Beras Putih Langka, HOKI Akui Penjualan Produk DailyMeal Rice Miliknya Alami Kenaikan
PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI), produsen beras ternama merek ‘Topi Koki’ menyatakan bahwa minat masyarakat terhadap produk DailyMeal Rice miliknya terus meningkat di awal tahun 2024. Oleh karena itu, perseroan akan mengoptimalkan distribusi produk DailyMeal ke berbagai pasar eceran dan farmasi.
Permintaan produk DailyMeal yang meningkat dinilai sebagai reaksi atas semakin pedulinya masyarakat terhadap kesehatan. Saat ini, masyarakat seakan menyadari pentingnya mengonsumsi makanan-makanan yang sehat dan bergizi serta rendah gula. DailyMeal Rice pun merupakan beras khusus yang bebas akan gula dengan rasa produk yang mirip seperti nasi pulen biasa.
Baca Juga: SPHP Bulog Efektif Turunkan Harga Beras di Pasar Johar
Direktur HOKI Budiman Susilo, mengungkap, “Hingga awal tahun 2024, produk DailyMeal terus mengalami pertumbuhan dibuktikan dengan produk yang diisikan di rak-rak minimarket maupun retail ketika terjadi kelangkaan beras putih."
Selain meningkatkan jaringan distribusi, HOKI juga menambah varian produk DailyMeal yaitu beras merah. Sebagai informasi, saat ini DailyMeal adalah produk baru FMCG (fast moving consumer goods) dari HOKI yang terdiri dari DailyMeal Rice dan DailyMeal Eats.
DailyMeal Rice adalah produk beras kemasan sehat yang saat ini memiliki varian Beras Jagung dan Beras Singkong. Adapun DailyMeal Eats adalah produk beras berbumbu warisan Nusantara yang telah menyajikan pilihan varian Nasi Uduk, Nasi Kebuli dan Nasi Goreng Spesial Pedas.
Baca Juga: PKS Sebut Kebijakan 'Ugal-ugalan' Bansos Jadi Salah Satu Penyebab Beras Mahal dan Langka
Dalam rangka mengoptimalkan distribusi produk DailyMeal, HOKI akan terus menggencarkan pemasaran ke berbagai retail market untuk semakin memudahkan konsumen mendapatkannya. Saat ini, produk DailyMeal ini sudah bisa ditemukan di berbagai retail market terdekat seperti Indomaret, Alfamidi, Superindo, Hero, Lottemart, HariHari, dan sebagainya.
Mulai Kuartal IV tahun 2023, perseroan telah memperbanyak jaringan distribusi di berbagai wilayah di Pulau Jawa. Tidak hanya melalui retail market, penambahan jaringan distribusi DailyMeal juga dilakukan melalui jaringan retail farmasi seperti Kimia Farma, Watsons dan Century, bahkan juga tersedia di stasiun pengisian bahan-bakar umum Shell.
Sejak diluncurkan pada tahun 2022 sebagai bagian dari proses transformasi usaha HOKI ke bisnis FMCG, permintaan terhadap produk beras khusus dengan merek DailyMeal yang dijalankan oleh anak usaha, PT Hoki Distribusi Niaga (HDN) ini terus mengalami peningkatan. Hal itu dapat dilihat dari kinerja HDN yang membukukan penjualan sebesar Rp 3,5 miliar di kuartal III 2023, meningkat 843% secara tahunan.
Baca Juga: PKS Desak Pemerintah Segera Atasi Masalah Mahalnya Harga Beras
Semua perkembangan positif tersebut semakin menguatkan tekad perseroan untuk terus fokus pada upaya pengembangan bisnis FMCG agar tidak bergantung ke produksi dan distribusi beras putih saja.
Oleh karenanya, meski industri beras penuh tantangan, tetapi demi melihat minat konsumen yang masih positif terhadap produk DailyMeal Rice dan DailyMeal Eat, perseroan optimis tahun ini akan dapat mencapai pertumbuhan penjualan di atas 10% dibandingkan tahun sebelumnya.
Tahun ini, HOKI menganggarkan belanja modal atau Capex sekitar Rp15 miliar. Mayoritas dari belanja modal tersebut akan digunakan untuk pengembangan produk FMCG melalui PT HDN seperti pembelian tanah hingga pembangunan pabrik.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Belinda Safitri
Editor: Belinda Safitri
Tag Terkait: