Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kisah Perusahaan Raksasa: COFCO, BUMN Konglomerat Ekspor-Impor China Berharta USD72 Miliar

        Kisah Perusahaan Raksasa: COFCO, BUMN Konglomerat Ekspor-Impor China Berharta USD72 Miliar Kredit Foto: Getty Images
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        COFCO atau China National Cereals, Oils, and Foodstuffs Import and Export Corporation adalah salah satu perusahaan induk impor dan ekspor bahan makanan milik pemerintah China. Badan usaha milik negara ini mengirimkan beras dan biji-bijian; minyak nabati, gula; buah-buahan dan sayur mayur, serta bir. 

        COFCO adalah salah satu perusahaan raksasa dunia di peringkat ke-136 berdasar pada Fortune Global 500 tahun 2020. Konglomerat ini terus mendiversifikasi bisnisnya, sehingga menjadi salah satu korporasi terkemuka dunia. 

        Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Munich Re Group, Asuransi Asal Jerman Pesaing Allianz

        Total pendapatan COFCO mencapai 72,14 miliar dolar AS, dengan kenaikan 1,3 persen setahun. Keuntungannya pun ikut melonjak ke angka 414,3 juta dolar, yang naik 22,6 persen.

        Mengingat optimisme perusahaan terus tumbuh, aset yang dimiliki COFCO pun kini berada di angka 85,84 miliar dolar. Sementara itu, ekuitas pemegang saham perusahaan ini memiliki nilai 12,49 miliar dolar. 

        Sebagai salah satu badan usaha milik negara China, perjalanannya cukup menarik untuk diulas. Lebih lanjut, berikut Warta Ekonomi sajikan pada Senin (1/3/2021), kisah perusahaan raksasa COFCO dalam artikel sebagai berikut. 

        Asal-usul COFCO dimulai dari tahun-tahun awal revolusi Komunis China. Pemerintahan baru yang dikendalikan sejak 1952 mengambil kendali atas sektor pertanian negara itu, terutama ekspor bahan makanan. Tidak cuma itu, pemerintah mengatur sejumlah badan khusus milik negara meliputi China Oils Export Corporation, China Foodstuffs Export Corpation, dan China Cereals Export Corporation.

        Selama tahun 1960-an, pemerintah mulai menggabungkan badan-badan milik negara menjadi satu operasi terpusat. Proses ini dimulai dengan pembentukan China China Cereals and Oils Export Corporation yang kemudian digabungkan dengan China Food-stuffs Export Corporation tahun 1961 untuk membentuk China Cereals Oils and Foodstuffs Import & Export Corporation. Perubahan fokus perusahaan mencerminkan ketergantungan negara yang semakin meningkat pada impor bahan makanan untuk memberi makan populasinya yang terus bertambah.

        Pada tahun 1965, kegiatan ini dikelompokkan bersama di bawah satu badan, China National Cereals Oils and Foodstuffs Import & Export Corporation, atau COFCO. Perusahaan menjadi komponen penting dari pemerintah Cina, dan terutama selama masa sulitnya era Reformasi Besar.

        Pada awal 1980-an, pemerintahan baru China telah memulai era baru di China. Secara bertahap, langkah membuka kembali negara itu untuk reformasi modal, serta investasi dan operasi asing dilakukan. COFCO menjadi peserta awal dalam gerakan ini.

        Memasuki paruh kedua dekade 1980-an, COFCO mulai mempersiapkan transformasinya dari perdagangan milik negara agen ke perusahaan penuh. Proses tersebut selesai pada tahun 1988, ketika COFCO, meskipun masih dimiliki oleh pemerintah China, mengadopsi struktur perusahaan.

        Pada awal 1990-an, COFCO melakukan restrukturisasi operasinya. Mereka mengembangkan dirinya kembali menjadi jaringan anak perusahaan dan kantor cabang yang beroperasi secara nasional.

        Yang tak kalah penting, perusahaan juga mendorong reformasi di sektor pertanian, melembagakan teknik produksi modern. Raksasa China itu meningkatkan kualitas biji-bijian serta produk lainnya untuk mendukung upaya pasar ekspornya di masa mendatang.

        Strategi diversivikasi perusahaan diprakarsai oleh Zhou Mingseng tahun 1992. Ia selaku direktur pelaksana berupaya menargetkan beberapa sektor untuk ekspansi. 

        Shenzhen Le Conte Foodstuff Corporatin didirikan tahun 1991. Perusahaan ini memproduksi cokelat premium gaya Eropa. Pada gilirannya, Le Conte adalah merek cokelat terkemuka di China. 

        Pelebaran sayap bisnisnya juga dilanjutkan. COFCO mengembangkan produksi permen di tahun 200, dan makanan ringan pada 2003. 

        COFCO berkembang ke Hong Kong pada awal 1990-an. Perusahaan kemudian membeli Top Spring Development, Top Glory International Group Company, Eastbay Oils and Fats Industries, dan China Great Wall Wine Company. 

        COFCO sendiri kemudian melantai di Bursa Efek Hong Kong pada 1999. Ia mulai mengembangkan sayap baru untuk operasinya yang beragam. Untuk upaya ini, perusahaan mencari inspirasi dari General Electric (GE). 

        COFCO sendiri mulai mengembangkan sayap keuangan, dimulai pada tahun 1993 dengan mengakuisisi bisnis asuransi yang berbasis di Selandia Baru, yang berganti nama menjadi Peng Li Insurance. Pada 1994, perusahaan mendirikan dua anak perusahaan baru, COFCO Capital Corporation, yang berbasis di Amerika Serikat, dan Ceroilfood Finance Limited yang berbasis di Hong Kong.

        COFCO menargetkan pasar asuransi daratan untuk ekspansi sektor keuangan berikutnya, setelah pemerintah China mulai mengizinkan aktivitas perantara asuransi pada tahun 2000. Untuk upaya ini, perusahaan bekerja sama dengan mitra asing, yang ingin sekali masuk ke pasar China yang luas.

        Mengembangkan sayap keuangannya menjadi bagian penting dari strategi pertumbuhan COFCO. "Semua 50 perusahaan multinasional teratas di dunia memiliki bisnis di sektor keuangan, yang memberi kami insentif yang baik untuk menempatkan lebih banyak sumber daya di sektor keuangan yang sedang berkembang ini," kata Zhou, dikutip oleh Business Daily Update. "Merupakan suatu keharusan bagi COFCO untuk meningkatkan kehadirannya di sektor keuangan jika kami ingin mencapai target kami pada tahun 2010 — menggandakan aset bersih kami, yang mencapai 12,1 miliar yuan (1,5 miliar dolar) pada tahun 2001."

        COFCO menambahkan mitra keuangan baru pada akhir tahun 2003, ketika ia menciptakan usaha patungan baru dengan AON Corporation. Ia meluncurkan anak perusahaan asuransi pertamanya di pasar Shanghai.

        Dengan demikian, perusahaan ini terlibat dalam berbagai bisnis manufaktur makanan. COFCO memasuki industri asuransi dan keuangan pada awal 1990-an, dan mengelompokkan operasi ini di bawah divisi Keuangan COFCO. 

        Di bawah direktur pelaksana Zhou Mingchen, perusahaan telah mengadopsi strategi yang menyerukan untuk melipatgandakan ukuran pada tahun 2010 dan untuk itu telah mengadopsi perusahaan terbesar di dunia, General Electric (GE), sebagai model korporatnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Muhammad Syahrianto
        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: