Tencent Cloud Gandeng Allo Bank Perkuat Layanan Perbankan Digital di Indonesia
Tencent Cloud, lini bisnis cloud dari perusahaan teknologi global, Tencent, mengumumkan kolaborasinya dengan Allo Bank, platform perbankan dengan layanan digital terbesar di Indonesia, untuk meningkatkan layanan perbankan digital di Indonesia.
Sejak tahun 2021, Tencent Cloud telah membangun dua Internet Data Center (IDC) di Indonesia, sebagai wujud komitmennya untuk memenuhi segala kebutuhan bisnis yang terus berkembang di Indonesia. Dengan memadukan pemahaman atas pasar lokal dan pengalaman selama bertahun-tahun, Tencent Cloud menawarkan solusi yang, secara khusus, memenuhi kebutuhan Allo Bank.
Untuk mewujudkan misi Allo Bank dalam melayani masyarakat dengan akses layanan perbankan yang terbatas di Indonesia, termasuk kaum muda yang melek teknologi, Tencent Cloud telah membantu mengembangkan aplikasi Allo dengan layanan berkualitas tinggi dan aman. Layanan tersebut termasuk TDSQL, sebuah sistem manajemen basis data yang andal dan dapat ditingkatkan dengan sumber daya komputasi dan penyimpanan bagi bank untuk mengelola data dalam jumlah besar secara efisien dan efektif. Baca Juga: Tambah Investasi di Indonesia, Alibaba Cloud Kenalkan Beberapa Produk dan Solusi AI
Selain itu, tingkat ketersediaan dan keandalan data TDSQL yang mencapai 99,99% dan 99,99999%, dapat memastikan bahwa data Allo Bank selalu tersedia dan aman. Dengan sumber daya komputasi dan penyimpanan berperforma tinggi dari TDSQL, Allo Bank kini dapat memproses hingga 100.000 transaksi harian, memenuhi kebutuhan finansial harian masyarakat Indonesia.
Memanfaatkan kemampuan cloud publik seperti cloud hosting dan CDN, TDSQL juga dapat membantu Allo Bank mengurangi biaya distribusi unduhan aplikasi, UAT & Dev Environment, serta memperkuat sistem aplikasi dan solusi keamanan yang dapat mendeteksi risiko pada aplikasi bank.
"Kami bangga dapat meningkatkan perbankan digital di Indonesia dengan teknologi paling mutakhir seperti TDSQL. Dengan memanfaatkan pengalaman dan keahlian global kami selama bertahun-tahun, Tencent Cloud yakin dapat memberikan solusi dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan Allo Bank. Kami menantikan lebih banyak kolaborasi di masa depan, termasuk kemitraan untuk solusi dan layanan tambahan seperti eKYC," ujar Jimmy Chen, Vice President of Tencent Cloud International and Managing Director of South East Asia dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (6/7/2023).
Dalam kesempatan yang sama, Indra Utoyo, President Director and CEO, Allo Bank, mengatakan, berkat kolaborasi yang penting dengan Tencent Cloud, Allo Bank telah mendapatkan dukungan besar dalam mencapai tujuannya untuk mengelola data dalam jumlah yang sangat besar, menangani transaksi berfrekuensi tinggi, memastikan keamanan online, dan mengelola risiko - dengan tujuan untuk menyediakan layanan revolusioner bagi semua pengguna perbankan digital di Indonesia.
"Kami melihat masa depan yang lebih baik lagi bersama Tencent Cloud, seiring dengan rencana kami untuk memanfaatkan lebih banyak lagi teknologi mereka yang berkualitas tinggi dan sangat andal," pungkasnya. Baca Juga: Lanjutkan Investasi, Direktur Allo Bank Ini Angkut Ribuan Saham BBHI Seharga Rp1.020 per Lembar
Keandalan teknologi Tencent Cloud memungkinkan Allo Bank untuk meningkatkan operasinya dengan lancar dan efisien, berkontribusi secara signifikan terhadap pertumbuhan bisnis yang eksplosif dan mengakuisisi enam juta pengguna sejak diluncurkan.
Hasilnya, Allo Bank mampu menjadi aplikasi perbankan dengan layanan digital yang paling banyak diunduh di Indonesia. Pencapaian ini merupakan bukti dari kualitas dan keandalan teknologi Tencent Cloud yang tinggi serta kemampuannya untuk mendukung bisnis global dalam usaha mereka.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman