Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kisah Perusahaan Raksasa: Dulu Kokoh di Deretan Konglomerat Asuransi, Dai-ichi Kini Makin Buntung!

        Kisah Perusahaan Raksasa: Dulu  Kokoh di Deretan Konglomerat Asuransi, Dai-ichi Kini Makin Buntung! Kredit Foto: European Pressphoto Agency
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Dai-ichi Life Insurance Company Limited adalah perusahaan asuransi jiwa terbesar ketiga di Jepang berdasar pendapatannya. Korporasi yang bermarkas pusat di Tokyo ini menjadi salah satu perusahaan raksasa dunia, menurut Fortune Global 500.

        Di tahun 2020, Fortune mencatat bahwa total pendapatan Dai-ichi Life sebesar 65,43 miliar dolar AS. Dari capaian ini, perusahaan menempati peringkat ke-165 dunia. 

        Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Zat Kimia ChemChina Angkat BUMN Tiongkok Jadi Konglomerat Dunia

        Dalam catatan keuangan lainnya, beberapa aspek Dai-ichi sedikit kurang sehat. Keuntungan perusahaan merosot tajam sebesar 85,3 persen sehingga korporasi asuransi jiwa ini hanya membukukan laba 298,3 miliar dolar. Asetnya tembus di angka 555,30 miliar dolar. Lalu yang terakhir adalah total ekuitas pemegang sahamnya yang mencapai 15,18 miliar dolar.

        Kejayaan Dai-ichi sudah dimulai sejak dekade 1990-an. Ketika tahun 1995 dan 1996, raksasa ini menempati peringkat ke-26 dunia, menurut Fortune. Sayangnya dari hari ke hari, kondisi korporasi ini mulai buntung. Kebuntungan bisa dilihat dari merosotnya peringkat kekayaannya dalam daftar tersebut.

        Meski begitu, perusahaan ini sudah berumur panjang. Berdiri sejak 1902, bagaimana perjalanan Dai-ichi dalam kancah asuransi di Jepang dan bahkan dunia. Berikut artikel ringkas yang diolah Warta Ekonomi pada Kamis (15/4/2021) seperti di bawah ini.

        Pendirian Dai-ichi digagas oleh Tsuneta Yano pada 1902, dengan bentuk awal sebagai perusahaan asuransi jiwa bersama yang pertama di Jepang. Filosofinya yakni "Policyholder First" dengan alasan fondasi utama bertujuan berdiri di sisi nasabah untuk seumur hidup.

        Untuk meletakkan dasar filosofis tersebut, Dai-ichi berulang kali mengikuti perubahan zaman, serta perubahan gaya hidup para nasabah. Yano membangun fondasi Dai-ichi saat ini sebagai presiden dan ketua dari tahun 1915 hingga 1946. Ia menyatakan karakteristik Dai-ichi sejak didirikan sebagai berikut: "Manajemen yang solid, mentalitas yang mengutamakan pelanggan, seleksi ketat dan pembayaran yang murah hati, dan berusaha menjadi yang terbaik daripada yang terbesar."

        Dengan upayanya untuk mengutamakan kenyamanan pelanggan, meningkatkan kredibilitas di antara pelanggan, perusahaan yang pernah menduduki peringkat ke-12 di industrinya pada 1911, membuat kemajuan pesat menjadi yang terbesar kedua pada 1932.

        Keadaan sosial ekonomi berubah drastis karena pecahnya Perang Pasifik. Perusahaan kehilangan banyak karyawan dan kantor serta semua asetnya di wilayah luar negeri. Meskipun perusahaan berjuang untuk membangun kembali dirinya setelah perang, seperti yang diwakili oleh penyitaan Gedung Asuransi Jiwa Bersama Dai-ichi di Hibiya, Tokyo, yang tetap tidak terbakar. Oleh Markas Umum Kekuatan Sekutu (GHQ), ia mengembangkan bisnisnya terus didorong oleh pertumbuhan ekonomi yang tinggi selanjutnya.

        Sejak 1956, ketika buku putih tentang ekonomi menyatakan periode pasca perang berakhir, asuransi jiwa tersebar luas di masyarakat, menunggangi gelombang pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Perusahaan juga mereformasi organisasi penjualannya untuk menanggapi perubahan pasar dan mempromosikan perluasan kebijakan baru yang dijual dengan berfokus pada peningkatan perwakilan penjualan melalui perekrutan sejumlah besar staf, berpusat pada ibu rumah tangga, dan dengan meletakkan dasar-dasar Total Life saat ini. 

        Karena pertumbuhan ekonomi yang tinggi juga mengubah lingkungan sosial ekonomi, kebutuhan akan asuransi jiwa mulai terdiversifikasi. Ini juga didorong oleh naiknya harapan hidup dan tren pertumbuhan keluarga inti. 

        Sehubungan dengan perubahan lingkungan tersebut, perusahaan mengembangkan dan menyediakan produk secara tepat waktu, secara akurat memahami perubahan permintaan dengan cara seperti menjual produk pensiun perusahaan yang baru.

        Untuk pelanggan korporat, perusahaan mengurangi biaya asuransi yang meningkat dengan menggabungkan asuransi berjangka dengan asuransi endowment untuk pelanggan perorangan. Akibatnya, jumlah kebijakan yang berlaku meningkat menjadi 10 triliun yen pada 1970.

        Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: AVIC, BUMN Dirgantara Pencipta Chengdu J-20 Kini Konglomerat Dunia

        Ketika perekonomian Jepang memasuki masa pertumbuhan yang stabil, yakni saat pertumbuhan terlihat secara personal pendapatan di masa sebelumnya menjadi tidak mungkin sementara krisis sistem asuransi sosial memicu kekhawatiran karena peningkatan tunjangan pensiun dan biaya pengobatan yang terkait dengan populasi yang menua dan kebutuhan akan tunjangan seumur hidup, serta persiapan dana dan biaya pengobatan setelah pensiun meningkat di kalangan masyarakat, Dai-ichi mempromosikan diversifikasi produk asuransinya. 

        Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan, mengenai asuransi whole life dengan term rider sebagai salah satu produk andalannya. Maka diluncurkanlah anuitas individu baru dan meningkatkan santunan kesehatan terutama menggunakan rider. Akibatnya, jumlah kebijakan yang berlaku melebihi 100 triliun yen pada 1983.

        Gelembung ekonomi yang disebut-sebut mulai tumbuh pada akhir 1986 mempercepat penjualan produk-produk berjenis tabungan. Imbasnya, meningkatkan harga saham dan tanah, yang meningkatkan total asetperusahaan.

        Namun, pada 1990, harga saham jatuh dan harga tanah juga mengalami penurunan tahun berikutnya. Keadaan ini memaksa banyak perusahaan asuransi jiwa untuk menurunkan dividen pemegang polis mereka.

        Dalam lingkungan ini, Dai-ichi memulai sistem perwakilan penjualan baru yang lebih berfokus pada pembinaan perwakilan penjualan di tahun fiskal 1992 dan beralih ke struktur aset yang lebih tahan terhadap perubahan harga saham dengan mengakumulasi aset pendapatan tetap seperti obligasi dan pinjaman di portofolio. Namun demikian, karena tidak dapat melepaskan diri dari dampak penurunan ekonomi yang cepat, jumlah kebijakan baru Perusahaan berubah menjadi tren penurunan pada tahun fiskal 1992, dan jumlah kebijakan yang berlaku terjadi pada tahun fiskal 1997. 

        Dalam keadaan seperti itu, perusahaan menetapkan sebuah konsep, dari Total Life Plan. Praktinya seperti ada tawaran memberikan ketenangan pikiran kepada pelanggan sepanjang hidup mereka. Perusahaan telah berfokus pada pengembangan sumber daya manusia dengan kemampuan konsultasi tingkat lanjut, peluncuran produk baru, dan tindak lanjut dengan pemegang polis yang ada, untuk mempromosikan Total Life Plan.

        Perusahaan, yang telah bekerja untuk membangun kerangka kerja untuk mempromosikan Total Life Plan, dengan mengutamakan perspektif pelanggan dalam menanggapi perubahan lingkungan operasi.

        Dai-ichi melakukannya sambil berusaha untuk meningkatkan kualitas manajemennya, menerima Penghargaan Kualitas Jepang pada 2001 untuk pertama kalinya dalam sejarah industri keuangan dan asuransi dengan alasan bahwa prinsip Total Life Plan yang didasarkan pada filosofi manajemen Customer First sangat dihargai.

        Di tengah tren deregulasi keuangan, lingkungan di sekitar bisnis asuransi jiwa juga mengalami perubahan besar. Deregulasi berkembang lebih jauh di bawah Undang-Undang Bisnis Asuransi baru yang diberlakukan pada 1996 dan Undang-Undang Reformasi Sistem Keuangan yang diberlakukan pada 1998, dan persaingan dan liberalisasi berkembang melintasi batas-batas sektoral dalam industri keuangan.

        Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Sempat Naik, Bank of Communications Kini Sedikit Kehilangan Cuannya

        Ketika gerakan menuju aliansi dan integrasi menjadi aktif, Perusahaan membentuk aliansi dengan The Industrial Bank of Japan (sekarang Mizuho Financial Group Inc) pada 1998 dan dengan Yasuda Fire and Marine Insurance (sekarang Sompo Japan Insurance Inc) dan American Family Life Assurance Company of Columbus (“AFLAC”) pada 2000 menyediakan produk terbaik terhadap semua risiko.

        Sehubungan dengan pencabutan larangan penjualan produk asuransi di bank (bancassurance), perusahaan mendirikan Dai-ichi Frontier Life, anak perusahaan asuransi jiwa pertama di Jepang yang didirikan oleh sebuah perusahaan asuransi jiwa. Pada 2006 untuk memulai penjualan asuransi jiwa overthe-counter produk termasuk anuitas variabel di bank dan perusahaan sekuritas.

        Pada April 2010, perusahaan yang didirikan sebagai perusahaan mutual pertama di Jepang yang berganti struktur organisasi perusahaan saham nyatanya mampu mengambil strategi bisnis yang lebih fleksibel. Ia juga mengambil langkah pertama untuk lompatan baru ke depan sebagai The Dai-ichi Life Insurance Company Limited. Tujuannya untuk lebih mempromosikannya filosofi manajemen Customer First. 

        Dalam bisnis domestik, sesuai kebutuhan pelanggan diversifikasi, Dai-ichi berencana mengambil langkah-langkah untuk mengembangkan pasar dengan membuat Sompo Japan DIY Life Insurance Co Ltd yang dimiliki sepenuhnya anak perusahaan pada Agustus 2014.

        Dalam bisnis asuransi jiwa di luar negeri, perusahaan berhasil mengakuisisi TOWER Australia Group Limited (sekarang TAL), yang telah menjadi perusahaan asosiasi, yang dimiliki sepenuhnya anak perusahaan pada 2011 dan membuat PT Panin Life (sekarang Panin Dai-ichi Life) dan induknya PT Panin Internasional in Indonesia perusahaan asosiasi pada 2013.

        Pada Juni 2014, Dai-ichi mencapai kesepakatan dasar dengan Protective Life in the United States saat memulai prosedur untuk akuisisi. Dengan ini sebagai batu loncatan, perusahaan berencana untuk memasuki pasar asuransi jiwa AS, menambah posisi korporasi saat ini di Jepang dan Asia-Pasifik.

        Dai-ichi akan terus berlanjut menjadi grup asuransi global sebagai sebuah perusahaan "Thinking People First" di Jepang dan luar negeri dengan secara akurat memahami perubahan dalam lingkungan ekonomi dan struktur sosial dan kebutuhan pelanggan yang lebih beragam.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Muhammad Syahrianto
        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: