Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        4 Tips Sukses Miliarder Mark Cuban: Meski Kehilangan Segalanya, Saya Akan Kembali Menjadi Jutawan Lagi

        4 Tips Sukses Miliarder Mark Cuban: Meski Kehilangan Segalanya, Saya Akan Kembali Menjadi Jutawan Lagi Kredit Foto: Instagram/Mark Cuban
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Miliarder Mark Cuban mengatakan siapa pun bisa menjadi jutawan dengan mengikuti empat tips kesuksesannya.

        Investor berusia 64 tahun ini merupakan pengusaha serial dan pemilik NBA Dallas Mavericks. Ia mengatakan bahwa strategi tersebut membantunya mengumpulkan kekayaannya sendiri.

        Untuk diketahui, kekayaan bersih Cuban bernilai sebesar USD4,6 miliar (Rp71,7 triliun), menurut Forbes.

        Baca Juga: Masih Bebas Berkeliaran, Miliarder Mark Cuban Minta Sam Bankman-Fried Harus Dipenjara!

        "Jika Anda ingin menjadi jutawan, Anda bisa melakukannya, tetapi ada beberapa hal yang harus Anda capai," kata Cuban, mengutip CNBC Make It di Jakarta, Selasa (20/12/22).

        Aturan pertamanya: "Temukan sesuatu yang bisa Anda kuasai. Maka, jadilah hebat dalam hal itu."

        Untuk melakukan itu, Anda mungkin perlu mempelajari suatu subjek tanpa henti. Sebaliknya, Anda mungkin juga perlu melatih silang otak Anda dengan mempelajari topik menarik lainnya juga.

        Penelitian yang diterbitkan oleh Association for Psychological Science tahun lalu mencatat bahwa yang membedakan pemenang Hadiah Nobel dari pemenang tingkat nasional seringkali adalah pengalaman multidisiplin.

        Aturan kedua Cuban adalah "tahu cara menjual". Karier penjualannya sendiri dimulai sejak dini usia 12 tahun, ia menjual kantong sampah dari pintu ke pintu untuk mendapatkan uang guna membeli sepatu kets baru.

        “Menjual bukan tentang meyakinkan, ini tentang membantu,” kata Cuban kepada School of Hard Knocks di TikTok. “Ketika Anda memahami apa yang dibutuhkan dan diinginkan orang, Anda menempatkan diri Anda pada posisi untuk membantu mereka,” katanya.

        “Kemudian Anda mewujudkan hal-hal baik, menutup kesepakatan, dan begitulah cara Anda menciptakan perusahaan,” lanjutnya.

        Menjual sesuatu bukan tempat yang buruk bagi calon jutawan untuk memulai. Pada 2017, 15% CEO dari 100 perusahaan teratas Fortune 500 memulai karir dari bagian penjualan, menurut survei dari perusahaan konsultan kepemimpinan Heidrick & Struggles.

        Aturan ketiga: “Jadilah orang yang ingin tahu dan selalu belajar,” kata Cuban.

        Memiliki "mentalitas belajar seumur hidup" berkorelasi dengan kesuksesan objektif dan subjektif, dari jumlah promosi yang Anda dapatkan hingga seberapa bahagia Anda dalam pekerjaan Anda.

        Terakhir, aturan keempat Cuban adalah yang terpanjang dan mungkin yang paling penting, terutama bagi calon pengusaha.

        “Saat Anda masuk ke sebuah ruangan, Anda [perlu] mengetahui kekurangan Anda lebih baik daripada siapa pun di ruangan itu,” katanya. “Saat itulah saatnya untuk memulai sebuah perusahaan. Kemudian, Anda dapat mulai mengendalikan nasib Anda sendiri.”

        Sebelum Cuban memulai perusahaan pertamanya, dia berhenti atau dipecat dari tiga pekerjaan berturut-turut dan tidur di lantai apartemen tiga kamar tidur yang dia tinggali bersama lima teman sekamar.

        Dalam bukunya yang ia terbitkan pada tahun 2011 “How to Win at the Sport of Business”, Cuban menulis, "tidak masalah berapa kali Anda gagal. Anda hanya harus benar sekali untuk mengatur seumur hidup,” tambahnya.

        Mungkin itulah alasan mengapa Cuban tampaknya cukup percaya diri dalam empat aturan tersebut untuk mempertaruhkan mata pencahariannya sendiri. Bahkan jika dia kehilangan segalanya, dia akan kembali menjadi seorang jutawan lagi, katanya.

        “Saya akan mendapatkan pekerjaan sebagai bartender di malam hari, dan pekerjaan penjualan di siang hari, dan saya akan mulai bekerja,” kata Cuban. “Untuk menjadi miliarder, Anda beruntung... tetapi dapatkah saya menjadi multi-jutawan lagi? Saya tidak ragu."

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Fajria Anindya Utami
        Editor: Fajria Anindya Utami

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: