Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Paling Vokal Bikin China Kelojotan, 3 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Tsai Ing-wen

        Paling Vokal Bikin China Kelojotan, 3 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Tsai Ing-wen Kredit Foto: Reuters/Central News Agency
        Warta Ekonomi, Taipei -

        Presiden Tsai Ing-wen membuat seluruh dunia berfokus padanya setelah menolak mentah-mentah rencana Xi Jinping untuk menyatukan kembali/reunifikasi Taiwan dan China. Sikap tegasnya terkadang membuat seterunya harus berhati-hati ketika mengambil sikap dan rencana.

        "Taiwan tidak akan tunduk pada tekanan dan tidak ada yang bisa memaksanya untuk menerima jalan yang telah ditetapkan China untuk demokrasi yang memerintah sendiri," Tsai mengatakan Minggu (10/10/2021) ketika pulau itu merayakan Hari Nasionalnya di tengah meningkatnya ketegangan dengan Beijing.

        Baca Juga: Dikasih Warning dari China, Tsai Ing-wen Justru Makin Keras: Kita Dilarang Lengah dari China

        Selama pidatonya di depan kantor kepresidenan di ibu kota Taipei, Tsai memperingatkan bahwa Taiwan menghadapi "situasi paling kompleks" dalam 72 tahun terakhir, sejak berakhirnya perang saudara China.

        Pidatonya datang beberapa hari setelah China menerbangkan sejumlah pesawat tempur ke zona pertahanannya dalam peningkatan ketegangan militer yang signifikan. Presiden China Xi Jinping pada Sabtu (9/10/2021) berjanji untuk mengejar apa yang disebut Beijing "penyatuan kembali" dengan Taiwan dengan cara damai.

        "Mereka yang melupakan warisan mereka, mengkhianati tanah air mereka dan berusaha memecah belah negara tidak akan ada gunanya," kata Xi.

        Inilah yang harus Anda ketahui tentang wanita yang membuat sikap itu terdengar di seluruh dunia, melansir TIME, Senin (11/10/2021):

        1. Presiden wanita pertama dalam sejarah Taiwan

        Lahir di Taipei dan menempuh pendidikan di luar negeri, Tsai Ing-wen, sekarang berusia 60 tahun, menjadi Presiden wanita pertama Taiwan pada bulan Mei.

        Dia memenangkan pemilihan umum Januari dengan telak, dengan suara hampir dua kali lebih banyak dari lawan utamanya.

        Tsai berbeda dari sejumlah pemimpin perempuan lainnya di Asia karena dia tidak berasal dari keluarga atau serikat politik; putri seorang montir mobil, dia adalah mantan pengacara yang belum pernah menikah dan tidak memiliki anak.

        Taiwan, yang menggunakan kuota parlemen, membanggakan kepemimpinan paling seimbang gender di Asia: 38% anggota parlemen pulau itu adalah perempuan. (Rata-rata global adalah sekitar 22%.)

        Dia umumnya dipandang sebagai orang yang progresif secara sosial dalam isu-isu domestik, mendukung inisiatif pro-miskin dan pro-perempuan. Dia juga pendukung kesetaraan pernikahan, dan bisa membawa Taiwan menjadi negara Asia pertama yang melegalkan hubungan sesama jenis.

        Baca Juga: Xi Jinping Mulai Bicara Tentang Janji-janji China untuk Taiwan

        2. Belum menandatangani Konsensus 1992 yang mengakui 'satu China'

        Tapi pendiriannya tentang isu-isu sosial bukanlah yang membuatnya kontroversial; itu pandangannya tentang hubungan Taiwan dengan daratan.

        Secara resmi disebut Republik Tiongkok (ROC), Taiwan pada dasarnya berfungsi sebagai negara merdeka, meskipun Beijing memandang pulau itu sebagai provinsi nakal milik Republik Rakyat Tiongkok dan harus direklamasi secara paksa jika perlu.

        ROC adalah warisan kaum nasionalis, atau Kuomintang (KMT), yang diasingkan ke pulau itu setelah kemenangan komunis Mao Zedong dalam perang saudara Tiongkok. Berdasarkan Konsensus 1992 yang dicapai oleh Beijing dan Taipei, yang kemudian diperintah oleh KMT, kedua belah pihak setuju bahwa mereka adalah bagian dari bangsa yang sama, tetapi tidak mengartikulasikan apa implikasinya dan sepakat untuk tidak setuju tentang siapa negara yang secara teoritis bersatu. pemimpin yang sah seharusnya.

        Namun, Partai Progresif Demokratik Tsai tidak menerima Konsensus 1992, dan secara resmi mendukung Taiwan yang sepenuhnya merdeka — meskipun, sejak menjabat, Tsai secara khusus memutar balik retorika pro-kemerdekaan.

        Pada 2015, dia mengatakan kepada TIME bahwa status Taiwan adalah sesuatu yang harus diselesaikan secara demokratis: “Ini adalah keputusan yang harus dibuat oleh orang-orang di sini.”

        Posisi resmi Washington adalah untuk “mengakui” posisi China bahwa Taiwan adalah bagian dari China. Namun, AS juga “mendesak penyelesaian damai perbedaan lintas selat, menentang perubahan sepihak terhadap status quo oleh kedua belah pihak, dan mendorong kedua belah pihak untuk melanjutkan dialog konstruktif mereka atas dasar martabat dan rasa hormat.”

        3. Punya selera humor dan ketertarikan pada kucing

        Tsai adalah pembicara publik yang cerdik yang sering membuat tantangan berani ke Beijing, tetapi dia tidak selalu serius sepanjang waktu.

        Selain sebagai pecinta kucing (kampanyenya sering membagikan foto dirinya menggendong dua temannya, Think Think dan Ah Tsai), dia juga dikenal memiliki selera humor yang unik, terkadang bercanda dengan wartawan tentang profesinya yang kaku.

        Pengguna media sosial telah bersenang-senang dengan gagasan fantastis bahwa panggilan telepon Tsai kepada Presiden terpilih bisa menjadi lelucon, "baik, mari kita lihat apakah dia jatuh untuk itu" tes etiket diplomatik Trump.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: