Skillset adalah area spesifik dari kompetensi, pengetahuan, pengalaman dan kemampuan yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan. Beberapa kategori untuk keahlian mungkin termasuk keterampilan komputer, komunikasi, manajemen waktu, penelitian dan perencanaan, kepemimpinan dan akuntansi. Beberapa orang mungkin juga menyebut rangkaian keterampilan sebagai kompetensi.
Mengetahui keahlian Anda adalah bagian penting dari setiap pencarian pekerjaan. Sama pentingnya untuk mengomunikasikan keahlian Anda kepada calon pemberi kerja dengan cara yang menarik.
Sebelum Anda mulai mencari pekerjaan, luangkan waktu untuk memahami keahlian Anda dan cara membuat daftar keterampilan di resume Anda, di surat lamaran Anda dan selama wawancara.
Baca Juga: Apa Itu Toxic Productivity?
Perlu diketahui bahwa ada berbagai jenis keahlian, dan mereka masing-masing memiliki tujuan dan manfaat jika Anda memasukkannya ke dalam resume Anda.
Berikut adalah beberapa jenis rangkaian keterampilan:
1. Soft skill
Ini adalah keterampilan yang berhubungan dengan orang, interpersonal atau adaptif, yang dapat berupa keterampilan praktis sehari-hari. Mereka menggambarkan bagaimana Anda bekerja dengan orang lain dan menonjolkan kepribadian Anda.
Banyak soft skill berhubungan dengan kecerdasan emosional dan termasuk pemikiran kritis, resolusi konflik dan keterampilan komunikasi, antara lain. Anda dapat menunjukkan soft skill Anda selama wawancara kerja langsung.
2. Hard skill
Ini adalah keterampilan yang dipelajari dan Anda dapat mengukurnya. Mereka berhubungan dengan bagaimana Anda melakukan pekerjaan tertentu, seperti keterampilan teknis. Hard skill dapat mencakup analisis data dan pemrograman komputer. Anda dapat mempelajari keterampilan keras di tempat kerja atau melalui praktik pribadi.
3. Technical skill
Kumpulan keterampilan ini mencakup semua hard skill yang berkaitan dengan teknologi. Itu juga dapat mencakup keterampilan seperti penulisan teknis atau manajemen proyek. Karena perusahaan semakin bergantung pada komputer dan jaringan, keterampilan teknis menjadi semakin umum di antara semua karier.
4. Transferable skill
Ini adalah keterampilan yang dapat Anda gunakan di berbagai bidang. Mereka bisa berupa hard skill atau soft skill, seperti mengetik atau memecahkan masalah.
5. Job-specific skill
Ini adalah keterampilan yang terkait dengan posisi tertentu. Misalnya, keterampilan khusus pekerjaan seorang penata rambut akan mencakup pewarnaan rambut dan teknik pemotongan.
Umumnya, seperangkat keterampilan meningkat dengan latihan. Namun, jika ada pekerjaan yang Anda minati yang membutuhkan keahlian yang belum Anda miliki, maka ada cara untuk mempelajarinya. Anda dapat mencoba berbagi keterampilan atau mengikuti kursus online untuk mempelajari lebih lanjut tentang keterampilan yang diinginkan.
Dengan berbagi keterampilan, Anda dapat membagikan keahlian Anda dalam bidang keterampilan tertentu dengan orang lain sebagai imbalan atas pelajaran berdasarkan pengetahuan orang tersebut melalui saluran online, seperti tutorial di YouTube atau website tertentu.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami
Tag Terkait: