Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kisah Perusahaan Raksasa: Edeka, Tumbuh Berawal dari Koperasi, Kini Menjadi Supermarket Besar

        Kisah Perusahaan Raksasa: Edeka, Tumbuh Berawal dari Koperasi, Kini Menjadi Supermarket Besar Kredit Foto: Verbund Edeka
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Edeka Zentrale AG adalah perusahaan supermarket Jerman, yang saat ini menjadi salah satu perusahaan raksasa versi Fortune Global 500. Sebagai salah satu yang terbesar, Edeka memantapkan dirinya dengan sukses mengumpulkan pendapatan total 39,82 miliar dolar AS pada 2020.

        Model bisnis Edeka adalah terdiri atas beberapa koperasi supermarket independen yang semuanya beroperasi di bawah payung organisasi Edeka Zentrale. Namun dulunya model perusahaan adalah koperasi yang terdiri atas pengecer kecil. 

        Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Daiwa House, Kontraktor Rumah Jepang yang Terinspirasi oleh Padi dan Bambu

        Seperti dilansir Reference for Business, dan Funding Universe, Edeka berdiri pada Oktober 1907 di Republik Federal Jerman. Modal awalnya hanya sekitar 800 Deutsche mark pada saat didirikan. Nilai 800 Deutsche mark atau DM pada saat itu senilai 409 euro saat ini.

        Fritz Borrmann dan Karl Biller adalah manajer pertamanya. Perusahaan ini, Asosiasi Koperasi Ritel Jerman, segera bergabung dengan koperasi lain di seluruh negeri. Pada pertemuan di bulan Mei 1908, sebuah undang-undang disampaikan kepada 80 perwakilan dari 23 organisasi, dan Edeka sendiri secara resmi lahir.

        Sejak tahun pertama, Edeka sukses secara finansial, dan pada tahun 1910 berhasil mendirikan divisi periklanan. EdK pada awalnya tidak memiliki merek sendiri, tetapi pada tahun 1911 membeli beberapa merek terkenal. Tetapi perusahaan muda itu segera merasakan kekuatan para pesaingnya, para pengecer besar di industri itu.

        Pada tahun-tahun pertamanya, Edeka sangat berhati-hati dalam memberikan pinjaman dan kredit kepada anggotanya, membuat semua transfer uang tunai daripada menggunakan kredit. Tapi segera jelas bahwa koperasi membutuhkan bank. 

        Sebagai koperasi, struktur lokal Edeka yang terdesentralisasi berarti bahwa Edeka menangani krisis dengan cara yang stabil dan dapat diandalkan. Untuk ini, organisasi memperoleh reputasi yang kuat di antara konsumen, dan dalam beberapa tahun berikutnya, banyak toko Edeka didirikan.

        Akhirnya, pada tahun 1918 Edeka memperoleh pengakuan hukum sebagai koperasi, dan sebagai pedagang yang membeli barang dalam jumlah besar dan karenanya berhak mendapatkan diskon. Dengan status hukum ini, tidak ada keraguan lagi tentang tempat resminya dalam perekonomian Jerman.

        Pada tahun 1924, Edeka memperkenalkan beberapa kebijakan baru untuk anggota. Setiap toko anggota diharuskan menggunakan nama "Edeka" dan memasang tanda Edeka secara mencolok. Toko juga diharuskan menjual merek Edeka.

        Dalam upaya berkelanjutan untuk mengatasi inflasi, pada tahun 1925 Edeka membatasi pinjamannya tidak lebih dari 5.000 mark per toko, dan membatasi kewajiban setiap toko hingga 7.500 mark.

        Setelah Adolf Hitler berkuasa pada tahun 1933, seluruh perekonomian direstrukturisasi dan pemerintah mencoba mengorganisir lembaga-lembaga untuk mengatur semua bagian perekonomian. Upaya ini tidak sepenuhnya berhasil dengan Edeka karena organisasinya yang terdesentralisasi.

        Selama tahun-tahun pertama pemerintahan Nazi, pengecer besar sekali lagi mencoba membujuk pemerintah untuk mencegah Edeka menikmati diskon dan keuntungan lain dari perusahaan besar. Antara tahun 1936 dan 1939 Edeka dihadapkan pada peraturan yang ketat dan harga yang terkendali.

        Edeka terbukti menjadi perusahaan yang stabil, bahkan ketika pada tahun 1943 kantor pusatnya di Berlin dibom dan dibakar. Pada saat ribuan perusahaan gagal, Edeka dapat bertahan dalam bisnis, dan kupon makanannya tetap berlaku hingga Februari 1945, ketika industri makanan Jerman runtuh.

        Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Intesa Sanpaolo, Bank Terbesar di Italia, yang Dibentuk Atas Banyak Merger

        Generasi baru manajer bertemu di Bad Godesberg pada tahun 1945 untuk membangun kembali Edeka yang aktif. Upaya pertama mereka gagal, tetapi pertemuan kedua pada bulan Maret 1946 di Goettingen memperjelas bahwa Edeka akan terus bekerja. Laporan tahunan pertama perusahaan, untuk tahun 1945, ditulis oleh kedua kantor pusat, di Berlin dan Hamburg.

        Dari 524 koperasi yang ada sebelum Perang Dunia II, 201 di Jerman Barat dan 125 di Jerman Timur selamat dari perang. Akan tetapi, pada tahun 1952, negara Jerman Timur mengakhiri semua koperasi Edeka di Jerman Timur ketika negara itu melarang perusahaan pemerintah untuk menyerahkan kepada sektor swasta. Tetapi situasi di Barat membaik: pada tahun 1950 kantor pusat menghitung 225 koperasi dengan total omset DM15 juta. Setiap koperasi mencakup rata-rata 124 pengecer kecil.

        Edeka juga terus memperkenalkan ide dan sistem baru kepada pelanggan dan pengecer kecil. Toko Edeka termasuk yang pertama memperkenalkan layanan mandiri, karena mesin pengepakan baru memungkinkan EdK menjual barang kemasan. Pada tahun 1958, 7.000 dari 40.500 toko menawarkan layanan mandiri. Makanan beku dan buah-buahan diperkenalkan pada tahun 1955, dan diet khusus dan makanan kesehatan diperkenalkan pada tahun 1957.

        Edeka tidak menghentikan modernisasinya. Toko-toko terus berubah menjadi layanan mandiri. Pada tahun 1962 delegasi koperasi pergi ke Amerika Serikat untuk membandingkan sistem Edeka dengan perusahaan Amerika serupa.

        Persaingan sangat ketat, terutama pada awal 1960-an, dan banyak pengecer kecil gagal. Untuk bertahan hidup, EdK harus memperbaiki titik lemahnya. Restrukturisasi sistem penyimpanan melalui penggunaan wadah rak bergulir membantu pengecer menyimpan lebih banyak jenis barang di ruang yang sama, membantu mengurangi kenaikan harga sewa.

        Pada tahun 1965 pusat komputer regional didirikan untuk menyederhanakan komunikasi antara pengecer kecil dan kantor pusat Edeka. Inisiatif penting lainnya untuk bersaing dengan perusahaan lain adalah pendidikan. Edeka mendirikan pusat pelatihan dan memulai program pendidikan internasional bekerja sama dengan pengecer Swiss dan Austria pada tahun 1965.

        Dua tahun kemudian dua anak perusahaan baru didirikan untuk membantu masalah real estate pengecer kecil, terutama pengecer yang berlokasi di pusat kota. Namun, semua langkah organisasi dan pendidikan ini tidak dapat mencegah kegagalan 2.500 pengecer kecil antara tahun 1968 dan 1970.

        Edeka memutuskan untuk memperketat struktur organisasinya; lima kantor regional diciptakan, di Hamburg, Cologne, Frankfurt, Stuttgart, dan Munich. Sejak tahun 1970 setiap kantor wilayah dibiayai secara merata oleh bank Edeka dan koperasi.

        Terlepas dari perubahan ini, bagaimanapun, Edeka sangat dikritik oleh departemen monopoli, yang melihat ukuran organisasi sebagai bukti monopolinya di industri ritel. Edeka mengklaim bahwa itu hanya mewakili pengecer kecil dan tidak, seperti yang diasumsikan pejabat negara, mendominasi mereka.

        Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Bharat Petroleum, Korporasi Migas India yang Dianggap Pionir Penting

        Pada tahun 1978, Edeka menandatangani perjanjian dengan department store Horten di mana Edeka menyewa ruang di 58 department store dan mendirikan toko makanan. Kesepakatan itu datang pada saat hampir tidak ada toko Edeka yang bertahan di daerah pusat kota yang berubah dengan cepat.

        Pengaturan EdK-Horten membantu banyak pengecer untuk bertahan hidup, karena menyewa satu bagian dari department store jauh lebih murah daripada sewa untuk toko terpisah di permukaan jalan.

        Pada awal 1980-an, EdK adalah kelompok pengecer kecil independen terbesar di Eropa, dengan 18.200 pengecer kecil yang memiliki 20.300 toko. Pada akhir tahun 1988, Edeka memiliki 11.000 anggota yang mengoperasikan total 13.150 toko dan memiliki total penjualan lebih dari DM20 miliar. Beberapa dari penurunan ini dapat dijelaskan oleh tren ke arah toko yang lebih sedikit dan lebih besar di industri ritel.

        Hari ini setiap anggota adalah anggota koperasi regional; koperasi regional ini bersama-sama menjalankan 22 bisnis grosir untuk masing-masing toko dan masing-masing merupakan anggota dari Edeka Zentrale, perusahaan induk. Koperasi regional juga merupakan anggota Edekabank, yang saat ini menangani kredit dan asuransi untuk anggota Edeka.

        Ada sekitar 4.100 toko dengan papan nama Edeka yang berkisar dari toko sudut kecil hingga hypermarket. Pada tanggal 16 November 2007, Edeka mencapai kesepakatan dengan Tengelmann untuk membeli 70 persen saham mayoritas di divisi toko diskon Plus Tengelmann, yang kemudian digabungkan menjadi merek Netto milik Edeka.

        Di bawah semua merek, perusahaan mengoperasikan total 13.646 toko pada akhir tahun 2017. Selanjutnya dengan sekitar 4.200 toko pada tahun 2018.

        Dan, selain memasok pengecer individu dan mengoperasikan fasilitas pengolahan daging mereka sendiri, bisnis grosir Edeka juga menyediakan hotel dan restoran besar. Setelah bertahan lebih dari 80 tahun dalam gejolak perubahan, Edeka tetap menjadi kekuatan yang kuat di industri ritel Jerman.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Muhammad Syahrianto
        Editor: Muhammad Syahrianto

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: