Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Dorong Dinas Dukcapil Se-Jabar Capai Target Nasional, Ini Pesan Dirjen Dukcapil Kemendagri

        Dorong Dinas Dukcapil Se-Jabar Capai Target Nasional, Ini Pesan Dirjen Dukcapil Kemendagri Kredit Foto: Dukcapil
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Teguh Setyabudi berupaya menggenjot semangat jajaran Dinas Dukcapil se-Jawa Barat (Jabar).

        Menurutnya, Provinsi Jabar memiliki banyak prestasi besar dan membanggakan termasuk dalam bidang layanan Dukcapil.

        Baca Juga: Dirjen Dukcapil Teguh Setyabudi Puji Layanan Disdukcapil Kota Bandung

        "Dari sisi Dukcapil, penduduknya 49,3 juta jiwa. Menyelesaikan di Jawa Barat berarti menyelesaikan 20 persen persoalan adminduk di Indonesia," kata Teguh dalam keterangan tertulisnya, Jumat (24/3/2023).

        Teguh mengaku membuka diri seluas-luasnya untuk bertukar pikiran dengan jajaran Dinas Dukcapil di Jabar.

        "Saya sudah memperkenalkan diri, HP (handphone) saya relatif tidak pernah mati 24 jam, jadi kalau ada hal penting ayo kita sama-sama bicarakan. Jangan sungkan-sungkan untuk berkomunikasi," kata Teguh.

        Teguh menegaskan, apa yang sudah diraih oleh Dinas Dukcapil provinsi dan kabupaten/kota di Jabar agar terus dilanjutkan dan ditingkatkan kualitasnya.

        "Berbagai permasalahan mari kita atasi bersama. Ini kunjungan saya kedua sebagai Dirjen Dukcapil. Pertama saya lakukan pada Jumat (17/3/2023) dua hari setelah dilantik, saya melakukan safari ke Disdukcapil Banyumas dan Purbalingga," ujarnya.

        Baca Juga: Dukcapil Kemendagri Sebut Peran Aktif Masyarakat Diperlukan untuk Hasilkan Daftar Pemilih Akurat

        Teguh mengaku telah melihat pelayanan di Dinas Dukcapil Kota Bandung. Menurutnya, pelayanan tersebut telah diberikan dengan sangat baik.

        "Dan saya yakin di tempat Bapak dan Ibu, ya beti (beda-beda tipis) lah," kata Teguh.

        Dirinya berpesan agar berbagai target nasional di bidang adminduk dan kedukcapilan terus ditopang dan didukung seluruh jajaran Dukcapil Jabar. Misalnya, target perekaman KTP-el di tahun ini sebesar 99,4 persen. Untuk Jawa Barat sampai 28 Februari 2023 sudah mencapai 99,12 persen.

        "Ayo masih ada waktu cukup lama untuk mengejar target tersebut. Insyaallah dengan energi yang luar biasa target nasional itu bisa dicapai," kata Teguh menyemangati.

        Baca Juga: Dirjen Dukcapil Zudan: Tahun Ini 50 Juta Penduduk Punya KTP Digital

        Target lainnya, yakni mengenai kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA). Teguh berharap, Provinsi Jabar bisa mencapai 50 persen pada tahun 2023, dari yang sekarang baru mencapai 38,31 persen.

        "Jangan hanya mengandalkan langkah yang konvensional tetapi juga harus memantik langkah-langkah inovatif agar target tersebut bisa dikejar. Saya lihat di daerah banyak sekali kerja-kerja inovatif. Seperti ibu melahirkan si bayi mendapat akta lahir dan KIA, orang tuanya mendapat KK baru dan kartu BPJS Kesehatan," ujarnya.

        Dalam kesempatan itu, Teguh juga menunjukkan KIA sebagai kartu diskon yang bekerja sama dengan merchant, sehingga anak-anak mendapatkan potongan harga di toko buku, tempat wisata, dan seterusnya. Sedangkan untuk akta lahir, Teguh mengatakan targetnya 98 persen.

        "Alhamdulillah di Jabar sudah tercapai," kata dia.

        Baca Juga: Bank Dunia Apresiasi Kinerja Tinggi Ditjen Dukcapil Kemendagri

        Terkait dengan Buku Pokok Pemakaman (BPP) di Jabar sudah mencapai angka 36. Selanjutnya, terkait perjanjian kerja sama pemanfaatan data targetnya minimal dengan 15 Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

        Di akhir pertemuan, Teguh menghadiahkan sebanyak 14 ribu keping blangko KTP-el untuk seluruh Dinas Dukcapil Jabar. Blangko tersebut diterima secara simbolis oleh Kadis Jabar Indrastuti Chandra Dewi.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
        Editor: Ayu Almas

        Bagikan Artikel: