Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kisah Perusahaan Raksasa: Koc Holding, Konglomerat Berbagai Bisnis Milik Keluarga Terkaya di Turki

        Kisah Perusahaan Raksasa: Koc Holding, Konglomerat Berbagai Bisnis Milik Keluarga Terkaya di Turki Kredit Foto: ADBA Istanbul
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Koc Holding AS, diucapkan "coach", adalah konglomerat industri terbesar di Turki. Perusahaan terlibat dalam berbagai bisnis, termasuk otomotif, supermarket, peralatan, dan energi, serta perbankan, konstruksi, produksi makanan, dan perhotelan.

        Koc adalah satu-satunya perusahaan di negara ini yang terdaftar di Fortune Global 500. Tahun 2020, perusahaan mengantongi keuntungan 773 juta dolar AS namun mengalami penurunan dari 2019 sekitar 32,3 persen. 

        Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Jagoan Kereta Api, JR East Unggul di Jepang, Besar di Dunia

        Sementara sebagai salah satu perusahaan raksasa berdasarkan pendapatannya, total revenue Koc pada 2020 adalah 27 miliar dolar AS, namun sayang lagi-lagi mengalami penurunan 8,6 persen. Alhasil di tahun tersebut Koc berada di peringkat 471, turun 48 poin dari tahun sebelumnya.

        Pendiri grup perusahaan Koc adalah Vehbi Koc, pengusaha Turki pertama yang menjadi terkenal secara nasional. Dikenal sebagai filantropis yang murah hati, dia juga bertanggung jawab untuk memperkenalkan sejumlah praktik bisnis Barat modern ke Turki. Mereka adalah pedagang dan pengusaha sukses, pekerjaan yang tidak disukai oleh orang Muslim Turki.

        Pada tahun 1917 Vehbi Koc meyakinkan ayahnya, seorang sarjana sastra, untuk membantunya mendirikan toko kelontong kecil di Ankara. Meskipun dia baru berusia 16 tahun, Koc menyadari bahwa perdagangan adalah satu-satunya cara untuk menjadi kaya bagi orang seperti dirinya. Dia mengejar perdagangannya dengan rajin dan menanggung kesulitan ekonomi dari Perang Dunia I dan runtuhnya Kekaisaran Ottoman yang berusia 600 tahun.

        Ketika Turki menjadi republik pada tahun 1923, Presiden Kemal Ataturk memindahkan ibu kota negara dari Istanbul ke Ankara. Koc memasuki lini bisnis baru dalam konstruksi dan perlengkapan bangunan, dan kemudian memenangkan kontrak bergengsi untuk menggantikan atap parlemen Turki ketika yang lama tertiup angin kencang.

        Vehbi Koc bekerja tanpa lelah, seringkali lebih dari 16 jam sehari. Meskipun ia menjadi jutawan pada usia 26, ia terus menunjukkan dedikasi yang tidak biasa. Selama delapan bulan selama tahun 1930 ia bekerja di lokasi konstruksi untuk memastikan bahwa proyek rumah sakit selesai sesuai jadwal.

        Pada tahun 1928, ketika perusahaan terus melakukan diversifikasi, Koc menjadi agen lokal untuk Ford Motor Company dan mendirikan beberapa dealer Ford di seluruh negeri. Koc menandatangani perjanjian eksklusif dengan Mobil Oil Company pada tahun 1931 untuk mencari minyak di Turki, dan pada tahun 1940 telah mendapatkan hak impor dan distribusi eksklusif Turki untuk berbagai produk Eropa dan Amerika, termasuk mobil Ford dan Socony Vacuums. Selama periode ini kantor pusat perusahaan dipindahkan ke kota pelabuhan Istanbul sehingga operasi perdagangan dapat lebih diawasi.

        Keuntungan perusahaan diinvestasikan kembali secara besar-besaran, membantu menjadikan tahun 1950-an sebagai periode pertumbuhan yang mengesankan. Koc menjadi berafiliasi dengan Perusahaan Karet AS dan Siemens, dan pada tahun 1955 membeli furnitur baja kecil dan produsen peralatan rumah yang disebut Arcelik (bahasa Turki untuk "baja murni").

        Pada tahun 1963 Vehbi Koc mendirikan perusahaan induk untuk kepentingan bisnisnya yang beragam. Koc Holding didirikan sebagai anonim ;alsirket (bentuk pendirian Turki) dan ditunjuk sebagai organ koordinasi untuk 28 perusahaan yang terdiri dari grup Koc.

        Pada tahun 1966 perusahaan melakukan penawaran saham publik pertama. Infus modal swasta semakin meningkatkan kapitalisasi perusahaan dan memungkinkan ekspansi yang lebih besar lagi.

        Selama periode ini kelompok Koc terus mengalami masalah dengan mata uang asing. Sebagai importir bersih, ia tidak dapat memenuhi kebutuhan devisanya. Untuk memenuhi kewajibannya kepada pemasok asing, perusahaan Koc terpaksa menguras devisa dari rekening pemerintah. Pada waktunya, ini menjadi tanggung jawab politik yang cukup besar. Sekali lagi Koc mulai menjajaki opsi-opsi yang memungkinkannya menggantikan produk-produk yang diproduksi di dalam negeri dengan yang diimpor.

        Pada tanggal 11 September 1980, ketika ekonomi Turki mendekati keadaan kekacauan virtual, unsur-unsur angkatan bersenjata Turki di bawah Jenderal Kenan Evren menguasai pemerintah dan memberlakukan darurat militer. Sebagai bagian dari kebijakan stabilisasi pemerintah militer, pembatasan ketat ditempatkan pada pembayaran valuta asing.

        Akibatnya, Koc terpaksa mengubah strategi bisnisnya secara signifikan. Operasi di divisi grup (banyak di antaranya beroperasi dengan kapasitas 30 persen) semakin diperkecil, dan beberapa ditutup sepenuhnya. Pabrik baja Asil Celik adalah yang paling parah terkena dampak bunga Koc. Pabrik ditutup dan kemudian dinasionalisasi oleh pemerintah militer.

        Divisi keuangan Koc, yang terdiri dari bank dan perusahaan asuransi, diperluas untuk menyediakan layanan valuta asing yang lebih besar kepada grup. Ketika divisi keuangan didirikan pada pertengahan 1970-an, itu mengakhiri kebijakan 50 tahun Vehbi Koc bahwa perusahaan tetap keluar dari lini bisnis ini.

        Penurunan kebijakan proteksionis pemerintah Turki, bagian dari kampanye umum yang sedang berlangsung untuk memodernisasi ekonomi negara, pada awalnya tidak menimbulkan banyak masalah bagi Koc. Imrimatur resmi atas ekspor langsung dari perusahaan asing tidak menyentuh bea masuk yang sangat tinggi, yang membuat produk produksi lokal tetap kompetitif secara artifisial.

        Bahkan perjanjian pabean Uni Eropa tahun 1995, yang bertujuan untuk mencegah bea cukai yang terlalu tinggi di antara negara-negara anggota, memberikan suatu ukuran perlindungan bagi perusahaan. Perjanjian tersebut termasuk "sektor sensitif" yang ditunjuk yang menerima pengecualian; sebagai hasil dari lobi intensif oleh Koc, salah satu sektor yang dikecualikan adalah mobil bekas--produk yang dapat menyebabkan masalah bagi merek Tofas perusahaan.

        Koc Holding mengumumkan pada tahun 2000 bahwa strateginya akan mencakup investasi di bidang ritel, konstruksi, kesehatan, dan keuangan. Namun, perkembangan besar pertama tahun 2001 adalah pengembalian ke salah satu sektor historis perusahaan; perusahaan bermitra dengan Statoil Norwegia untuk meluncurkan usaha patungan dalam pemasaran gas.

        Perusahaan minyak dan gas negara Norwegia, sebagai pemilik bagian dari cadangan gas di Azerbaijan, telah menganjurkan pipa gas Azerbaijan-ke-Turki untuk lebih efektif memasuki pasar Turki.

        Tahun 2002 membawa perkembangan yang bervariasi. Tofas menanggapi kebutuhan yang meningkat untuk bersaing secara efektif dengan memperkenalkan empat model baru, berdasarkan Palio dan Albea dari Fiat.

        Keempat model mewakili buah dari investasi 100 juta dolar AS dalam pengembangan produk baru. Koc juga menjual 15,2 persen sahamnya di Goodyear Lastikleri, anak perusahaan Turki dari produsen ban raksasa AS, kembali ke perusahaan induk seharga 15,9 juta dolar AS.

        Peristiwa penting lainnya pada tahun 2002 adalah upaya Koc Holding, dalam kemitraan dengan Turk Telekom, untuk memperoleh saham pengendali di perusahaan telekomunikasi monopoli negara Bulgaria, BTC. Penjualan, bagian dari upaya privatisasi oleh pemerintah Bulgaria, juga akan mencakup lisensi GSM ketiga negara itu. Sampai tulisan ini dibuat, hasil dari penawaran Koc belum ditentukan. Tantangan paling kuat diharapkan datang dari rumah ekuitas swasta Inggris, Advent.

        Terlepas dari hasil akhir, keterlibatan Koc dalam usaha itu tampaknya menggarisbawahi komitmen berkelanjutannya terhadap portofolio yang bervariasi dan keinginannya untuk koneksi yang lebih luas dengan bisnis berbasis teknologi saat memasuki milenium baru.

        Saat ini, perusahaan yang berkantor pusat di Nakkastepe, Istanbul, dikendalikan oleh keluarga Koc, salah satu keluarga terkaya di Turki.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Muhammad Syahrianto
        Editor: Muhammad Syahrianto

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: