Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kisah Perusahaan Raksasa: Lahir buat Benahi Kesalahan Leluhurnya, Pamor Valero Energy Malah Menanjak

        Kisah Perusahaan Raksasa: Lahir buat Benahi Kesalahan Leluhurnya, Pamor Valero Energy Malah Menanjak Kredit Foto: Reuters/Mike Blake
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Valero Energy Corporation merupakan salah satu perusahaan minyak dan gas terkemuka di Amerika Serikat. Meskipun dilabeli perusahaan minyak, Valero tidak melakukan pengeboran melainkan sebagian besar kegiatannya difokuskan pada usaha pengolahan dan penyulingan untuk menghasilkan produk jadi. 

        Produk yang dihasilkan Valero meliputi bensin, solar, avtur, aspal, petrokimia. Bisnis lainnya seperti biofuel etanol dan fermentasi pati jagung dengan ragi. Semua produknya ini dijual di pasar atau langsung ke konsumen melalui ribuan gerai ritelnya di AS.

        Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Gejolak Perang Justru Lahirkan Prudential yang Bisnisnya Kian Merajalela

        Yang menarik, awalnya Valero didirikan sebagai korporasi jaringan pipa gas alam pada 1980. Dalam upaya memperluas jaringan bisnisnya, ia membeli perusahaan penyulingan minyak dan setelahnya langsung mendirikan pabrik penyulingan minak. 

        Perusahaan kemudian menjual properti gas alamnya kepada persekutuan terbatas untuk menjaga stabilitas keuangan dan berkonsentrasi pada kegiatan penyulingan. Kondisi dalam industri perminyakan membalas pertaruhan ini, dan Valero berkembang pesat pada akhir 1980-an dan awal 1990-an. Dari sana, Valero pada awal abad ke-21 sebagian besar direkayasa melalui akuisisi. 

        Setahun ke belakang, Valero menghadapi lingkungan yang menantang untuk bisnis penyulingan. Pendapatan bersihnya turun 17 persen dari tahun ke tahun menjadi 2,8 miliar dolar As. Padahal ini terjadi ketika pemanfaatan kilang minyak berada pada 96 persen. 

        Secara keseluruhan pada 2019, kondisi keuangan Valero disebut agak stabil. Pendapatannya mencapai 111,40 miliar dolar atau naik 26 persen. Tapi sebaliknya, keuntungannya justru turun 23,2 persen menjadi 3,12 miliar. 

        Setahun berikutnya atau 2020, penurunan pendapatan sebesar 7,8 persen cukup berdampak untuk Valero. Selebihnya yang paling buruk adalah laba yang bisa dicatatkan hanya 2,42 miliar dolar, terperosok sedalam 22,4 persen dari tahun sebelumnya.

        Perusahaan yang sudah berdiri sejak dekade 1980-an ini punya kekuatan cukup besar karena bisa duduk nyaman dalam Fortune Global 500 di nomor 81. Berikut ini Warta Ekonomi sajikan ulasan ringkas tentang perusahaan raksasa yang bergerak dalam bidang minyak ini, pada Kamis (19/11/2020).

        Valero didirikan oleh Texas Railroad commission. Tujuannya antara lain memperbaiki kesalahan dari salah satu anak perusahaan dan pendahulu Valero yaitu Coastal States Gas Corporation, Lo-Vaca Gathering Company.

        Sang pimpinan utama Coastal, Oscar S. Wyatt Jr. pada 1960-an menandatangani kontrak menyalurkan gas ke banyak pelanggan, termasuk beberapa kota besar di Texas, dengan harga rendah. 

        Tetapi pada 1972-1973, harga gas dunia meningkat drastis. Akhirnya perusahaan tak dapat memenuhi kontraknya. 

        Setiap gas baru yang ditemukan akan dijual ke Valero dengan harga 15 persen dibawah harga pasaran. Valero juga mendapat potongan 110 juta dolar dari saham Coastal.

        Pada saat kelahirannya, Valero akhirnya menjadi perusahaan dengan jalur pipa terbesar di Texas. Jalur transmisinya memiliki panjang 8.000 mil, sedangkan asetnya senilai 700 juta dolar. Pendapatan awalnya telah mencapai 1 miliar dolar. 

        Selain itu, Valero memiliki hak untuk membebankan pelanggan sepuluh sen per juta kaki kubik (mcf) atas biaya gasnya di tahun pertama, dan 15 sen di atas mcf di tahun kedua, menjamin perusahaan untung setidaknya 23 juta dolar. Saham Valero dijadwalkan akan dicatatkan di Bursa Efek New York tak lama setelah pelantikan resminya.

        Untuk memisahkan diri dari perusahaan induknya, Valero memilih untuk menempatkan kantor pusatnya di San Antonio. Kota ini merupakan pelanggan terbesar perusahaan dan merupakan pos terdepan 200 mil dari rumah Coastal di Houston. 

        Nama perusahaan diambil dari Misi San Antonio de Valero, nama asli Alamo. Sebagai presidennya, perusahaan memilih Bill Greehey, yang sebelumnya adalah ketua Lo-Vaca yang ditunjuk pengadilan. Greehey telah berperan dalam menegosiasikan penyelesaian di luar pengadilan yang menghasilkan formasi Valero.

        Pada tahun pertama keberadaannya, Valero bergerak cepat untuk memperkuat posisinya dan berekspansi ke bidang industrinya yang tidak diatur. Perusahaan memanfaatkan pasokan gas baru, menandatangani kontrak di Meksiko dan Texas, dan juga menambah fasilitas penyimpanan baru. 

        Mengumumkan bahwa mereka akan menghabiskan 14 juta dolar untuk mengembangkan produksi cairan gas alam —yang pada saat itu dijual dengan harga tinggi— perusahaan berencana membangun fasilitas pemrosesan senilai 10,2 juta dolar dan membangun pipa sepanjang 25 mil. Valero juga menghabiskan 4 juta dolar untuk pergerakan tentatif ke dalam eksplorasi gas dan bisnis pengeboran.

        Valero melakukan investasi paling signifikan di akhir tahun 1980 ketika membeli setengah kepemilikan di Sabre Energy Inc, pemasar kecil bensin, seharga 51 juta dolar. Dengan mitra barunya, Valero berencana untuk mengubah operasi produksi bensin kecil Saber di Corpus Christi, Texas, menjadi kilang khusus yang canggih.

        Pada tahun 1981 Valero memulai pembangunan fasilitas penyulingan baru, yang dijadwalkan menelan biaya 100 juta dolar. Selain itu, perusahaan mengubah operasi eksplorasi dan produksi yang agak tidak efektif, bergerak agresif untuk memulai dan membuka kantor regional di Midland dan Houston, Texas; Denver, Colorado; dan New Orleans, Louisiana. Pada akhir tahun fiskal, laba bersih Valero meningkat menjadi 97,3 juta dolar, meningkat lebih dari 50 persen dari tahun sebelumnya.

        Dalam upaya barunya, Valero meraih kesuksesan yang beragam. Meskipun perusahaan telah menghabiskan 100 juta dolar untuk eksplorasi, mereka belum mendapatkan keuntungan dari upaya ini. Bisnis cairan gas alam Valeroterbukti makmur. 

        Perusahaan telah meningkatkan kemampuan cairan gasnya sebesar 50 persen, membangun delapan pabrik dengan biaya 150 juta untuk menimbun etana, butana, dan propana, dan fasilitas ini memberikan kontribusi yang signifikan terhadap keuntungan Valero. "Jika bukan karena cairan gas, kami akan mendapat masalah," kata Greehey kepada Business Week tahun 1983,

        Masalah terbesar terbukti adalah investasi besar Valero di kilang bensin Sabre. Dua tahun proyek berjalan, perkiraan biaya mencapai 617 juta dolar, jumlah terbesar yang pernah dikeluarkan per barel minyak di kilang. Valero telah mengambil utang 550 juta dolar untuk membiayai konstruksi, dan pada tahun 1983 proyek tersebut terlambat dari jadwal. 

        Karena mengalami kesulitan dalam memenuhi standar polusi udara federal, perusahaan tersebut terpaksa berulang kali menunda dimulainya fasilitas sepenuhnya. Selain itu, ekonomi kilang telah bergeser secara signifikan sejak dimulainya proyek. Ketika Valero mulai keluar, residu sangat murah, sementara bensin, produk olahan, dijual dengan harga yang relatif tinggi. 

        Ini membenarkan pengeluaran besar untuk mengubah satu menjadi yang lain. Namun, pada tahun 1983, biaya bahan baku Valero telah meningkat, dan kelebihan pasokan bensin telah mendorong harga produk akhirnya turun, secara dramatis mengurangi potensi keuntungan kilang.

        Biaya bahan mentah untuk kilang Valero semakin meningkat pada tahun 1984 ketika Inggris Raya mengalami serangan batubara. Karena tidak dapat menggunakan batu bara sebagai bahan bakar, industri Inggris beralih ke residu, mendorong permintaan dan biaya bahan baku Valero ke ketinggian yang tidak terduga, yang terkadang melebihi biaya minyak mentah langsung. Sebagai akibat dari nasib buruk ini, kilang Sabre Valero masih belum memperoleh keuntungan pada pertengahan tahun 1984.

        Dalam upaya menopang kondisi keuangannya, pada Februari 1985, Valero mengadakan perjanjian dengan Techniques d'Avant Garde Group SA, yang dikenal sebagai TAG, sebuah perusahaan induk yang dikendalikan oleh Akkram Ojjeh dari Arab Saudi. TAG menginvestasikan 15 juta dolar di Valero sebagai bagian dari kesepakatan bahwa investor Saudi akan meningkatkan minatnya di perusahaan menjadi sepertiga jika Valero dapat menemukan sumber bahan baku yang murah untuk penyulingannya.

        Dalam upaya kedua untuk mengumpulkan dana, Valero menjual 50 persen saham dalam sistem pipa Texas Barat ke InterNorth, sebuah perusahaan energi yang berbasis di Omaha, Nebraska. Penjualan tersebut menghasilkan 68 juta dolar bagi perusahaan yang terkepung secara finansial.

        Pada akhir musim semi tahun 1985, kondisi yang lebih menguntungkan dalam industri energi secara keseluruhan mulai mengangkat prospek Valero. Karena biaya produk sampingan minyak mentah turun dan harga bensin naik, kilang Sabre mampu meningkatkan pendapatannya, membukukan keuntungan operasional kecil untuk bulan Maret. 

        Terlepas dari kabar baik ini, perusahaan menghentikan sementara produksi bensin di fasilitas Sabre, melanjutkan operasi pada bulan Juni. Bulan berikutnya, perjanjian Valero dengan TAG, investor Saudi, dibatalkan. Pada akhir tahun 1985 Valero melaporkan kerugian 16,1 juta dolar.

        Pada awal 1986 Valero juga menderita kelebihan pasokan gas alam di ladang aslinya. Tidak dapat menjual gas yang telah dikontraknya pada pendiriannya pada tahun 1979 untuk dibeli dari perusahaan induknya, Coastal, Valero menolak untuk memenuhi kontraknya dan pada bulan Januari, dituntut oleh Coastal sebesar 243 juta dolar pada tahap pertama dari sejumlah "take-or-pay" gugatan atas perjanjian pembelian gas yang tidak akan diselesaikan sampai akhir dekade ini.

        Dalam upaya memperkuat posisi keuangannya, Valero merestrukturisasi utangnya sebesar 700 juta dolar pada bulan April 1986 dan keluar dari bisnis batu bara dengan menjual tambang yang dimilikinya di Indiana. Tidak dapat membuat kilang Sabre yang mahal menguntungkan mengingat kondisi pasar minyak dunia, Valero mulai mencari pembeli fasilitas tersebut secara informal. Meskipun dana terkuras oleh kilang yang tidak menguntungkan, namun, peningkatan kinerja dalam operasi pipa Valero memungkinkan perusahaan untuk menyelesaikan tahun dalam kegelapan, membukukan keuntungan sebesar 34,7 juta dolar.

        Dihadapkan pada masalah bisnis gas yang menguntungkan yang membawa kilang yang merugi, Valero secara signifikan merestrukturisasi dirinya sendiri pada awal tahun 1987. Perusahaan ini memisahkan bisnis pipa gas alam dan gas alam cairnya menjadi kemitraan terbatas, Valero Natural Gas Partners LP. Ia akan memegang 49 persen saham. 

        Untuk porsi ini, Valero menyerahkan lebih dari 184 juta dolar dari uangnya sendiri, serta 191 juta dolar yang disumbangkan oleh investor ekuitas publik. Sisa dari pendanaan kemitraan gas dikumpulkan melalui penerbitan wesel senilai $ 550 juta. Selain langkah-langkah ini, Valero menghentikan upayanya untuk menemukan cadangan minyak dan gas, menghentikan kegiatan eksplorasi.

        Dengan uang dari divestasi aset gasnya, Valero mampu mengurangi beban utangnya yang sangat melumpuhkan lebih dari 700 juta dolar, memulihkan neracanya menjadi relatif sehat. Ini berarti, bagaimanapun, bahwa inti dari perusahaan itu adalah penyulingan yang merugi. Valero kehilangan 13,3 juta dolar dalam enam bulan pertama tahun 1987 karena aktivitas penyulingan dan pemasaran bensinnya.

        Mencari keuntungan dari langkah umum menuju bahan bakar yang lebih ramah lingkungan dan pembakaran yang lebih bersih, seperti gas alam dan produk oktan tinggi yang dimurnikan di fasilitas Corpus Christi, Valero terus meningkatkan pabriknya pada tahun 1992. 

        Selain itu, perusahaan mengharapkan bahwa pada tahun 1994 seluruh keluaran bensin mereka akan terdiri dari bensin yang diformulasi ulang. Dengan tujuan untuk ekspansi lebih lanjut, perusahaan memperkuat neracanya dengan membeli kembali saham yang beredar dari penawaran saham lama dan meminta izin untuk mengumpulkan uang untuk ekspansi dengan menerbitkan saham baru. Valero juga membuka kantor di Mexico City, dalam upaya meningkatkan hubungannya dengan pemerintah Meksiko dan membantunya dalam pencarian energi bersih.

        Pada Mei 1994 perusahaan membeli 51 persen dari Valero Natural Gas Partners yang belum dimilikinya dengan harga sekitar 117 juta dolar. Valero mengatakan ingin memperluas bisnis gas bumi, namun struktur kemitraan terbatas menghambat pertumbuhan.

        Akuisisi pertama dari pesta pembelian ini juga terjadi pada tahun 1997. Valero membeli unit penyulingan minyak Basis Petroleum, Inc. dari Salomon Inc. dengan harga tunai dan saham sekitar  485 juta dolar. Basis mengoperasikan tiga kilang di Pantai Teluk AS, dua di Texas, di Texas City dan Houston, dan satu di Louisiana, di Krotz Springs. 

        Setelah kalah dari sesama perusahaan penyulingan San Antonio Tesoro Petroleum Corporation dalam penawaran untuk kilang Shell Oil Company di Anacortes, Washington, Valero berhasil dalam kesepakatan September 1998 yang membuatnya mengakuisisi kilang Mobil Corporation di Paulsboro, New Jersey. Dibeli dengan harga sekitar 328 juta dolar, kilang tersebut terletak sekitar 15 mil selatan Philadelphia di Sungai Delaware dan menghasilkan 155.000 barel per hari, meningkatkan basis penyulingan Valero sebesar 25 persen.

        Pada tahun 2000 perusahaan memperoleh keragaman geografis lebih jauh dengan membeli kilang Exxon Mobil Corporation di Benicia, California, seharga 895 juta dolar. Kilang 165.000 barel per hari, yang terletak di dekat San Francisco, sangat cocok untuk Valero karena dapat memproses minyak mentah berat dan hampir 70 persen dari produksinya adalah bensin dengan pembakaran yang lebih bersih, khususnya bensin yang diformulasi ulang yang dibutuhkan oleh California Dewan Sumber Daya Udara.

        Kesepakatan itu juga menandai masuknya Valero ke pasar ritel karena termasuk sekitar 350 pompa bensin, terutama di California utara. Valero membayangkan bisnis eceran bensin menyediakan penyangga terhadap sektor penyulingan yang lebih tidak stabil. Ini segera memulai debut merek ritel Valero di beberapa stasiun yang diakuisisi.

        Pada Juli 2003 Valero menghabiskan sekitar 549 juta dolar untuk kilang di St. Charles Parish, Louisiana, yang memiliki kapasitas harian 215.000 barel. Dibeli dari Orion Refining Corporation yang bermasalah secara finansial untuk 20 persen dari biaya penggantiannya, kilang ini, yang terletak di dekat Sungai Mississippi, sekali lagi sangat cocok untuk Valero karena dapat memproses minyak mentah asam berat yang lebih murah sambil memenuhi peraturan lingkungan.

        Strategi Valero dalam mendasarkan bahan bakunya sebagian besar pada minyak mentah asam, yang dijual dengan diskon besar untuk minyak mentah manis —diskon tersebut rata-rata lebih dari 11 dolar per barel pada tahun 2004— terbayar besar pada tahun 2003 dan 2004. Setelah membukukan keuntungan sebesar 622 juta dolar dengan pendapatan 37,97 miliar dolar pada tahun sebelumnya, Valero kemudian melipatgandakan keuntungannya hampir tiga kali lipat satu tahun kemudian, menghasilkan 1,8 miliar dolar dari pendapatan 54,62 miliar dolar.

        Pada tahun 2004 perusahaan, setiap hari, mengubah dua juta barel minyak mentah menjadi 40 juta galon bensin, yang merupakan 10 persen dari pasokan AS. Meskipun ada banyak skeptis yang percaya kehancuran industri minyak berikutnya sudah dekat, Greehey tetap cukup optimis, berpendapat bahwa kondisi yang telah menciptakan ledakan tersebut —harga minyak mentah yang tinggi, permintaan yang meningkat untuk produk kilang, dan pemanfaatan kilang di atau mendekati kapasitas— kemungkinan besar akan berlanjut.

        Dia mengatakan kepada San Antonio Express-News pada Juli 2004, "Saya pikir setidaknya untuk empat atau lima tahun ke depan, bisnis penyulingan akan benar-benar menjadi bisnis terbaik." Menggarisbawahi keyakinan ini, dan melambungkannya menjadi pemimpin dalam penyulingan minyak mentah domestik, perusahaan menandatangani kesepakatan pada Mei 2005 untuk mengakuisisi Premcor Inc pada akhir tahun sebesar 3,4 miliar dolar dalam bentuk tunai dan 3,5 miliar dolar dalam bentuk saham.

        Valero kemungkinan akan mengejar akuisisi tambahan aset kilang serta meningkatkan kapasitas sejumlah kilang yang ada di tahun-tahun mendatang.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Muhammad Syahrianto
        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: