Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kemenag Siap Terapkan Laporan Keuangan Berbasis Akrual Tahun 2015

        Warta Ekonomi -

        WE Online, Jakarta - Dalam rangka meningkatkan tata kelola keuangan negara yang baik, bersih, transparan, dan akuntabel, Kementerian Agama (Kemenag) akan menyusun Laporan Keuangan Kementerian Agama Berbasis Akrual (LKKA Akrual) pada tahun 2015.

        Sekretaris Jenderal Kemenag Nur Syam mengatakan penerapan LKKA Akrual ini penting sebagai bentuk pertanggungjawaban pengelolaan keuangan negara, khususnya untuk meningkatkan keandalan penyajian nilai hak dan kewajiban Kementerian Agama.

        "LKKA Akrual akan menyesuaikan dengan international best practice dalam pertanggungjawaban pengelolaan keuangan negara. Selain itu, penerapan LKKA Akrual juga akan menjadikan perhitungan biaya lebih akurat untuk mencapai suatu output tertentu sebagai dasar penilaian kinerja dibandingkan jika hanya berdasarkan basis kas," kata Nur Syam dalam keterangan tulisnya di Jakarta, Jumat (29/8/2014).

        Lebih lanjut, ia mengatakan persiapan atas penerapan laporan keuangan berbasis akrual ini sudah dilakukan oleh Kementerian Agama sejak 2013 yang diawali dengan penandatanganan Deklarasi Implementasi Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Akrual pada tanggal 12 September 2013 oleh Menteri Agama saat itu pada acara Rapat Kerja Nasional Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2013.

        "Dalam deklarasi tersebut ditegaskan kesungguhan Kementerian Agama untuk menerapkan penyusunan Laporan Keuangan berbasis akrual selambat-lambatnya pada Laporan Keuangan 2015 sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010," tambahnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Boyke P. Siregar
        Editor: Cahyo Prayogo

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: