Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Apa Itu Kartu Debit?

        Apa Itu Kartu Debit? Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Kartu debit adalah alat pembayatan sekaligus penarikan uang dari rekening pemilik yang dikeluarkan oleh bank. Kartu debit menghilangkan kebutuhan untuk membawa uang tunai dalam jumlah besar.

        Tidak seperti kartu kredit, kartu debit tidak memungkinkan pengguna untuk berhutang, biasanya memiliki batas pembelian harian, yang berarti tidak mungkin melakukan pembelian yang sangat besar dengan kartu debit.

        Kartu debit memiliki dua tujuan, yaitu: memungkinkan pengguna untuk menarik uang dari rekening baik melalui ATM atau adanya fungsi cash back yang ditawarkan pedagang atas penjualan suatu barang. Selain itu, mereka juga memungkinkan pengguna untuk melakukan pembelian.

        Baca Juga: Apa Itu Kartel?

        Namun, kartu ATM hanya memungkinkan pengguna untuk menarik uang dari ATM. Dan kartu kredit hanya memungkinkan pembelian, bukan penarikan tunai, kecuali pemegang kartu kredit memiliki nomor identifikasi pribadi (PIN) dan mengaktifkan fitur penarikan tunai. Namun, penarikan tunai yang diambil dari kartu kredit akan menimbulkan bunga, tidak seperti penarikan tunai dari rekening giro dengan kartu debit.

        Kartu debit tidak selalu memungkinkan Anda lepas dari biaya sepenuhnya: Jika Anda menarik uang tunai dari ATM yang tidak berafiliasi dengan bank yang menerbitkan kartu debit Anda, Anda mungkin dikenakan biaya.

        Pembelian dengan kartu debit biasanya dapat dilakukan dengan atau tanpa PIN. Beberapa kartu debit menawarkan program hadiah, mirip dengan program hadiah kartu kredit, seperti pengembalian 1% untuk semua pembelian.

        Setiap transaksi yang dilakukan dengan kartu debit atau cek akan muncul di laporan bulanan pemegang rekening, sehingga memudahkan untuk melacak pembelian.

        Manfaat Menggunakan Kartu Debit

        Terhindar dari Utang

        Kartu debit menarik uang yang sudah dimiliki pengguna, hal ini menghilangkan bahaya menumpuk utang. Dengan menggunakan kartu debit, pembelanja impulsif dapat menghindari godaan kredit dan tetap berpegang pada anggaran mereka. Ini dapat membantu Anda terhindar dari hutang berbunga tinggi.

        Perlindungan dari Penipuan

        Selain itu, beberapa kartu debit mulai menawarkan lebih banyak perlindungan yang dinikmati oleh pengguna kartu kredit.

        Kuncinya adalah melaporkan penipuan atau pencurian setelah Anda menyadari itu terjadi. Tanggung jawab Anda atas pembelian curang ditentukan oleh jangka waktu pelaporan tersebut. Menunggu terlalu lama untuk memberi tahu bank bahwa kartu Anda telah digunakan untuk pembelian tidak sah dapat mengakibatkan Anda dianggap bertanggung jawab atas setiap dan semua kerugian.

        Tidak ada biaya tahunan

        Meskipun banyak kartu kredit mengenakan biaya tahunan, kartu debit tidak. Juga tidak ada biaya untuk menarik uang tunai menggunakan kartu debit Anda di ATM bank Anda. Kartu kredit, di sisi lain, dapat mengenakan biaya penarikan tunai ditambah tingkat bunga yang tinggi untuk kenyamanan itu. Namun, Anda dapat membayar biaya lain untuk memelihara rekening koran Anda.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Fajria Anindya Utami
        Editor: Fajria Anindya Utami

        Bagikan Artikel: