Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Sebagai Agen Perubahan Masa Depan, Gen Z Wajib Paham Perencanaan Keuangan

        Sebagai Agen Perubahan Masa Depan, Gen Z Wajib Paham Perencanaan Keuangan Kredit Foto: Tokio Marine Life
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Tokio Marine Life bekerja sama dengan Orbit Future Academy mengadakan sosialisasi dan pelatihan kepada para pelajar/mahasiswa dari Kampus Merdeka mengenai pemahaman perencanaan keuangan sejak dini yang kemudian dilanjutkan dengan acara buka puasa bersama di kantor Tokio Marine Life, International Financial Center, Sudirman, Jakarta.

        Acara ini turut dihadiri oleh Ravi Menon selaku Chief Programs Officer, Windy Anindya Putri selaku Director of Marketing & Orbit Jobs, dan Martha Manurung selaku Head of Human Resources dari Orbit Future Academy, serta jajaran direksi Tokio Marine Life, yaitu Shunzo Nagahama selaku Vice President Director, Sudyawi Sahlan selaku Agency Director, dan Florence Army selaku Compliance Director. 

        Baca Juga: Belajar Hak dan Tanggung Jawab di Ruang Digital, Literasi Digital dari Kemenkominfo untuk Siswa di Bogor

        Berdasarkan survei Katadata Insight Center (KIC) bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada 2021, 60% Generasi Z (Gen Z) termasuk pada penilaian kelompok responden dengan literasi digital tinggi.

        Sedangkan, menurut studi dari Deloitte tahun 2022 menemukan hampir setengah dari Gen Z (46%) di dunia membiayai kebutuhan hidup dari uang gaji dan khawatir mereka tidak akan mampu menutupi pengeluaran mereka.

        Studi yang sama menemukan lebih dari seperempat Gen Z (26%) di dunia tidak yakin dapat pensiun dengan nyaman. Artinya, perilaku keuangan Gen Z masih lebih fokus pada kebutuhan saat ini saja tanpa memperhitungkan kebutuhannya nanti di masa depan.

        "Padahal para Gen Z ini nantinya diharapkan bisa menjadi titik tumpu kemajuan sebuah bangsa, untuk itu sangatlah penting membekali para Gen Z ini dengan berbagai keahlian, termasuk literasi keuangan," kata Nagahama-san.

        "Teknologi digital berpengaruh signifikan terhadap perilaku sehari-hari Gen Z. Realitas ini membuat mereka memiliki gaya hidup dinamis dan terus mengikuti tren, dengan tingkat literasi digital yang baik. Di sisi lain, terkadang realitas ini membuat mereka sulit mengatur dan mengelola keuangan dengan bijak. Padahal, titik tumpu kemajuan sebuah bangsa, terutama di bidang perekonomian, sangat diharapkan dari keahlian, pengetahuan, dan pengalaman generasi mudanya yang saat ini diperankan oleh Gen Z," pungkas Ravi Menon mengakhiri sambutannya.

        Baca Juga: Cara Membuat Perencanaan Keuangan untuk Naik Haji, Percaya Gak Modalnya Hanya Ratusan Ribu Lho!

        "Orbit Future Academy antusias menyambut kerja sama dengan Tokio Marine Life. Saat ini, fokus kami adalah untuk meningkatkan nilai guna para mahasiswa bagi dunia industri melalui berbagai kegiatan pendidikan, pelatihan keterampilan, dan praktik kerja dalam konteks Magang Bersertifikat Kampus Merdeka (MBKM); sehingga Gen Z kelak benar-benar siap kerja setelah lulus.

        Di sisi lain, kami juga melihat betapa pentingnya Gen Z sejak dini memahami ilmu dan perencanaan keuangan, karena ini tidak diajarkan di mayoritas kegiatan akademik mereka di kampusnya masing-masing. Kami berpengharapan besar, melalui program bersama Tokio Marine Life ini, kami dapat berperan nyata bagi pengurangan kesenjangan literasi keuangan generasi muda bangsa Indonesia, khususnya Gen Z," ujar Martha Manurung menutup pemaparannya.

        Dalam perilaku keuangan, memang sangat erat hubungannya dengan literasi keuangan, karena literasi keuangan dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk mengelola keuangan dengan tujuan mencapai kesejahteraan.

        Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melaporkan, pada tahun 2022 indeks inklusi keuangan sudah mencapai 85,10% dan indeks literasi keuangan 49,68%. Namun, masih perlu ditingkatkan sehingga gap antara inklusi dan literasi keuangan tidak terlalu besar yang saat ini masih mencapai 34%. Di mana sasaran prioritas literasi dan inklusi keuangan tahun 2023 ini salah satunya adalah pelajar/mahasiswa.

        Baca Juga: OJK Gandeng Dukcapil Tingkatkan Kualitas Layanan dan Pengawasan Industri Keuangan

        Untuk itu, peningkatan literasi keuangan para pelajar/mahasiswa ini perlu terus digerakkan bersama-sama oleh semua kalangan termasuk para akademisi/pengajar.

        Florence juga turut menambahkan, "Komitmen perusahaan dalam melakukan literasi keuangan kepada masyarakat Indonesia secara umum sesuai dengan amanah regulasi dari OJK melalui berbagai program edukatif khususnya kepada para pelajar/mahasiswa dan generasi muda agar mereka dapat memahami serta mulai memperlakukan, mengatur, dan memanfaatkan sumber keuangan dalam kehidupannya sehari-hari dengan bijak. Generasi muda juga diharapkan dapat memahami penggunaan produk teknologi keuangan digital dengan tepat. Teknologi yang terus berkembang pesat dan digunakan dengan tepat, terbukti dapat menjadi bekal penting bagi generasi muda yang kelak akan segera memasuki ke dunia kerja."

        "Kampus Merdeka" adalah program Kemendikbudristek RI, yang bermitra dengan Orbit Future Academy sebagai salah satu mitra penyelenggara. Kampus Merdeka merupakan program persiapan karier komprehensif demi penyelarasan wawasan, keterampilan, dan relevansi generasi muda bangsa Indonesia bagi dunia industri masa depan.

        Kampus Merdeka merupakan respons Pemerintah Republik Indonesia agar generasi muda yang berkesempatan menjalani pendidikan tinggi memiliki nilai guna dan kekerampilan yang relevan bagi dunia industri yang sangat dinamis dan cepat berubah di tengah dinamika global yang semakin sulit diprediksi.

        Baca Juga: Hati-Hati Terhadap Investasi Bodong, Cek Daftar OJK

        Dalam kaitan dengan program Kampus Merdeka, Pemerintah Indonesia melalui mitra-mitra penyelenggaranya, salah satunya Orbit Future Academy, dipercayakan sejumlah keleluasaan untuk memadupadankan kegiatan pembelajaran di dalamnya dengan sejumlah kegiatan edukatif bersama pihak lain, yang dalam hal ini telah dikolaborasikan bersama Tokio Marine Life.

        Besar harapan kita semua, ke depannya, program dan kolaborasi ini dapat berjalan secara berkesinambungan, demi kontribusi nyata dunia industri bagi peningkatan literasi finansial masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Laras Devi Rachmawati
        Editor: Ayu Almas

        Bagikan Artikel: