Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kisah Inspiratif Mantan Petugas Kebersihan 'Hotel Cinta' Jadi Miliarder Dunia

        Kisah Inspiratif Mantan Petugas Kebersihan 'Hotel Cinta' Jadi Miliarder Dunia Kredit Foto: Yanolja/Lee Su-jin
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Pendiri perusahaan situs pemesanan hotel Yanolja, Lee Su-jin memulai kariernya sebagai petugas kebersihan motel. Kini, Su-jin menjadi miliarder dunia dan mendulang kesuksesan dengan kekayaan bersih sebesar USD1,2 miliar (Rp17,9 triliun) yang menggiurkan di industri travelling.

        Pengalaman tersebut menginspirasinya untuk meluncurkan Yanolja, yang dalam bahasa Korea berarti "Hei, ayo bermain" pada tahun 2007. Sekarang, Yanolja merupakan aplikasi perjalanan populer, dan telah menjadi fenomena global dengan lebih dari 57 juta unduhan, menurut situs webnya.

        Melansir CNBC Make It di Jakarta, Kamis (20/7/23) kekayaan bersih Lee berasal dari kepemilikan hampir sepertiga Yanolja bersama istri dan dua putrinya, menurut Forbes. Ke memulai debutnya di peringkat 50 Terkaya di Korea pada musim semi ini.

        Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Jason Chang, Miliarder Taiwan Pemasok Chip Utama Apple

        Yanolja lahir karena kebutuhan, bukan karena dirinya yang suka bepergian. Lee menjadi yatim piatu di usia muda, dan tinggal bersama anggota keluarga hampir sepanjang masa kecilnya, menurut Bloomberg.

        Ketika Lee berusia 23 tahun, dia membersihkan kamar di "hotel cinta", motel yang dikenal menawarkan akomodasi jangka pendek dengan tarif per jam dengan imbalan gaji tetap dan tempat tinggal.

        “Hari demi hari, saya merasa celaka tetapi bertahan,” kata Lee yang sekarang berusia 45 tahun. “Rasanya seperti mimpi sekarang.”

        Dia menyimpan uangnya, berinvestasi dalam saham, dan bahkan memulai bisnis salad. Ketika perusahaan itu gagal, dia kembali ke perhotelan.

        Mengingat keterjangkauannya, hotel cinta menjadi tempat yang aman bagi pekerja seks pada awal tahun 2000-an, dan stigma itu buruk untuk bisnis, ujar CEO Yanolja Kim Jong-yoon mengatakan kepada CNBC Make It pada tahun 2019. Ketika Korea Selatan mengesahkan undang-undang anti-prostitusi pada tahun 2004, Lee khawatir motel yang memberinya keamanan akan bangkrut.

        Jadi dia memutuskan untuk mengubah nama hotel cinta. Dia membuat platform ulasan hotel pada tahun 2005 yang menjadi Yanolja dua tahun kemudian. Tujuannya adalah memodernisasi hotel, dan meyakinkan pasangan muda dan pelancong bahwa mereka aman, nyaman, dan hemat biaya.

        "Jika semua motel mengandalkan cinta, mereka akan mati kelaparan," kata Lee kepada Bloomberg.

        Kim mengatakan bahwa pekerjaan sebagai petugas kebersihan yang dialami Lee sebenarnya menguntungkan karena dia bisa mengamati pengalaman para tamu di hotel cinta.

        “Menurut saya pengalaman semacam itu sangat, sangat membantu untuk memahami sifat industri ini,” kata Kim.

        Pada Juni 2019, Yanolja menjadi startup “unicorn” kedelapan Korea Selatan dengan mencapai valuasi lebih dari USD1 miliar (Rp15 triliun) selama putaran pendanaan.

        Dua tahun kemudian, perusahaan investasi SoftBank Vision Fund 2 membeli saham minoritas di Yanolja seharga USD1,7 miliar (Rp25 triliun) dengan penilaian USD6,7 miliar (Rp100 triliun), menurut Forbes.

        Kesepakatan dengan SoftBank memicu spekulasi luas tentang potensi penawaran umum perdana untuk Yanolja. Namun, perusahaan tersebut belum go public, dan Kim bahkan mengatakan dalam siaran pers Juli 2022 bahwa Yanolja tidak terburu-buru mengumumkan IPO dengan industri perhotelan yang masih belum pulih dari puncak pandemi Covid-19.

        Perusahaan telah berkembang jauh melampaui pemesanan perjalanan, setelah meluncurkan Yanolja Cloud, perangkat lunak kecerdasan buatannya sendiri untuk platform perhotelan dan rekreasi lainnya, pada tahun 2021.

        Sekarang, 19 juta pengguna gabungan menggunakan platform perangkat lunak Yanolja untuk operasi pemesanan, perjalanan, dan manajemen properti, menurut situs web perusahaan.

        Jangkauan itu adalah sesuatu yang bisa dibanggakan, tetapi perusahaan juga mencapai tujuan Lee untuk mengubah budaya dan persepsi hotel cinta.

        “Sebelumnya, banyak orang tidak bisa pergi ke motel karena malu,” kata Kim. “Tapi kami telah menarik tamu bahkan untuk bepergian. Itu perubahan terbesar.”

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Fajria Anindya Utami
        Editor: Fajria Anindya Utami

        Bagikan Artikel: