Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kisah Perusahaan Raksasa: Caterpillar, Jawaranya Barang-barang Konstruksi dari Amerika

        Kisah Perusahaan Raksasa: Caterpillar, Jawaranya Barang-barang Konstruksi dari Amerika Kredit Foto: Reuters
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Caterpillar Inc adalah sebuah perusahaan multinasional asal Amerika Serikat yang merancang, mengembangkan, merekasaya, memproduksi, memasarkan, dan menjual permesinan dan mesin. Perusahaan ini merupakan produsen peralatan konstruksi terbesar di dunia. 

        Pada 2020, Caterpillar menempati peringkat ke-204 dalam daftar Fortune Global 500, dengan total pendapatan sebesar 53,80 miliar dolar AS. Sedangkan keuntungannya di tahun itu 6,09 miliar dolar AS berhasil dikantongi Caterpillar. 

        Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Bareng JP Morgan, Morgan Stanley Tumbuh Jadi Perbankan Top Dunia

        Saham perusahaan ini merupakan salah satu komponen dari Dow Jones Industrial Average. Total aset perusahaan tahun 2020 sebesar 78,45 miliar dolar AS.

        Berikut kisahnya dalam perusahaan raksasa seperti yang ditulis oleh Warta Ekonomi, Senin 2/6/2021).

        Perusahaan ini memulai sejarahnya tahun 1925, ketika Holt Manufacturing Company bergabung dengan C.L. Best Tractor Company untuk membentuk Caterpillar Tractor Company yang berkantor pusat di California. 

        Di AS akhir abad ke-19, keluarga Holt memproduksi roda gerobak dengan nama Stockton Wheel Company. Benjamin Holt, si pemilik ide, memecahkan masalah pemanen mekanis yang tidak dapat diandalkan karena membutuhkan waktu lama. Tahun 1886, perusahaan Holt menjual pemanen dengan roda gabungan pertamanya. 

        Pada saat ini, traktor uap dengan cepat menyalip gerobak yang ditarik keledai. Benjamin Holt datang dengan sejumlah produk yang dipatenkan sekitar waktu ini.Yang paling menonjol dari ini adalah crawler pertama yang sukses secara komersial, yang menggunakan trek sayap yang dibaut ke rantai, bukan roda. Pada tahun 1904, ketika mesin itu diresmikan, itu dinamai "ulat". Itu untuk merevolusi industri pertanian.

        Dibutuhkan lebih banyak ruang produksi, sehingga sebuah pabrik –bernama Holt Caterpillar Company dibuka di Peoria, Illinois, dan dikonsolidasikan menjadi Holt Manufacturing Company.

        Ketika abad kedua puluh tiba, ada dua perusahaan yang mengkhususkan diri dalam teknologi traktor, yang telah beralih dari uap ke bensin. Selain Perusahaan Manufaktur Holt, ada C.L. Best Tractor Co, dimulai oleh Daniel Best.

        Ketika para pesaing ini bergabung pada tahun 1925, Caterpillar Tractor Company secara resmi didirikan. Ini akan terbukti memainkan peran penting dalam semua yang menentukan abad ini –perang, pertumbuhan penduduk, ekspansi perkotaan, dan globalisasi.

        Setiap dekade setelahnya, Caterpillar terus berinovasi dan berpartisipasi dalam konstruksi global, program militer, dan upaya kemanusiaan.

        Pada tahun 1928, Caterpillar mengakuisisi Russell Grader Company, yang telah memproduksi Motor Patrol, grader self-propelled pertama, pada tahun 1920-an. Setahun setelahnya penjualan Caterpillar mencapai 52 juta dolar AS. Setelah keruntuhan dunia keuangan, Caterpillar beralih dari penjualan 45 juta dolar AS pada tahun 1930 menjadi 13 juta dolar AS pada tahun 1932, dan perusahaan mengalami kerugian setahun penuh pertama pada tahun terakhir, dengan total 1,6 juta dolar AS.

        Selama Depresi Hebat, Traktor Enam Puluh Diesel diluncurkan. Dalam dekade ini, lini produk Caterpillar berkembang mencakup motor, blade, dan elevator grader, serta set generator listrik dan terasering.

        Perang Dunia II membuat Caterpillar mempercepat produksinya, untuk menyediakan 51.000 traktor tipe track untuk militer AS. Pasukan Sekutu membutuhkan ini untuk pengiriman amunisi dan pasokan, dan juga mengandalkan peralatan Cat lainnya, seperti motor grader dan genset. Untuk memenuhi permintaan, wanita bergabung dengan jalur perakitan, dan perusahaan beroperasi tujuh hari seminggu.

        Pascaperang, Caterpillar menjadi global, dengan anak perusahaan pertama mereka di luar negeri, didirikan di Inggris Raya pada tahun 1950. Pada akhir tahun 50-an, kontraktor di Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air Kariba Gorge, Rhodesia, menggunakan alat berat Caterpillar secara ekstensif.

        Pada tahun 1961, di Jepang, perusahaan patungan antara Caterpillar dan Mitsubishi Heavy Industries Ltd dibentuk, membawa jangkauan Caterpillar ke Asia. Caterpillar Mitsubishi Ltd mulai berproduksi di Sagamihara, dekat Tokyo, pada tahun 1963. Dekade ini juga menandai diperkenalkannya Motor Grader No 16, grader besar pertama Caterpillar.

        Pasar Asia terus mendukung perusahaan lebih jauh, dengan 34 pipelayer Caterpillar dibeli oleh China.

        Resesi mendorong untuk memodernisasi, dan dengan demikian merampingkan, proses manufaktur di pabrik Caterpillar. Caterpillar juga mendiversifikasi penawaran produk mereka, dan ini tercermin dalam perubahan nama perusahaan –menjadi Caterpillar Inc yang lebih inklusif– pada tahun 1986.

        Pada 1986, perusahaan ini direorganisasi sebagai sebuah badan hukum yang didaftarkan di Delaware dengan nama Caterpillar Inc. Pada bulan Januari 2017, perusahaan ini mengumumkan bahwa mereka akan merelokasi kantor pusatnya dari Peoria, Illinois, ke Deerfield, Illinois, dan membatalkan rencananya pada tahun 2015 untuk membangun kompleks kantor pusat baru senilai $800 juta di pusat kota Peoria.

        Mesin dan generator Caterpillar membantu dalam upaya kemanusiaan, termasuk memadamkan sumur minyak yang terbakar di Kuwait (1991), dan membantu setelah Bom Oklahoma (1995). Proyek konstruksi termasuk Proyek Pelebaran Terusan Panama (1995) dan bagian Kanada sepanjang 351 mil dari pipa gas alam Maritimes & Northeast (1999). Perpanjangan produk termasuk grader turbocharged seri H (1995), yang terbesar adalah 24H (1996).

        Pada tahun 2001, Caterpillar membantu setelah peristiwa sejarah tragis yang dikenal sebagai 9/11, memainkan peran kunci dalam upaya penyelamatan dan bantuan. Peralatan Caterpillar juga tersedia untuk operasi pembersihan setelah Tsunami Samudra Hindia 2004.

        Pada tahun 2001, Caterpillar keluar dari bisnis traktor pertanian. Pada bulan November tahun itu, perusahaan memasukkan 6 Sigma ke dalam proses perencanaan strategisnya dan memperkenalkan ratusan pemasok ke sistem.

        Januari 2003 Caterpillar siap meluncurkan jajaran engine ACERT-nya, yang dirancang untuk memenuhi permintaan lingkungan akan pengurangan emisi engine.

        Dengan akuisisi Progress Rail Services pada tahun 2006, Caterpillar memasuki industri perkeretaapian.

        Saat ini Caterpillar terus memproduksi dan mengembangkan produk unggulan, termasuk motor grader. Motor grader Cat dikenal di seluruh dunia karena fitur dan kontrol kabin kelas dunia, serta elektronik dan hidraulik yang canggih.

        Baca Juga: Ngeri! Informan SBY Bukan Orang Sembarangan: Mendengar Langsung dari Mulutnya Presiden, Presiden Hanya Mau Dua Calon

        Penulis: Muhammad Syahrianto
        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: