Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Apa Itu Organic Marketing?

        Apa Itu Organic Marketing? Kredit Foto: Unsplash/ Scott Graham
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Dunia pemasaran telah berubah secara drastis selama sepuluh tahun terakhir. Teknologi baru telah membuka pintu dalam menjangkau strategi pemasaran kreatif dan biaya per akuisisi klien menjadi lebih rendah secara eksponensial karena lebih banyak platform bersaing untuk mendapatkan perhatian pengguna mereka.

        Organic marketing atau pemasaran organik mengacu pada segala bentuk pemasaran digital yang tidak melibatkan iklan berbayar. Cara ini paling sering dilihat sebagai penggunaan media sosial dan pembuatan konten artikel, tetapi juga mencakup berbagai saluran seperti sharing video, menggunakan influencer, dan SEO.

        Baca Juga: KOL Stories x Denny Santoso: Updating Digital Marketing Strategy in Uncertain Times

        Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan fitur dan manfaat dari pemasaran organik, serta membagikan beberapa informasi praktis tentang bagaimana pemasaran organik dapat digunakan dalam bisnis Anda.

        Organic Marketing, Pemasaran Non-Berbayar

        Strategi pemasaran organik menghasilkan trafik ke bisnis Anda secara alami dari waktu ke waktu, daripada menggunakan iklan berbayar atau postingan bersponsor. Pemasaran organic terdiri dari postingan blog, konten situs, postingan tamu, tweet, dan update Facebook. Selain itu, email sharing juga merupakan pemasaran organik. Begitu pula kampanye konten buatan pengguna yang Anda luncurkan di halaman web.

        Strategi ini tidak akan menghabiskan tagihan belanjaan Anda. Faktanya, menginvestasikan waktu dan energi dalam mengembangkan strategi pemasaran organik adalah salah satu langkah terpenting yang dapat Anda ambil untuk memastikan kesuksesan jangka panjang kehadiran bisnis digital Anda. Strategi ini adalah salah satu cara yang paling efektif dalam membangun audiens dan basis penggemar otentik untuk produk atau layanan Anda. Butuh lebih banyak waktu, konsistensi, dan kesabaran untuk bisa berhasil, tetapi upaya ekstra tersebut sepadan dengan hasil yang didapatkan.

        Definisi pemasaran organik mengacu pada tindakan yang membuat pelanggan datang kepada Anda secara alami dari waktu ke waktu, bukan 'secara artifisial' melalui link berbayar atau postingan berbayar. Cara ini mencakup segala sesuatu yang langsung, naluriah, dan tentunya dengan pengecualian alat pemasaran berbayar.

        Alat pemasaran berbayar, seperti iklan link berbayar, dianggap sebagai pemasaran anorganik. Jika Anda telah mencurahkan seluruh tenaga dan keringat untuk merevisi dan membangun interface pengguna Anda seperti memelihara akun Twitter dan Facebook, membangun daftar email, dan meningkatkan SEO, Anda sudah melakukan pemasaran organik. Sekarang, mari kita lihat lebih dekat mengapa cara ini efektif dan bagaimana Anda dapat melakukannya dengan lebih baik.

        Mengapa Anda Perlu Menggunakan Organic Marketing?

        Strategi pemasaran organik membawa pelanggan ke bisnis Anda secara alami dari waktu ke waktu. Alih-alih langsung beriklan ke target audiens, Anda dapat menarik mereka dengan memberikan informasi yang mereka cari. Proses ini juga dikenal sebagai inbound marketing atau pemasaran konten.

        Dengan demikian, tidak ada jalur cepat menuju hasil yang optimal. Menerapkan strategi pemasaran organik tidak akan meningkatkan trafik web Anda dalam semalam. Faktanya, perlu waktu berbulan-bulan atau bertahun-tahun untuk melihat hasil yang Anda cari.

        Pemasaran organik yang efektif menciptakan sumber trafik permanen ke situs web Anda. Sumber ini dapat berupa halaman dan postingan blog yang dapat ditemukan melalui pencarian, postingan tamu, pembaruan media sosial yang menautkan kembali ke situs web Anda, dan masih banyak lagi.

        Jenis-Jenis Organik Marketing

        Platform yang paling tepat untuk bisnis Anda sangat bergantung pada target pasar Anda dan produk atau layanan yang dijual. Platform di bawah ini adalah yang paling dikenal luas dan paling mungkin digunakan dalam strategi pemasaran organik Anda.

        Facebook

        Sebagai jejaring sosial terbesar, Facebook menawarkan berbagai kemudahan bagi pemasar untuk terhubung dengan pelanggan mereka tanpa iklan berbayar. Selain memiliki halaman bisnis, pemilik bisnis dapat bergabung dengan grup untuk terhubung dengan orang lain yang berada di segmennya, membuat grup untuk membangun otoritas sebagai ahli bisnis, membeli dan menjual langsung di marketplace, dan mengelola event tanpa mengeluarkan biaya.

        Pemasaran organik di Facebook dapat didukung oleh iklan Facebook berbayar sehingga dapat meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran apapun.

        Instagram

        Sebagai media sosial favorit generasi muda, Instagram adalah platform berbasis gambar yang dirancang untuk mengunggah konten cuplikan cepat atau Instastory. Cara ini umumnya dapat berjalan efektif untuk brand dengan segmen tertentu, dan dapat digunakan untuk membangun follower yang tertarik dengan bisnis Anda.

        Pinterest

        Pinterest adalah platform berbasis gambar lainnya. Pinterest membantu pengguna untuk mengumpulkan inspirasi mereka ke dalam postingan yang dapat dirujuk kembali di masa mendatang. Saat ini, Pinterest memiliki tingkat konversi tertinggi dari semua media sosial dan sangat bagus untuk bisnis yang sangat visual seperti desain interior dan mode.

        Baca Juga: Mengenal Dasar-Dasar Off-Page SEO

        LinkedIn

        Sebagai platform media sosial profesional, LinkedIn dirancang untuk memperluas jaringan bisnis. Alih-alih menggunakan konten cuplikan cepat, pengguna LinkedIn lebih suka konten berbentuk panjang atau gaya berita yang memecahkan masalah atau membahas masalah secara rinci. Sejauh ini, LinkedIn adalah platform yang paling tepat untuk terhubung dengan para pebisnis dan berbagi konten B2B.

        Snapchat

        Saat ini mungkin Snapchat menjadi kurang populer di kalangan umum. Namun, Snapchat membantu pengguna untuk berbagi video dan foto pendek dengan pengikut profil mereka. Snapchat sangat direkomendasikan untuk produk yang ditargetkan kepada Generasi Z dan yang lebih muda, serta dapat digunakan untuk membangun brand awareness.

        PR Digital

        Berkaitan erat dengan pemasaran konten, PR digital melibatkan hubungan dengan blogger dan editor publikasi online tepercaya serta meminta mereka untuk membagikan konten bisnis Anda di situs mereka. PR digital terkadang membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk menerima satu backlink, tetapi jika publikasinya dapat dipercaya, kampanye PR digital dapat menyebabkan pertumbuhan secara besar-besaran.

        Youtube

        Meskipun sekilas platform ini hanya berfungsi sebagai saluran konten, YouTube adalah mesin pencari paling kuat kedua setelah Google. YouTube menawarkan kesempatan untuk membagikan konten video yang berkaitan langsung dengan bisnis Anda dan membantu calon pelanggan untuk mengenal bisnis Anda secara pribadi sebelum mereka membuat keputusan pembelian. Platform ini sangat baik untuk bisnis layanan berbasis pengetahuan seperti tutorial atau pelatihan bisnis.

        Blogging

        Blog dapat menjadi situs web mandiri yang dirancang untuk mengarahkan orang-orang ke produk dan layanan Anda, atau hanya sekadar menjadi bagian di situs web Anda. Konten yang terdapat di blog harus bisa memberikan informasi berguna tentang masalah yang sedang dihadapi konsumen Anda, atau sebagai alternatif konten hiburan yang mengarahkan pengunjung ke situs Anda. Konten blog atau artikel berita juga bagus untuk SEO karena dapat meningkatkan peringkat kata kunci.

        SEO

        Pengoptimalan mesin pencarian (SEO) juga masih menjadi bagian dalam pemasaran organik dan merupakan proses penyesuaian situs web Anda agar dapat ditemukan oleh mesin pencari. Algoritma Google sangat kompleks dan terus berubah, jadi strategi SEO harus bisa mencakup pengoptimalan situs web secara teknis serta pemasaran konten, dan bahkan beberapa hal terkait media sosial.

        Strategi dalam Melakukan Organic Marketing

        Pikirkan kembali, strategi pemasaran organik meyakinkan mesin pencari bahwa situs web Anda relevan dengan apa yang dicari audiens Anda. Inilah mengapa strategi semacam itu membutuhkan waktu yang cukup lama.

        Ingat, Anda juga perlu mencoba membangun sumber trafik permanen yang akan membantu mengubah pengguna menjadi klien potensial. Berikut adalah sumber trafik tersebut:

        • Konten dan aset yang dihosting di situs Anda. Idealnya, ini akan mengisi hasil mesin pencari ketika pengguna mencari istilah yang berkaitan sehingga membawa trafik sesuai keinginan Anda;

        • Postingan tamu. Konten yang ada di situs influencer atau yang berkaitan dengan industri adalah cara lain untuk menampilkan konten Anda kepada audiens yang lebih luas. Pastikan untuk menautkan kembali ke konten Anda;

        • Postingan media sosial. Tweet atau kiriman LinkedIn dengan link yang mengarah ke situs web Anda akan tetap tayang tanpa batas waktu sehingga membawa trafik baru ke situs Anda.

        Baca Juga: Apa Itu Categories dan Tag Pages SEO?

        Sekali lagi, satu postingan saja tidak akan banyak membantu meningkatkan trafik Anda. Pemasaran organik dapat bekerja dengan mengembangkan pekerjaan yang telah Anda lakukan sebelumnya. Ini adalah serangkaian upaya pemasaran berkelanjutan.

        Uang yang Anda investasikan di bulan pertama terus mendatangkan pelanggan di tahun-tahun mendatang. Anda mungkin hanya melihat peningkatan trafik yang sangat kecil pada awalnya, tetapi pengeluaran Anda akan menurun seiring dengan peningkatan trafik dari waktu ke waktu.

        Jadi, mari kita mulai membuat strategi baru Anda:

        Analisis kebiasaan trafik target audiens bisnis Anda

        Bagaimana target pasar Anda menemukan bisnis seperti milik Anda? Mungkin mereka mengandalkan situs ulasan, membaca publikasi industri, atau menelusuri "Apa yang saya perlukan untuk menyelesaikan masalah …?" Mungkin mereka mengikuti influencer media sosial atau melacak hashtag, mencari solusi baru yang lebih baik daripada yang sudah mereka miliki.

        Setelah Anda dapat menjawab pertanyaan ini, Anda harus mengunggah postingan jenis konten yang mereka cari.

        Bangun perpustakaan konten situs web Anda

        Pastikan untuk tidak mengabaikan situs web Anda demi membangun link eksternal. Lagi pula, orang-orang yang akan meng-klik link ini berharap untuk menemukan informasi berkualitas dan mereka akan kecewa jika tidak bisa menemukannya. Memiliki situs dengan sedikit atau tanpa konten sama sekali akan memotong penjualan Anda secara signifikan.

        Variasi adalah kata kunci, jadi tidak perlu terpaku pada satu jenis konten saja. Entri blog itu penting, tetapi jangan lupakan hal lainnya seperti video, infografis, dan aset yang dapat diunduh seperti e-Book.

        Optimalkan situs web Anda untuk pencarian organik

        Pengoptimalan mesin telusur dapat membantu seluruh aspek di situs web Anda, tidak hanya konten, tetapi juga peringkat yang lebih tinggi dan lebih sering muncul pada halaman pencarian sehingga mengarah ke peningkatan trafik organik Anda. Meskipun penerapan SEO itu rumit dan terus berubah seiring berjalannya waktu, berikut adalah beberapa tips singkat untuk Anda lakukan:

        • Pastikan setiap halaman memiliki metadata: Ini akan membantu mesin pencari memahami tentang apa yang ada di situs web Anda. Anda juga perlu memasukkan tag judul dengan kata kunci Anda yang paling relevan, tag gambar dengan atribut alt, dan deskripsi halaman.

        • Desain dengan mempertimbangkan telepon seluler: Google sekarang memberi peringkat kepada situs web berdasarkan seberapa baik mereka bisa dioptimalisasi di ponsel cerdas dan tablet.

        Gunakan pemasaran media sosial untuk meningkatkan jangkauan organik Anda

        Jika Anda memiliki aset konten yang bagus di situs web yang menurut Anda akan membantu meningkatkan trafik, bagikan di media sosial. Bahkan jika Anda menggunakan platform penjadwalan berbayar seperti Buffer atau Hootsuite, itu dihitung sebagai kampanye organik selama Anda tidak membayar platform media sosial untuk mempromosikan kiriman itu sendiri.

        Untuk itu, berikut adalah beberapa cara tercepat dalam menggunakan media sosial untuk mendapatkan trafik organik:

        Pilihan platform: Di mana audiens target Anda dan situs media sosial mana yang menghasilkan trafik terbanyak? Meskipun LinkedIn adalah suatu keharusan bagi organisasi B2B, Facebook, Twitter, dan Instagram juga memiliki manfaat serupa.

        Jenis postingan: Peningkatan keterlibatan itu bagus, tetapi trafik adalah hal yang Anda perlukan saat ini. Untuk itu, Anda perlu menentukan jenis postingan terbaik untuk membawa pembaca ke situs web Anda.

        Link: Saat ini Anda mencoba untuk meningkatkan trafik dan menghasilkan pendapatan, jadi pastikan postingan media sosial Anda ditautkan kembali ke situs web Anda. Cara sederhana untuk melakukannya adalah dengan menautkan setiap postingan blog baru di platform sosial Anda.

        Jadwal: Jam berapa saja pengguna aktif di media sosial? Jadwalkan postingan Anda dengan sesuai untuk peningkatan lalu lintas.

        Juga, jangan melakukan pemasaran berbayar tanpa melakukan pemasaran organik. Jika pelanggan meng-klik iklan berbayar ke situs Anda, tetapi menemukan konten yang kurang berkualitas, mereka akan pergi dan investasi yang Anda keluarkan akan menjadi sia-sia.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Patrick Trusto Jati Wibowo
        Editor: Puri Mei Setyaningrum

        Bagikan Artikel: