Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Data Governance?

Apa Itu Data Governance? Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel
Warta Ekonomi, Jakarta -

Saat ini, data governance telah menjadi persyaratan dalam lingkungan perusahaan yang bergerak cepat dan sangat kompetitif. Sekarang, organisasi memiliki kesempatan untuk menangkap sejumlah besar data internal dan eksternal yang beragam, sehingga mereka membutuhkan disiplin untuk memaksimalkan nilai mereka, mengelola risiko, dan serta mengurangi anggaran.

Apa Itu Data Governance?

Data governance adalah sekumpulan proses, peran, kebijakan, standar, dan metrik yang bertujuan untuk memastikan penggunaan informasi yang efektif dan efisien agar sebuah organisasi mencapai tujuannya.

Baca Juga: Apa Itu Data Science?

Data governance dapat menetapkan proses dan tanggung jawab yang memastikan kualitas serta keamanan data yang digunakan di seluruh bidang bisnis atau organisasi. Data governance mendefinisikan siapa yang dapat mengambil tindakan apa, atas data apa, dalam situasi apa, dan menggunakan metode apa.

Strategi data governance yang dirancang dengan baik menjadi sangat penting bagi organisasi mana pun yang menggunakan big data, dan akan menjelaskan tentang bagaimana bisnis Anda akan mendapat manfaat dari proses dan tanggung jawab yang konsisten.

Penggerak bisnis dapat menyoroti data apa yang perlu dikontrol dengan cermat dalam strategi data governance Anda, kemudian mendapat manfaat yang diharapkan dari upaya ini. Strategi ini akan menjadi dasar kerangka data governance Anda.

Misalnya, jika penggerak bisnis pada strategi data governance Anda adalah untuk memastikan privasi data di bidang kesehatan, maka data pasien perlu dikelola dengan aman saat disimpan oleh bisnis Anda. 

Data governance memastikan bahwa peran yang berkaitan dengan data didefinisikan dengan jelas, dan tanggung jawab serta akuntabilitas telah disepakati oleh perusahaan. Data governance framework yang terencana dengan baik mencakup peran dan tanggung jawab strategis, taktis, dan operasional.

Alat Bantu Data Governance

Untuk menemukan pendekatan data governance yang tepat bagi organisasi Anda, carilah alat open source yang dapat diintegrasikan secara cepat dan ekonomis dengan lingkungan organisasi yang ada.

Selain itu, platform berbasis cloud akan memungkinkan Anda untuk dengan cepat menghubungkan ke kapabilitas tangguh yang hemat biaya dan mudah digunakan. Dengan menggunakan cloud juga dapat menghindari overhead yang diperlukan server lokal.

Halaman:

Penulis: Patrick Trusto Jati Wibowo
Editor: Alfi Dinilhaq

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan