Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Banjir Sentimen Positif, Nilai Tukar Rupiah Menguat terhadap Dolar AS per 7 November 2022

        Banjir Sentimen Positif, Nilai Tukar Rupiah Menguat terhadap Dolar AS per 7 November 2022 Kredit Foto: Antara/Rivan Awal Lingga
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Nilai tukar rupiah menguat terhadap dolar AS pada perdagangan awal pekan ini. Melansir RTI, rupiah telah meninggalkan level Rp15.700 per dolar AS pada Senin, 7 November 2022. 

        Rupiah membukukan apresiasi 0,29% ke level Rp15.681 per dolar AS pada Senin pagi. Tak hanya terhadap dolar AS, rupiah hari ini juga terapresiasi terhadap dolar Australia (0,78%), poundsterling (0,75%), dan euro (0,49%). 

        Baca Juga: Nilai Tukar Rupiah Bertengger di Rp15.600 per Dolar AS, Ekonom: Masih Dipengaruhi Sentimen Global

        Di Asia, rupiah menjadi mata uang terbaik kedua setelah won (-0,18%). Dengan kata lain, rupiah menguat atas yuan (0,91%), dolar Taiwan (0,89%), dolar Singapura (0,70%), yen (0,69%), baht (0,43%), ringgit (0,30%), dan dolar Hong Kong (0,30%).

        Penguatan rupiah hari ini ditopang oleh sejumlah sentimen positif yang tidak hanya dari dalam negeri, tetapi juga dari global. Dari dalam negeri, rupiah diuntungkan oleh ekspektasi pasar jelang rilis data cadangan devisa dan pertumbuhan ekonomi Indonesia. PDB Indonesia pada Q3 2022 diperkirakan tumbuh solid di kisaran 5,8%. Sementara dari global, rupiah menguat ditopang oleh data tenaga kerja AS yang lebih lemah daripada sebelumnya. Hal itu membuat dolar AS terkoreksi atas mata uang global.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Lestari Ningsih
        Editor: Lestari Ningsih

        Bagikan Artikel: