Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kisah Perusahaan Raksasa: Ketika Vodafone Kesulitan Sejajar dengan Korporasi Telekomunikasi Dunia

        Kisah Perusahaan Raksasa: Ketika Vodafone Kesulitan Sejajar dengan Korporasi Telekomunikasi Dunia Kredit Foto: Getty Images
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Vodafone Group Plc adalah perusahaan telekomunikasi multinasional Inggris, dan satu di antara perusahaan raksasa dunia Fortune Global 500. Vodafone menempati peringkat ke-228 dunia, dengan total pendapatan 49,96 miliar dolar Amerika Serikat (AS). 

        Vodafone adalah gagasan dari Racal Electronics Ltd, sebuah perusahaan elektronik Inggris yang cukup makmur, dan Millicom, sebuah perusahaan komunikasi AS. Kini kondisi finansialnya sedang tidak baik, karena keuntungan merugi -1,02 miliar dolar. Total asetnya di angka 185,45 miliar dolar, dengan total ekuitasnya sebesar 73,79 miliar dolar.

        Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Korea Electric Power, PLN-nya Korsel Warisan Raja-raja

        Berikut artikel ringkas tentang kisah perusahaan yang ditulis Warta Ekonomi, Senin (26/7/2021) dalam tulisan di bawah ini.

        Dikembangkan sebagai usaha patungan selama awal 1980-an, Vodafone diberikan lisensi untuk mengembangkan jaringan seluler di Inggris Raya dan diperkenalkan di bawah naungan Racal pada Januari 1985. Keberhasilan anak perusahaan baru itu menakjubkan. 

        Sektor korporat dengan cepat menghargai keuntungan dari telekomunikasi seluler, dan individu sama-sama cepat mengenali potensi simbol status dari teknologi baru. Itu didorong oleh kebutuhan bisnis dan budaya Yuppie, permintaan akan ponsel melonjak.

        Vodafone menemukan dirinya salah satu dari hanya dua pendatang di Inggris dalam industri baru yang hampir tidak diatur. Anggota lain dari duo oly adalah Cellnet, yang tetap menjadi pesaing utama Vodafone hingga tahun 1990-an. 

        Sepanjang tahun 1980-an perusahaan menciptakan banyak teknologi, dan menikmati sebagian besar keuntungan, dari bidang yang berkembang pesat ini. Sejarah untung dan rugi Racal Telecommunications dari 1985 hingga 1989 secara ringkas menjelaskan masalah ini.

        Pada tahun pembuatannya, Voda fone beroperasi dengan kerugian sebesar 10 juta euro. Pada akhir dekade keuntungan sebelum pajak lebih dari 84 juta euro. Racal segera mengembangkan divisi sekutu, termasuk Vodac, Vodata, dan Vodapage, untuk memperluas jumlah dan jenis layanan yang ditawarkan perusahaan.

        Pada 1988 Racal Telecommunications Group Ltd., sebagai Vodafone dan anak perusahaan terkait secara resmi dikenal, sejauh ini merupakan pemain paling sukses di tim Racal Electronics. Perusahaan induk, karena khawatir Grup Telekomunikasi terhambat di pasar saham oleh status anak perusahaannya, dan berharap, di samping itu, untuk meningkatkan aspek bisnisnya dengan keuntungan dari saham Vodafone, mengusulkan sebagian flotasi anak perusahaan. 

        Millicom, pemegang saham terbesar kedua yang lebih tua, yang melobi untuk penjualan total, menentang langkah tersebut; pada akhirnya, hanya 20 persen dari modal saham Racal Telecom yang ditawarkan di pasar. Namun, tiga tahun kemudian, Racal Electronics mempertimbangkan kembali, dan Racal Telecom dipisahkan dari perusahaan induknya pada tahun 1991, yang pada saat itu namanya diubah menjadi Vodafone Group Ltd.

        Vodafone adalah pemimpin pasar di Inggris sejak awal. Pesaing utamanya, Cellnet, yang dimiliki bersama oleh British Telecom dan Securicor, juga diberikan lisensinya pada tahun 1985 dan tumbuh sama stabilnya dengan Vodafone. Namun, selalu tertinggal satu atau dua langkah, dengan Vodafone umumnya menikmati sekitar 56 persen pasar.

        Di tengah banyak publisitas dan kesibukan pemasaran, Jaringan Komunikasi Pribadi Mercury, yang disebut One-2-One, diluncurkan. Kampanye iklan Mercury memberi pesan tentang biaya yang lebih rendah. Dengan menawarkan harga rendah dan bahkan panggilan lokal gratis di luar jam sibuk, Mercury memaksa dua raksasa telekomunikasi itu ke dalam perang harga, tetapi hanya di London, tempat operasi Mercury dimulai.

        Pada pertengahan 1990-an, terlalu dini untuk menilai konsekuensi masuknya Mercury ke pasar, atau bahkan pendatang baru Hutch. 

        Vodafone Group International adalah komponen grup yang berkembang pesat. Aktif dalam mencari peluang dan mengimplementasikan proyek di luar negeri, Vodafone International tampaknya suatu hari akan sama pentingnya bagi grup seperti Vodafone Ltd. itu sendiri. Pada tahun 1993, perusahaan dianugerahi lisensi di Australia untuk mengoperasikan jaringan telepon seluler digital ketiga di negara itu.

        Pada tahun yang sama, konsorsium di mana Vodafone menjadi anggota menerima lisensi serupa untuk beroperasi di Yunani dan Jerman. Vodafone juga memiliki kepentingan besar di Prancis, Skandinavia, Hong Kong, Fiji, Malta, dan Meksiko.

        Meskipun biaya awal untuk usaha asing jelas tinggi, bidangnya sangat menguntungkan, dan Vodafone terus mencari kemungkinan baru. Analis memperkirakan bahwa Vodafone akan meningkatkan investasinya dengan tujuan mengakuisisi lebih banyak rekanan asing dan, akhirnya, anak perusahaan.

        Pada 1994, Vodafone mengoperasikan salah satu jaringan seluler terbesar di dunia, dengan lebih dari satu juta pelanggan. Ini, dikombinasikan dengan profil internasional perusahaan yang semakin tinggi, menjadikannya taruhan yang aman bahwa Vodafone akan melanjutkan perannya yang menonjol dalam industri telekomunikasi seluler yang berkembang.

        Berkat operasinya yang menguntungkan di dalam negeri, konsep kredit tetap asing bagi Vodafone hingga Juli 1996, ketika Vodafone mencari modal Eropa untuk meningkatkan kepemilikannya di penyedia telepon seluler nomor dua Prancis, SFR. Itu membayar 1,8 miliar frank Prancis (346 juta dolar).

        Pada bulan April 2000, usaha patungan Verizon Wireless dengan Bell Atlantic diluncurkan. Komisi Eropa menyetujui merger Vodafone-Mannesman pada bulan yang sama, menetapkan bahwa perusahaan gabungan menjual unit Orange dan memungkinkan pesaing mengakses jaringan internasional selama tiga tahun. Vodafone juga berencana untuk menjual bisnis otomotif dan teknik lama milik Mannesmann.

        Vodafone menunjukkan pertumbuhan pelanggan yang kuat di semua area. Sahamnya telah meningkat dua kali lipat dalam enam bulan sebelumnya karena investor menangkap potensi grup. Pada Mei 2000, France Telecom SA mengumumkan pembelian Orange seharga £25,1 miliar ($37,4 miliar), menciptakan grup telepon seluler terbesar kedua di Euro dengan 21 juta pelanggan. Sebuah kompetisi agresif terbentang di depan. Satelit komunikasi Globalstar, yang diminati Vodafone, diluncurkan pada bulan yang sama, dan portal Internet Vizzavi yang dikembangkan bersama Vivendi memulai debutnya.

        Paruh pertama tahun 2000-an terbukti mengecewakan pasar telepon seluler global, karena sektor telekomunikasi, dan pasar teknologi tinggi secara umum, mengalami kemerosotan yang berkepanjangan. Potensi protokol telepon seluler berkecepatan tinggi yang baru memicu perang penawaran sengit yang membuat sebagian besar industri menjadi berutang banyak.

        Namun Vodafone, yang telah mempertahankan neraca yang relatif bersih dibandingkan dengan pesaingnya yang berhutang banyak, berhasil menavigasi pasar yang sulit. Memang, antara tahun 2000 dan 2005, perusahaan ini meningkatkan pendapatan globalnya lebih dari lima kali lipat dan lebih dari empat kali lipat basis pelanggan internasionalnya. 

        Pada tahun 2001, Vodafone meningkatkan posisinya di Jepang, memperoleh kendali atas Japan Telecom Co. dan operator selulernya J-Phone Co., pemain nomor tiga di pasar itu. Vodafone juga mengambil alih nomor dua Spanyol, Airtel, yang kemudian berganti nama menjadi Vodafone Spain. Di Irel dan, perusahaan membeli Eircell dalam kesepakatan senilai EUR 4,5 miliar. Pada tahun 2002, basis pelanggan grup sudah mendekati 90 juta, dan pendapatan telah mencapai 34 miliar dolar.

        Perusahaan juga telah meraih posisi nomor satu atau nomor dua di sejumlah pasar inti, termasuk Inggris, Swiss, Prancis, Italia, Belgia, Belanda, dan termasuk posisi nomor satu Verizon di Amerika Serikat. Namun, pertumbuhan perusahaan belum diterjemahkan ke dalam pertumbuhan keuntungan; dalam akta, pada tahun 2002, perusahaan mencatat kerugian sebesar 13,5 miliar euro (36,21 miliar dolar), kerugian tahunan terbesar dalam sejarah Inggris.

        Di tempat lain, kesulitan Vodafone meningkat. Di Jepang, perusahaan tampaknya telah gagal dalam upayanya untuk memposisikan dirinya di pasar 3G di sini. Komitmen Vodafone terhadap standarisasi handset, yang menyebabkan perusahaan meluncurkan lini terbatas handset baru untuk operasi globalnya, gagal memperhitungkan sifat pasar Jepang yang sangat spesifik.

        Ketika pesaing meluncurkan handset mereka sendiri yang sangat bergaya yang menawarkan layanan mutakhir, aplikasi handset Vodafone sendiri terdengar kuno. Pada saat yang sama, jaringan pesaing membanggakan kecepatan unduh hingga delapan kali lebih cepat dari jaringan Vodafone. Hasilnya adalah penurunan pangsa pasar grup, turun menjadi 17,8 persen pada tahun 2005, dan kerugian dalam basis pelanggannya.

        Dengan 165 juta pelanggan dan penjualan lebih dari 31,5 miliar euro (64 miliar dolar), Vodafone adalah pemimpin global langsung di pasar komunikasi seluler pada pertengahan dekade. Perusahaan tetap tertarik pada peluang akuisisi lebih lanjut.

        Beberapa analis menyarankan bahwa, setelah gagal dalam upayanya untuk mengakuisisi AT&T Wireless, Vodafone mungkin malah meluncurkan upaya untuk mengambil alih bisnis gabungan AT&T dan Cingular. Sebagai salah satu perusahaan terbesar di dunia, Vodafon e diharapkan untuk terus menetapkan langkah untuk industri telekomunikasi global. 

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Muhammad Syahrianto
        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: