Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Apa Itu WSDL?

        Apa Itu WSDL? Kredit Foto: Unplash/Campaign Creators
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Web Services Description Language (WSDL) adalah file berbasis XML yang pada dasarnya memberi tahu aplikasi klien apa yang dilakukan oleh layanan web. File WSDL digunakan untuk menjelaskan secara singkat apa yang dilakukan layanan web dan memberi klien semua informasi yang diperlukan untuk dapat terhubung ke layanan web dan menggunakan semua fungsionalitas yang telah disediakan.

        Dalam tutorial ini, kita akan fokus pada poin terakhir yang merupakan bagian terpenting dari layanan web, dan itu adalah WSDL atau bahasa deskripsi layanan Web.

        Baca Juga: Apa Itu Data Governance?

        Struktur Dokumen WSDL

        Dokumen WSDL digunakan untuk menggambarkan layanan web. Deskripsi ini diperlukan agar aplikasi klien dapat memahami apa yang sebenarnya dilakukan oleh layanan web.

        File WSDL itu sendiri dapat terlihat sangat kompleks bagi pengguna, tetapi juga berisikan semua informasi yang diperlukan aplikasi klien untuk menggunakan layanan web yang relevan.

        Di bawah ini adalah struktur umum dari file WSDL

        • Definition
        • TargetNamespace
        • DataTypes
        • Messages
        • Porttype
        • Binding
        • Service

        Satu hal penting yang perlu diperhatikan di sini adalah bahwa definisi Message, yang diteruskan oleh protokol SOAP, sebenarnya didefinisikan dalam dokumen WSDL.

        Dokumen WSDL sebenarnya memberitahu aplikasi klien apa jenis pesan SOAP yang dikirim dan diterima oleh layanan Web.

        Dengan kata lain, WSDL seperti kartu pos yang memiliki alamat lokasi tertentu. Alamat tersebut memberikan rincian orang yang mengirimkan kartu pos. Oleh karena itu, file WSDL adalah kartu pos, yang memiliki alamat layanan web yang dapat memberikan semua fungsionalitas bagi klien.

        Elemen-Elemen Pada WSDL

        File WSDL berisi bagian-bagian seperti berikut ini:

        1. Tag digunakan untuk mendefinisikan semua tipe data kompleks, yang akan digunakan dalam pertukaran pesan antara aplikasi klien dan layanan web. Ini merupakan aspek penting dari aplikasi klien, karena jika layanan web bekerja dengan tipe data yang kompleks, maka aplikasi klien harus tahu bagaimana memproses tipe data yang kompleks. Data type seperti float, number, dan string merupakan data type sederhana, tetapi mungkin ada data type terstruktur yang disediakan oleh layanan web.

        Misalnya, mungkin ada data type yang disebut EmployeeDataType yang dapat memiliki 2 elemen “EmployeeName” dari string type dan “EmployeeID” dari number type atau integer. Bersama-sama mereka membentuk struktur data yang kemudian menjadi data type yang kompleks.

        2. Tag digunakan untuk mendefinisikan pesan yang dipertukarkan antara aplikasi klien dan server web. Pesan-pesan ini akan menjelaskan operasi input dan output yang dapat dilakukan oleh layanan web. Contoh pesan dapat berupa pesan yang menerima EmployeeID dari seorang karyawan, dan output pesan dapat berupa nama karyawan berdasarkan EmpoyeeID yang diberikan.

        3. Tag digunakan untuk merangkum setiap pesan input dan output ke dalam satu operasi logika. Jadi mungkin ada operasi yang disebut "GetEmployee" yang menggabungkan pesan input menerima EmployeeID dari aplikasi klien dan kemudian mengirim EmployeeName sebagai pesan output.

        4. Tag digunakan untuk mengikat operasi ke jenis port tertentu. Ketika aplikasi klien memanggil jenis port yang relevan, maka aplikasi tersebut akan dapat mengakses operasi yang terikat pada jenis port ini. Jenis port sama seperti interface. Jadi, jika aplikasi klien perlu menggunakan layanan web, mereka perlu menggunakan informasi yang mengikat untuk memastikan bahwa mereka dapat terhubung ke interface yang disediakan oleh layanan web tersebut.

        5. Tag adalah nama yang diberikan untuk web service itu sendiri. Awalnya, ketika aplikasi klien melakukan panggilan ke layanan web, maka itu akan dilakukan dengan memanggil nama layanan web. Misalnya, layanan web dapat ditemukan di alamat seperti http://localhost/SitusWeb/Artikel.asmx . Tag layanan sebenarnya akan memiliki URL yang didefinisikan sebagai http://localhost/SitusWeb/Artikel.asmx, yang sebenarnya akan memberi tahu aplikasi klien bahwa ada layanan web yang tersedia di lokasi ini.

        Mengapa Harus WSDL?

        Layanan web merupakan komponen penting dalam membangun aplikasi web modern. Tujuan utama mereka adalah untuk memungkinkan beberapa aplikasi yang dibangun pada berbagai bahasa pemrograman untuk dapat berbicara satu sama lain. Misalnya, kita dapat membuat aplikasi web .Net berbicara dengan aplikasi Java melalui layanan Web.

        Layanan web memiliki fitur utama seperti berikut ini:

        1. Dibangun menggunakan bahasa pemrograman XML. Hampir semua teknologi modern seperti .Net dan Java memiliki perintah yang sesuai dan memiliki kemampuan untuk dapat bekerja dengan XML. Oleh karena itu, XML diambil sebagai bahasa yang paling tepat untuk membangun layanan web.

        2. Layanan web berkomunikasi melalui HTTP. HTTP adalah protokol yang digunakan oleh semua aplikasi berbasis web. Oleh karena itu, masuk akal untuk memastikan bahwa layanan Web juga memiliki kemampuan untuk dapat bekerja melalui protokol HTTP.

        3. Layanan web sesuai dengan spesifikasi bahasa tertentu. Spesifikasi ini ditetapkan oleh W3C, yang merupakan badan pengatur untuk semua standar web.

        4. Layanan web memiliki bahasa deskripsi yang dikenal sebagai WSDL, yang digunakan untuk menggambarkan layanan web.

        File WSDL ditulis dalam XML biasa. Alasan mengapa itu ada dalam XML adalah agar file dapat dibaca oleh bahasa pemrograman apa saja.

        Jadi jika aplikasi klien ditulis dalam .Net, maka itu akan memahami file XML. Demikian pula, jika aplikasi klien ditulis dalam bahasa pemrograman Java, maka itu juga akan dapat menginterpretasikan file WSDL.

        File WSDL dapat mengikat semuanya bersama-sama. Anda dapat membuat layanan web dalam bahasa .Net.

        Jadi di sinilah layanan diimplementasikan. Jika Anda tidak memiliki file WSDL dan ingin Java menggunakan layanan web, Anda akan membutuhkan banyak upaya coding untuk dapat mencapainya.

        Tetapi dengan adanya file WSDL yang terdapat di dalam XML dan dapat dipahami oleh bahasa pemrograman apa saja, Anda dapat dengan mudah memiliki Java yang menggunakan layanan web .Net. Oleh karena itu, jumlah upaya coding yang dilakukan akan menjadi sangat berkurang.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Patrick Trusto Jati Wibowo
        Editor: Alfi Dinilhaq

        Bagikan Artikel: