Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Telkom Group Bersama Danantara Kerahkan Relawan dan Bantuan Kemanusiaan ke Aceh di Masa Pemulihan

        Telkom Group Bersama Danantara Kerahkan Relawan dan Bantuan Kemanusiaan ke Aceh di Masa Pemulihan Kredit Foto: Telkom Group
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) beserta seluruh anak perusahaannya dalam Telkom Group mewujudkan komitmen konkret dalam mendukung penanggulangan bencana alam di Aceh dengan mengerahkan 118 relawan TelkomGroup ke Kabupaten Aceh Timur dan Aceh Tamiang.

        Inisiatif kemanusiaan ini merupakan wujud partisipasi dalam program BUMN Peduli yang berkolaborasi dengan Danantara guna membantu pemulihan masyarakat terdampak bencana.

        Para relawan akan berangkat menuju lokasi setelah mengikuti apel kesiapan Relawan BUMN Peduli yang diselenggarakan di Bandara Kualanamu, Sumatera Utara, pada Jumat (19/12). 

        Apel kesiapan tersebut dihadiri oleh jajaran pimpinan BUMN dan dipimpin secara langsung oleh Chief Operating Officer Danantara, Dony Oskaria.

        Dalam pengertiannya, Dony Oskaria menekankan peran vital BUMN untuk senantiasa hadir di tengah masyarakat, terlebih saat bencana terjadi. 

        Sebagai agen pembangunan, seluruh insan BUMN juga memiliki kewajiban untuk terlibat langsung dalam membantu masyarakat yang terkena dampak.

        “Sebagai bagian dari negara, BUMN memiliki tanggung jawab untuk selalu hadir bersama masyarakat, terutama pada saat mereka menghadapi masa sulit. Kehadiran ini bukan sekadar simbolik, melainkan bentuk kerja nyata untuk membantu memulihkan kondisi dan memperkuat harapan masyarakat,” ujar Dony Oskaria.

        Sejalan dengan arahan tersebut, Direktur Utama Telkom Dian Siswarini pada kesempatan terpisah menyampaikan bahwa partisipasi TelkomGroup dalam program BUMN Peduli merupakan wujud tanggung jawab sosial dan kepedulian perusahaan yang ditunjukan melalui aksi nyata.

        “TelkomGroup berkomitmen untuk mendukung penuh program Peduli BUMN dan selalu hadir bagi masyarakat, khususnya pada situasi darurat di Sumatra saat ini. Melalui perwakilan relawan TelkomGroup dan bantuan kemanusiaan yang disalurkan, kami ingin memastikan kehadiran kami benar-benar dirasakan oleh masyarakat,” pungkas Dian.

        Baca Juga: Prioritaskan Kemanusiaan, Telkomsel Diharapkan Jadi Pelopor Sinyal Pascabanjir Aceh

        Dian menambahkan bahwa sinergi dan gotong royong antar BUMN menjadi kunci utama dalam mempercepat pemulihan pasca bencana. “Kami percaya bahwa kolaborasi lintas fungsi yang terkoordinasi akan memperkuat upaya pemulihan serta membantu masyarakat bangkit kembali,” tambahnya.

        Dalam misi kemanusiaan ini, TelkomGroup turut menyalurkan bantuan sosial berupa 10 unit tong air bersih dengan total kapasitas 75 ribu liter, serta bantuan pakaian dan perlengkapan bayi dengan total berat mencapai 1 ton. Seluruh bantuan tersebut diangkut menggunakan 11 armada truk, terdiri dari 10 truk pengangkut air bersih dan 1 truk logistik.

        General Manager Telkom Wilayah Sumatra Utara Agung Tri Cahyono, menjelaskan bahwa bantuan TelkomGroup disalurkan secara langsung ke masyarakat di wilayah terdampak bencana.

        “TelkomGroup memberangkatkan 118 relawan serta 11 armada truk bantuan. Bantuan ini kami distribusikan langsung ke lokasi terdampak, masing-masing lima desa di Aceh Timur dan lima desa di Aceh Tamiang agar dapat dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat,” jelas Agung.

        Keterlibatan TelkomGroup dalam aksi kemanusiaan ini bukan yang pertama kali dilakukan. Sebelumnya, TelkomGroup juga telah menyalurkan berbagai bantuan bagi masyarakat terdampak bencana di wilayah Aceh dan Sumatra, baik dalam bentuk bantuan kemanusiaan maupun dukungan konektivitas. Selain itu, TelkomGroup senantiasa bekerja maksimal dalam melakukan pemulihan infrastruktur dan layanan telekomunikasi digital.

        Hingga saat ini, secara keseluruhan 95% infrastruktur TelkomGroup berangsur pulih dan siap mendukung aktivitas komunikasi digital masyarakat. Sementara itu, proses recovery masih berlanjut dengan progress di wilayah Aceh pulih 85% sedangkan di wilayah Sumatera Utara dan Sumatera Barat telah 99% stabil.

        Melalui partisipasi aktif keterlibatan relawan dalam program BUMN Peduli, penyaluran bantuan kemanusiaan, serta kolaborasi lintas BUMN menjadi wujud nyata kepedulian perusahaan dalam memastikan proses pemulihan dapat berjalan lebih cepat dan tepat sasaran.

        Ke depan, TelkomGroup akan terus mengambil peran aktif tidak hanya dalam penanganan bencana, tetapi juga dalam mendukung pembangunan sosial yang berkelanjutan, memperkuat ketahanan, serta pemulihan masyarakat.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Amry Nur Hidayat

        Bagikan Artikel: