Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kisah Perusahaan Raksasa: Iberdrola, PLN Terbesar Kedua Spanyol yang Setop Monopoli

        Kisah Perusahaan Raksasa: Iberdrola, PLN Terbesar Kedua Spanyol yang Setop Monopoli Kredit Foto: Reuters/Sergio Perez
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Iberdrola SA adalah utilitas listrik terbesar kedua di Spanyol. Ia adalah salah satu perusahaan raksasa versi Fortune Global 500 dengan total pendapatan (revenue) tahun 2020 mencapai 40,78 miliar dolar AS. 

        Melansir Fortune, catatan finansial Iberdrola dua tahun ke belakang tercatat apik. Di 2019, pendapatan dan keuntungan (profit) perusahaan naik masing-masing 17,5 dan 12,5 persen dengan total angkanya 41,39 dan 3,55 miliar dolar per tahun. Jika dilihat, ternyata pendapatan Iberdrola turun sekitar 1,5 persen dari 2019 ke 2020. Namun demikian, profitnya melaju naik sekitar 7,2 persen tahun itu. 

        Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: ZF, Konglomerat Perekayasa Global Berbagai Produk

        Funding Universe menulis asal-usul perusahan Iberdrola. Pada bulan Juli 1901, insinyur pertambangan Juan Urrutia memimpin sekelompok pengusaha dalam membentuk Hidroeléctrica Ibérica di Bilbao. Perusahaan ini mendapat dukungan finansial yang besar dari Banco de Vizcaya yang baru dibuat dan dibentuk untuk mengeksploitasi kapasitas pembangkit listrik tenaga air dari beberapa sungai di utara industri Spanyol.

        Tiga tahun kemudian pembangkit listrik Martín Galíndez, di Quintana di sungai Ebro, mulai memasok listrik ke Bilbao. Sementara itu, insinyur sipil José Orbegozo, sebagai ketua kelompok pengusaha lain yang berbasis di Bilbao, mendirikan Sociedad General de Transportes Eléctricos dengan tujuan mengembangkan instalasi listrik di sepanjang bentangan internasional sungai Duero. 

        Perusahaan ketiga, Hidroeléctrica Española (Hidrola), didirikan pada Mei 1907 untuk menggemparkan Madrid dan Valencia. Perusahaan baru memiliki hubungan dekat dengan Hidroeléctrica Ibérica, yang menyumbangkan konsesi di tiga sungai tengah Spanyol dan memiliki 44 persen modal Hidrola.

        Dua tahun kemudian pembangkit listrik Salto de Molinar Hidrola beroperasi di sungai Júcar dan terhubung ke Madrid oleh salah satu saluran listrik terbesar dari jenisnya di Eropa pada saat itu.

        Setelah tahun 1918 Sociedad General de Transportes Eléctricos mengalami perubahan nama, bergabung dengan Consorcio de Saltos de Duero, dan akhirnya dikenal sebagai Saltos de Duero.

        Dengan latar belakang ini, Saltos de Duero dan Hidroeléctrica Ibérica bergabung pada tahun 1944, membentuk Iberduero.

        Pada 1950-an, bantuan asing dikirim ke Spanyol, produksi industri meningkat, dan permintaan listrik tumbuh secara substansial. Baik Iberduero dan Hidrola menyelesaikan beberapa pembangkit listrik tenaga air dan termal besar antara tahun 1957 dan 1969, termasuk Aldeadávila, Valdecañas, José María Oriol, dan Villarino.

        Ketika teknologi nuklir tersedia, Iberduero bekerja sama dengan utilitas kecil lainnya untuk membuka pembangkit listrik tenaga nuklir Santa María de Garoña pada tahun 1971. Krisis minyak pada pertengahan 1970-an segera mendorong peningkatan pengembangan nuklir ketika Spanyol mencoba mengurangi ketergantungannya pada bahan bakar minyak impor.

        Pada tahun 1975, Rencana Energi Nasional pertama pemerintah mempromosikan energi nuklir, mendorong Hidrola dan Iberduero untuk berinvestasi besar-besaran di pembangkit baru. Dua pembangkit listrik tenaga nuklir generasi kedua dibuka pada tahun 1981 di Almaraz dan Cofrentes.

        Pemerintah Spanyol, bagaimanapun, menilai kembali kebutuhan energinya beberapa tahun kemudian dan membuat keputusan pada tahun 1984 untuk membekukan semua konstruksi nuklir karena kelebihan kapasitas, biaya pembangunan yang tinggi, dan inflasi. Keputusan tersebut meninggalkan utilitas swasta dengan beban utang yang besar.

        Pada awal 1990-an, utilitas negara ENDESA, yang diciptakan oleh rezim Franco pada 1940-an, menarik perhatian dengan serangkaian akuisisi. Pemerintah Spanyol, khawatir bahwa utilitas swasta negara yang lebih kecil tidak akan mampu bersaing di pasar Eropa yang akan datang, mendorong ENDESA untuk menelan satu demi satu utilitas kecil.

        Untuk mengimbangi pengaruh ENDESA yang semakin besar, Hidrola dan Iberduero membuat keputusan untuk bergabung. Sebuah usaha patungan 50-50, HI Holding, didirikan pada tahun 1991 untuk mengelola merger.

        Pada 1 November 1992, penyatuan kedua perusahaan menjadi resmi, dan entitas baru mengambil nama Iberdrola. Pengusaha Madrid Inigo de Oriol menjadi ketua perusahaan, dan mantan Ketua Manual Iberduero Gomez de Pablos menjadi ketua kehormatan Iberdrola. Mantan direktur pelaksana Iberduero, Jose Antonio Garrido, mempertahankan posisinya di perusahaan baru.

        Saat komunitas Eropa membahas restrukturisasi sektor energi, Garrido mencoba menyiapkan Iberdrola untuk suatu waktu ketika perusahaan besar bebas memilih di antara pemasok listrik yang bersaing. Dia menekankan layanan dan kualitas, menerapkan sistem pembayaran berbasis insentif baru dan reorganisasi struktur perusahaan.

        Setelah merger, Iberdrola dan ENDESA masing-masing menguasai sekitar 40 persen kapasitas pembangkit Spanyol. Kapasitas Iberdrola, sebagian besar, terdiri dari pembangkit listrik tenaga air dan stasiun bertenaga nuklir, yang memberi perusahaan keunggulan dalam kepatuhan lingkungan tetapi juga membebaninya dengan beban utang yang tersisa dari penangguhan pembangunan pembangkit nuklir tahun 1984.

        Perusahaan memiliki sekitar Pta 516 miliar terikat di pabrik yang belum selesai. Selain itu, meskipun biaya pembangkitan perusahaan sekitar 20 persen di bawah rata-rata nasional, peraturan pemerintah memaksa Iberdrola untuk membeli sebagian listriknya dari ENDESA dengan biaya lebih tinggi.

        RUU Perencanaan Sektor Listrik, atau LOSEN, yang disetujui pada tahun 1994, memulai proses pengenalan persaingan ke dalam industri energi. Reorganisasi sektor energi membantu kedua perusahaan menyeimbangkan posisi mereka satu sama lain.

        Di antara bursa lainnya, Iberdrola menjual Hidroeléctrica de Cataluña ke ENDESA pada tahun 1993 untuk mengkonsolidasikan kehadiran ENDESA di Catalonia. Setelah tahun penuh pertama operasi bersama, Iberdrola melaporkan peningkatan laba sebelum pajak hampir 12 persen menjadi Pta 91,1 miliar. Pada saat yang sama, utang perusahaan mencapai Pta 1.800 miliar menjelang akhir 1993.

        Iberdrola menjadi terlibat dengan sektor listrik internasional tak lama setelah merger. Pada tahun 1992 perusahaan memasuki Amerika Latin dengan pembelian Litoral Gas dan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Gü--es di Argentina.

        Tiga tahun kemudian Iberdrola mengakuisisi saham pengendali di distributor listrik Bolivia Electropaz dan Elfeo. Anak perusahaan Iberdrola Energía, atau Iberener, didirikan pada tahun 1995 untuk mengelola kepemilikan Amerika Latin. Pada tahun 1996 dua utilitas Chili ditambahkan ke portofolio internasional Iberdrola.

        Akhir tahun 1996 sebuah "Protokol Listrik" disusun yang mendorong Spanyol lebih jauh ke jalan menuju pasar terbuka. Dalam waktu sekitar sepuluh tahun, konsumen akan bebas memilih penyedia listrik termurah. Reformasi untuk beberapa tahun pertama, bagaimanapun, berpusat di sekitar penurunan bertahap dalam tarif listrik.

        Kebijakan pemerintah selama ini adalah menetapkan harga berdasarkan biaya investasi daripada biaya produksi yang sebenarnya. Pada harga dasar ditambahkan biaya tambahan untuk distribusi, biaya eksternal, dan retribusi untuk membayar pembayaran surat utang yang terkait dengan pembangkit listrik tenaga nuklir yang terhenti. Pemerintah sekarang menetapkan penurunan tarif sebesar tiga persen untuk tahun 1997 dan 2 persen pada tahun berikutnya.

        Menghadapi penurunan pendapatan, Iberdrola memotong stafnya menjadi sekitar 11.500 dari 15.080 pada tahun 1992 dan mengatur ulang departemennya untuk memaksa mereka bekerja lebih efisien. Biaya pembayaran utang juga turun, karena utang perusahaan tahun 1997, sebesar Pta 850 miliar, hanya setengah dari angka puncak 1993. Langkah-langkah pemotongan biaya menyebabkan peningkatan 4,9 persen dalam laba konsolidasi untuk tahun 1997, meskipun ada penurunan 14 persen dalam pendapatan.

        Iberdrola juga berencana untuk meningkatkan keuntungan dengan memasuki program investasi internasional yang lebih ambisius. Pada Juli 1997 Iberdrola memimpin konsorsium yang membayar $1,6 miliar untuk 52 persen saham di distributor Brasil Companhia de Electricidade da Bahia, atau Coelba. Melalui Coelba, Iberdrola kemudian mengambil alih distributor energi COSERN.

        Ini adalah privatisasi listrik pertama di wilayah timur laut Brasil yang terbelakang. Meskipun wilayah ini lebih miskin daripada kawasan industri selatan, ia juga memiliki lebih banyak potensi untuk pertumbuhan. Iberdrola semakin meningkatkan jangkauan globalnya pada tahun 1998, ketika perusahaan mengakuisisi 80 persen Empresa Eléctrica de Guatemala S.A. (EEGSA) dalam aliansi dengan utilitas Portugis Electricidade de Portugal, S.A. (EDP).

        Pada tahun 1999 Iberdrola menguasai Essal, sebuah perusahaan air di Chili, dan Energy Works, sebuah perusahaan AS yang memperoleh listrik untuk pelanggan industri besar. Sementara itu berkembang ke negara lain, Iberdrola juga mendiversifikasi operasinya. Keterlibatan di sektor gas sangat diinginkan karena perusahaan memiliki rencana untuk membangun pembangkit berbahan bakar gas dengan generator siklus gabungan.

        Oleh karena itu, pada tahun 1997 Iberdrola bersekutu dengan perusahaan Spanyol Repsol, sebuah perusahaan minyak, dan Gas Natural, distributor gas yang sebagian dimiliki oleh Repsol, untuk mengambil alih dua perusahaan gas yang berbasis di Rio de Janeiro dan dua lagi perusahaan gas di Kolombia. Diversifikasi lainnya termasuk pembentukan usaha patungan telekomunikasi dengan Telefonica, operator telekomunikasi nasional, dan pendirian perusahaan manajemen data Iberdrola Sistemas pada tahun 1997.

        Ketika Iberdrola bercabang di luar negeri, proses deregulasi mendapatkan momentum di dalam negeri. Mulai tahun 1998, sekitar 400 pelanggan industri besar diizinkan untuk memilih pemasok listrik mereka untuk pertama kalinya.

        Belakangan tahun itu pemerintah menetapkan bahwa proses liberalisasi yang diatur dalam Protokol Listrik terlalu bertahap dan menetapkan jadwal baru dengan efek bahwa pada Oktober 1999 sekitar 8.000 perusahaan, yang merupakan 44 persen dari konsumsi energi Spanyol, akan memilih penyedia mereka.

        Penurunan tarif listrik untuk tahun 1999 juga dinaikkan dari 1 menjadi 2,5 persen. Iberdrola, yang terbiasa menempatkan pelanggannya di sana, menyadari bahwa pemasaran dan layanan pelanggan harus menjadi elemen yang lebih penting dari budaya perusahaan. Perusahaan menerapkan saluran bantuan 24 jam untuk konsumen kecil dan tim karyawan yang ditunjuk untuk menyusun rencana energi yang dibuat khusus untuk konsumen besar.

        Ketika berbagai entitas sektor listrik Spanyol berebut kekuasaan, rumor negosiasi merger muncul. Akhir tahun 1999 perusahaan minyak Repsol, yang telah bekerja sama dengan Iberdrola dalam beberapa akuisisi terkait gas, dilaporkan mengadakan pembicaraan merger dengan Iberdrola.

        Banco Bilbao Vizcaya, pemegang saham terbesar di kedua perusahaan, mendukung merger tersebut, tetapi faksi yang berlawanan, yang terdiri dari ENDESA dan bank la Caixa, menggunakan kepemilikan mereka di Repsol untuk berhasil menolak merger tersebut.

        Iberdrola melanjutkan strategi akuisisinya. Awal tahun 2000 perusahaan bermitra dengan kelompok energi Italia Eni dan utilitas Portugis EDP dalam kesepakatan yang memenangkan sekitar 4 persen dari Galp, utilitas minyak dan gas Portugal. Kesepakatan itu diikuti oleh pembelian senilai $1 miliar dari distributor listrik Brasil CELPE, yang dibangun di atas keberadaan Iberdrola di bagian timur laut negara itu.

        Dalam kemajuan lain, perusahaan menutup kesepakatan untuk menyediakan air minum dan layanan pembuangan kotoran di Uruguay dan membuat kesepakatan dengan tetangganya Portugis EDP untuk berbagi jaringan serat optik di semenanjung Iberia. Namun, rencana akuisisi perusahaan AS FPL Group Inc., induk dari Florida Power & Light, gagal.

        Kesepakatan itu, yang akan mendorong Iberdrola ke jajaran utilitas global paling terkemuka, ditolak oleh dewan. Perkembangan yang lebih menjanjikan terlihat pada upaya Iberdrola memasuki pasar gas. Pada musim gugur tahun 2000, perusahaan mencapai kesepakatan dengan Eni di mana perusahaan Italia akan menyediakan gas ke Iberdrola selama periode 15 tahun, sementara keduanya akan bekerja sama untuk membuat perusahaan perdagangan gas alternatif di Spanyol.

        Pada akhir tahun 2000, usulan merger, kali ini dengan ENDESA, kembali menjadi topik hangat. Iberdrola telah menolak tawaran yang lebih menguntungkan dari Gas Natural untuk bergabung dengan ENDESA.

        Repsol, pemegang saham utama di Gas Natural, mempertimbangkan untuk meluncurkan tawaran yang tidak bersahabat tetapi membatalkan gagasan itu karena kekhawatiran tentang dampak politik. Saat pembicaraan dengan ENDESA berlanjut, analis menghitung bahwa perusahaan gabungan akan menguasai sekitar 80 persen pasar listrik Spanyol. Pemerintah tertarik pada gagasan pembangkit tenaga listrik nasional, tetapi bagaimanapun juga harus melindungi cita-cita kompetitif.

        Kondisi pemerintah terbukti terlalu membatasi, dan pada Februari 2001 kedua perusahaan membatalkan rencana merger pada menit terakhir, tidak mau menerima aturan yang akan membatasi mereka hingga 42 persen dari kapasitas pembangkit nasional. Pengamat berspekulasi tentang perusahaan besar Eropa mana yang mungkin tertarik untuk menawar Iberdrola.

        Namun, pada musim semi 2001, seorang kepala eksekutif baru datang ke Iberdrola dengan rencana ambisius bagi perusahaan untuk berkembang sendiri. Ignacio Sánchez Galán menetapkan tujuan untuk menggandakan ukuran Iberdrola selama lima tahun ke depan dengan investasi di pembangkit listrik inti dan kegiatan gas baik di dalam maupun di luar negeri.

        Segera setelah mengambil kendali, dia mulai menawar untuk menguasai perusahaan energi Italia, Ceko, dan Polandia. "Rencana Strategis" Galán untuk 2002-06 telah disetujui pada musim gugur tahun ini. Ini menyerukan pembangunan ekstensif fasilitas siklus gabungan yang ditenagai oleh gas, dengan fokus khusus pada peningkatan kapasitas pembangkit di Meksiko dan timur laut Brasil.

        Rencana tersebut juga mengikat Iberdrola untuk investasi dalam energi terbarukan, termasuk tenaga angin, dan menetapkan tujuan untuk mendapatkan 20 persen dari pasar gas Spanyol pada akhir periode lima tahun. Unit Gas baru dibentuk pada tahun 2001 untuk mengelola semua aktivitas di sektor ini, dan delapan kontrak pasokan gas pertama Iberdrola ditandatangani tahun itu.

        Pada akhir kuartal pertama tahun 2002, Iberdrola telah mencapai 4,1 persen pangsa pasar gas nasional dan menugaskan pabrik siklus gabungan pertama di Meksiko lebih cepat dari jadwal. Di Spanyol, program konstruksi perusahaan untuk fasilitas siklus gabungan mendapat dorongan dengan pembelian pabrik yang belum selesai dari Enron, pialang energi AS yang gagal.

        Diversifikasi di luar sektor energi kurang mendapat perhatian karena Iberdrola berfokus pada perluasan pengaruh globalnya dalam berbagai kegiatan terkait energi.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Muhammad Syahrianto
        Editor: Muhammad Syahrianto

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: