata rasio klik-tayang (RKT) dan posisi Anda di hasil penelusuran. Ini juga menyoroti kueri pengguna, perangkat, lokasi, dan banyak lagi.

        URL Inspection

        Pelajari apa yang diketahui Google tentang situs Anda dan halaman tertentu dengan laporan Inspeksi URL Anda. Periksa apakah Google merayapi dan mengindeks halaman. Anda juga dapat menemukan kesalahan HTML, kegunaan seluler, dan JavaScript, yang dapat Anda teruskan ke tim pengembangan Anda.

        C. Google My Business

        Sesuai dengan namanya, Google My Business adalah alat yang membantu untuk membuat profil bisnis Anda muncul di halaman pencarian Google.

        Dengan Google My Business (GMB), Anda tidak hanya dapat membuat profil bisnis di halaman Google, tetapi Anda juga bisa menggunakan berbagai fitur yang dapat meningkatkan visibilitas situs. Ragam fitur serta kebebasan tersebut menawarkan banyak keuntungan bagi bisnis Anda. Itulah mengapa GMB memudahkan untuk:

        - Dapat berinteraksi dengan pengunjung situs;

        - Memberikan informasi penting tentang bisnis Anda, seperti jam buka, nomor telepon, dan lainnya;

        - Mempermudah klien Anda untuk mendapatkan petunjuk arah ke lokasi bisnis;

        - Mempromosikan acara dan berita seputar perusahaan;

        - Menambahkan foto bisnis Anda.

        Baca Juga: Cara Kerja Digital Marketing

        Mengapa Anda perlu menggunakan GMB? Google My Business dapat membantu Anda untuk berinteraksi dengan pelanggan, serta memberikan informasi yang bermanfaat kepada pelanggan dan calon pelanggan. Selain itu, terdapat beberapa alasan mengapa Anda harus menggunakan GMB:

        a. Gratis

        GMB dapat diakses secara cuma–cuma sehingga bisa menghemat anggaran pemasaran. Tidak ada biaya apa pun untuk membuat profil Google My Business.

        Tidak seperti platform lain, Google My Business tidak beroperasi pada model bisnis freemium. Google My Business dapat digunakan oleh semua jenis bisnis. Anda tidak perlu menginvestasikan apa pun ke alat ini.

        b. Menghasilkan Prospek

        Dalam beberapa tahun terakhir, hasil penelusuran dengan frasa "di dekat saya" telah meningkat lebih dari 500 persen. Artinya, banyak orang yang mencari bisnis di dekat mereka, baik itu restoran, bioskop, toko furnitur, atau pusat peralatan. Untuk penelusuran lokal, Google selalu menampilkan profil Google My Business. Itulah mengapa sangat penting untuk membuat profil bisnis.

        Dengan menampilkan profil bisnis, mudah bagi pengguna untuk segera menemukan, mengunjungi, dan melakukan transaksi. Jadikan Google Bisnisku sebagai bagian dari strategi pemasaran digital Anda sehingga bisa mendapatkan prospek baru, serta menghasilkan penjualan tambahan. Jika ingin meningkatkan prospek dan pendapatan, Anda harus mengoptimalkan dan mengelola profil bisnis. Tambahkan jam buka perusahaan, tanggapi ulasan yang diberikan, dan pastikan alamat serta nomor telepon sudah selalu diperbaharui.

        c. Meningkatkan Peringkat Pencarian

        Saat situs Anda terlihat di halaman pencarian Google, Anda memiliki peluang lebih tinggi untuk bisa diperhatikan oleh pengguna yang sedang mencari produk atau layanan terkait. Mengoptimalkan dan mengelola profil bisnis secara berkala dapat meningkatkan kemungkinan situs web Anda untuk dikunjungi.

        Google My Business menyediakan banyak informasi dan interaksi dengan pengguna media sosial. Sekarang setelah Anda mengetahui apa itu Google My Business, apakah Anda berminat membuat profil bisnis? Ikuti empat langkah berikut untuk membuat dan mengelola akun Google My Business:

        1. Daftar Akun

        Daftar dan buat profil baru.

        2. Masukkan Informasi Bisnis

        Setelah Anda mendaftar atau login ke akun Google My Business, tambahkan informasi penting mengenai perusahaan Anda seperti:

        - Nama

        - Alamat

        - Nomor telepon

        - Jam operasional

        - Jenis industri

        Anda juga dapat menambahkan foto toko yang dapat menarik pengguna untuk berkunjung.

        3. Verifikasi Akun Anda

        Memverifikasi akun Anda adalah langkah penting lainnya saat mendaftar ke Google My Business. Setelah Anda meninjau segala informasi dan memastikannya secara akurat, Anda memulai verifikasi bisnis melalui email, telepon, atau Google Search Console.

        4. Lakukan Pembaruan Secara Rutin

        Meskipun Anda mungkin telah mempunyai akun Google My Business, sangat penting bagi tim digital Anda untuk terus mengoptimalkannya. Jika ada informasi yang berubah, seperti jam buka, lokasi, atau spesialisasi, segera perbarui akun tersebut.

        D. SEMrush

        Di dunia saat ini, ada banyak peluang yang tersedia bagi setiap organisasi bisnis untuk bisa mengetahui di mana posisi mereka dalam pasar yang kompetitif ini. Perkembangan teknologi saat ini begitu cepat sehingga perusahaan perlu memperbarui diri dengan teknologi yang inovatif dan sukses di bidangnya. Jika bentuk usaha kecil dan menengah telah menyambut pemasaran digital, tetapi tidak menggunakannya secara efektif, keberlangsungan bisnis mereka akan sulit di tengah jalan.

        Penerapan strategi pemasaran digital yang berhasil tidak hanya membantu perusahaan untuk mencapai hasil yang luar biasa, tetapi juga untuk memperkuat nama mereknya. Di situs web terdapat berbagai alat pemasaran online yang tersedia.

        Baca Juga: Memahami Lebih Dalam Manfaat dari Digital Marketing

        Di antara semuanya, "SEMRUSH" adalah salah satu alat bantu yang ampuh bagi pemasar digital untuk dapat melakukan SEO pada situs web. Banyak analis SEO menggunakan alat ini untuk:

        - Melakukan riset kata kunci;

        - Mengaudit situs web;

        - Melihat peringkat kata kunci;

        - Melihat sumber backlink;

        - Menempatkan situs web:

        - Membuat konten dengan kata kunci tertentu;

        - Analisis kompetitif.

        SEMrush didirikan pada tahun 2008 dengan misi untuk membuat persaingan online menjadi transparan dan adil bagi semua pelaku usaha. Tujuannya untuk menciptakan platform yang memungkinkan setiap orang mendapatkan kesempatan yang sama untuk dapat beroperasi di dunia digital.

        Hanya dalam kurun waktu 9 tahun, perusahaan ini terus mengembangkan diri sedemikian rupa sehingga banyak orang yang menggunakan produknya, mulai dari perusahaan kecil hingga organisasi besar. Produk ini dipercaya oleh organisasi besar seperti Amazon, Ebay, Disney, Hewlett Packard, dan masih banyak lagi. Keuntungan dari menggunakan SEMrush antara lain:

        • Dapat menemukan dan menyelesaikan masalah di situs web.

        • Memantau kinerja situs web.

        • Bermanfaat untuk menemukan pembaruan peringkat kata kunci.

        • Meningkatkan SEO situs web.

        • Dapat melacak kesuksesan sebuah situs di media sosial.

        • Memantau reputasi merek.

        • Mempermudah mesin pencari.

        • Ramah dan optimal bagi semua pengguna situs.

        E. Hootsuite

        HootSuite adalah alat bantu yang memungkinkan pengguna untuk bisa memposting pembaruan profil media sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, Instagram, WordPress, dan platform lainnya.

        Saat ini, mengelola bisnis di media sosial dapat menjadi pekerjaan yang menyibukkan. Banyak perusahaan yang menggunakan akun media sosial mereka untuk menawarkan penawaran khusus sehingga bisa mendapatkan respons yang positif dari pelanggan. Ketika Anda harus mengelola beberapa akun sekaligus, HootSuite bisa menjadi alat yang sangat membantu.

        Baca Juga: Apa Itu Digital Marketing?

        Pengguna dapat menganalisis kampanye pemasaran di semua profil media sosial tanpa perlu masuk ke setiap jaringan sosial satu per satu. Hootsuite berbentuk Freemium, jadi bisa diakses secara gratis, tetapi memiliki banyak tambahan fitur bagi yang membayar akun premium. Untuk akun premium, pengguna mendapatkan sejumlah fitur canggih untuk bisa menganalisis keterlibatan audiens dan keamanan situs.

        Meskipun HootSuite dikenal sebagai alat bantu pemasaran, banyak orang juga menggunakannya untuk keperluan pribadi. Jika Anda menghabiskan banyak waktu di media sosial dan memiliki banyak akun untuk dikelola, Anda dapat merampingkan semua akun tersebut ke dalam satu sistem sederhana yang terintegrasi dengan cepat.

        Jika Anda ingin memposting hal yang sama di lima akun berbeda, Anda dapat memposting melalui HootSuite dan memilih akun mana yang ingin dipublikasikan sehingga postingan tersebut dapat dikirimkan di lima akun yang berbeda. Anda harus membutuhkan waktu untuk terbiasa menggunakan HootSuite.

        Denga HootSuite, Anda bisa melakukan banyak hal. Berikut adalah beberapa fitur paling berguna hanya dengan menggunakan akun gratis:

        Posting langsung ke akun media sosial

        Fitur yang paling menonjol adalah kemampuan untuk mengirim teks, tautan, foto, video, dan media lain langsung ke akun media sosial Anda melalui dasbor HootSuite.

        Postingan terjadwal

        Tidak ada waktu untuk memposting sepanjang hari? Jadwalkan postingan tersebut agar dapat diposting secara otomatis pada waktu tertentu, daripada melakukan semuanya secara manual.

        Mengelola beberapa akun

        Anda dapat mengelola hingga tiga akun media sosial dengan HootSuite. Dengan menggunakan Hootsuite, Anda dapat memperbarui 20 profil di Twitter dan 15 halaman di Facebook.

        Analytics

        HootSuite memiliki bagian khusus untuk membuat laporan analisis. Hootsuite bekerja sama dengan Google Analytics serta Facebook Insights.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Patrick Trusto Jati Wibowo
        Editor: Puri Mei Setyaningrum

        Bagikan Artikel: