Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kala Paus Fransiskus Kuak 'Kasih Sayang' Dirinya untuk Rusia dan Ukraina

        Kala Paus Fransiskus Kuak 'Kasih Sayang' Dirinya untuk Rusia dan Ukraina Kredit Foto: CNS/Vatican Media
        Warta Ekonomi, Vatican City -

        Konflik yang sedang berlangsung antara Rusia dan Ukraina sangat menyedihkan Paus Fransiskus, karena ia memiliki “kasih sayang” yang besar untuk masing-masing negara. Paus membuat pernyataan di atas pesawatnya pada Minggu (6/11/2022) saat ia kembali dari kunjungan ke Bahrain.

        “Saya memiliki kasih sayang yang besar untuk orang-orang Rusia dan saya juga memiliki kasih sayang yang besar untuk orang-orang Ukraina,” kata Paus kepada wartawan, mengingat pengalaman masa kecil yang membuatnya “jatuh cinta” dengan Ukraina.

        Baca Juga: Paus Fransiskus Terima Kunjungan Keluarga Jurnalis Shireen Abu Akleh di Vatikan

        Ketika saya berumur sebelas tahun, ada seorang imam yang dekat dengan saya yang merayakan dalam bahasa Ukraina dan tidak memiliki putra altar, dan dia mengajari saya untuk melayani Misa dalam bahasa Ukraina, dan semua lagu Ukraina ini, saya tahu mereka dalam bahasa mereka karena saya mempelajarinya sebagai seorang anak.

        Sementara Paus tidak merinci apa sebenarnya “liturgi Ukraina” itu, ia tampaknya merujuk pada Gereja Katolik Yunani Ukraina, yang membelot dari Patriarkat Ortodoks Konstantinopel pada akhir abad ke-16 dan mencapai persatuan dengan Takhta Suci.

        Fransiskus juga menyerukan untuk menahan diri dari menyalahkan semua orang Rusia atas permusuhan yang sedang berlangsung, alih-alih menyalahkan “kekejaman” konflik pada “tentara bayaran, pada tentara yang pergi berperang sebagai petualangan.”

        “Saya lebih suka memikirkannya seperti ini karena saya sangat menghargai orang-orang Rusia, untuk humanisme Rusia. Pikirkan saja Dostoevsky, yang sampai hari ini menginspirasi kita, mengilhami orang Kristen untuk memikirkan kekristenan,” jelasnya.

        Paus Fransiskus telah berulang kali mencoba menengahi konflik yang pecah pada akhir Februari, menyerukan kedua belah pihak untuk mencapai “gencatan senjata segera” dan untuk menegosiasikan “solusi yang tidak dipaksakan, tetapi konsensual, adil dan stabil.”

        Upaya untuk bernegosiasi, yang ditunjukkan oleh Moskow dan Kiev di awal konflik, telah terhenti selama sebulan.

        Pada bulan September, Presiden Ukraina Vladimir Zelensky secara resmi menolak untuk bernegosiasi selama rekannya dari Rusia Vladimir Putin tetap berkuasa.

        Langkah itu didorong oleh referendum yang diadakan di bekas wilayah Ukraina, Wilayah Kherson dan Zaporozhye, serta di Republik Rakyat Donetsk dan Lugansk, dan oleh aksesi mereka selanjutnya ke Federasi Rusia.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: