Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Cara Gunakan Hootsuite, Alat Bantu Manajemen Media Sosial

Cara Gunakan Hootsuite, Alat Bantu Manajemen Media Sosial Tim Digital Maketing. | Kredit Foto: Unsplash/Marvin Meyer
Warta Ekonomi, Jakarta -

Media sosial adalah platform yang sangat berharga bagi bisnis online. Media sosial bisa menjadi tempat untuk berbagi konten, menumbuhkan brand awareness dan yang terpenting, bisa terhubung dengan pelanggan Anda. Namun, strategi media sosial terkadang memiliki kesulitannya tersendri. Oleh karena itu, di sinilah alat bantu manajemen media sosial berperan.

Alat ini akan membantu Anda untuk mengelola dan memantau semua saluran media sosial dari satu tempat, mengirim dan menjadwalkan sebuah konten, mengatur pemberitahuan ketika seseorang melakukan mention pada bisnis Anda, dan mendapatkan statistik tentang seberapa baik media sosial bekerja untuk Anda. 

Salah satu alat yang paling populer adalah Hootsuite. Meskipun mudah untuk digunakan, Anda mungkin belum tahu cara mengoperasikannya dengan baik. Untuk itu, simak selanjutnya mengenai cara menggunakan Hootsuite untuk kegiatan pemasaran digital.

Baca Juga: Cara Gunakan Google My Business, Alat Bantu Pemasaran Digital

Apa Itu Hootsuite?

Hootsuite adalah alat yang dapat membantu Anda untuk bisa melacak dan mengelola banyak media sosial secara bersamaan. Diciptakan oleh Ryan Holmes, Dario Meli, dan David Tedman pada 2008, alat ini dapat memantau apa yang telah dikatakan orang tentang brand Anda serta membantu meresponsnya secara instan.

Melalui Hootsuite, Anda dapat langsung terhubung ke berbagai jaringan seperti Facebook, Twitter, dan Google+ sehingga bisa mem-posting pembaruan atau membalas tanggapan secara langsung tanpa harus membuka berbagai situs tersebut. Dengan banyak akun yang bisa dikelola untuk melakukan bisnis, Hootsuite menjadi alat yang populer dan dapat diandalkan oleh banyak perusahaan saat ini.

Manfaat Menggunakan Hootsuite

Dikenal sebagai alat manajemen media sosial, Hootsuite memiliki banyak manfaat untuk menjalankan kegiatan pemasaran. Apa saja keuntungan yang didapat? Berikut adalah sejumlah manfaat menggunakan Hootsuite.

1. Dapat Menggunakan Beberapa Jenis Media Sosial Sekaligus

Dengan memanfaatkan Hootsuite, Anda bisa mengelola beberapa jaringan media sosial sekaligus sehingga tidak perlu repot untuk membuka setiap situs satu per satu.

Anda dapat mem-posting pembaruan, melihat tanggapan, dan terhubung dengan basis pelanggan di lebih dari tiga puluh lima jejaring media sosial populer, seperti Twitter, Facebook, LinkedIn, Google+, Foursquare, Blog WordPress. Juga beberapa platform lain melalui aplikasi pihak ketiga (misalnya Vimeo, Reddit, Via.me, StumbleUpon, Instagram, Tumblr, Evernote, Flickr, MailChimp, Slideshare, Storify, Edocr, Get Satisfaction, dan lainnya).

2. Menjadwalkan Posting-an

Alasan penting lainnya untuk menggunakan Hootsuite adalah memungkinkan Anda untuk bisa menjadwalkan pesan di semua platform media sosial. Hal ini dapat membantu Anda membuat strategi media sosial yang solid, seperti menempatkan waktu yang tepat di jam tertentu sehingga akan membuat pengikut untuk selalu memperhatikan konten tersebut. Cukup pilih waktu yang sesuai untuk kebutuhan pemasaran Anda.

3. Memudahkan untuk Melihat Analisis Data 

Fitur analitik Hootsuite dapat memberikan gambaran mendalam tentang seberapa baik strategi media sosial Anda bekerja. Alat ini dapat melacak 'klik' pada setiap platform favorit Anda melalui rangkaian bagan yang mudah untuk dibaca.

Selain itu, Hootsuite juga menyediakan fitur pemantauan dan pelaporan ekstensif lainnya untuk bisa membuat laporan yang terlihat profesional mengenai perkembangan media sosial bisnis Anda.

4. Membagikan Informasi dengan Mudah

Hootlet adalah bookmark plug-in hebat yang membantu Anda bisa berbagi konten dengan pengikut media sosial. Plug-in yang dibuat khusus untuk Hootsuite ini berada di bagian atas browser toolbar. Saat Anda menemukan sesuatu yang ingin dibagikan di media sosial, cukup klik tombol Hootlet.  Hootlet hanyalah salah satu dari banyak plug-in yang membuat Hootsuite menjadi alat pemasaran digital yang berharga.

Halaman:

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Patrick Trusto Jati Wibowo
Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: